Rabu, 26 Januari 2022
Tinwarotul Fatonah | Rena Pangesti : Sabtu, 08 Januari 2022 | 13:32 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Aktor Hollywood legendaris, Sidney Poitier meninggal dunia di rumahnya di Beverly Hills, Los Angeles. Aktor 94 tahun itu wafat pada Kamis (6/1/2022) malam waktu setempat.

Perwakilan keluarga dari Sidney Poitier itu telah memberikan konfirmasi kepada The Hollywood Reporter tentang kematian aktor kulit hitam pertama peraih Piala Oscar itu.

Sejumlah artis ternama berduka atas kepergian Sidney Poitier. Morgan Freeman misalnya, ia memberikan penghormatan terakhir kepada sahabatnya yang baru saja berpulang.

Sidney Poitier. (YouTube)

"Inspirasiku, dia menjadi mentorku, jauh sebelum ia menyadari posisinya dalam hidupku," kata Morgan Freeman dikutip dari Independent.

Sementara Oprah Winfrey menuliskan di Twitter, "Aku mengaguminya, dia memiliki jiwa yang luar biasa. Itu akan selalu aku hargai selamanya."

Sama halnya dengan Morgan Freeman, Oprah Winfrey juga menganggap Sidney Poitier adalah sosok mentor yang mengagumkan.

Sidney Poitier lahir di Miami pada 20 Februari 1927. Ibunya meninggal saat ia melahirkan sang aktor. Poitier yang pernah menjadi pencuci piring dan petugas kebersihan bercita-cita menjadi seorang aktor. Debutnya kemudian hadir sebagai figuran di film yang rilis 1947.

Kemampuan akting yang mumpuni, membawa Poitier membintangi tak kurang dari 40 film. Atas kerja kerasnya, Poitier mendapatkan kemenangan di ajang Academy Awards. Kemampuan akting di film Lilies of the Field (1963) membawanya menjadi orang pertama kulit hitam yang membawa pulang Piala Oscar.

Pada 2002, Sidney Poitier menerima Penghormatan Khusus dari Academy Awards atas penampilan yang luar biasa, ikonik untuk mewakili industri film.

Selamat jalan Sidney Poitier, karyamu akan selalu dikenang.

BACA SELANJUTNYA

Aktor Kill Bill, Sonny Chiba Meninggal Dunia karena Covid-19