Ismail | MataMata.com
Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/parishilton)

Matamata.com - Egg freezing sedang ramai dibahas setelah Luna Maya mengakui melakukannya. Rupanya Luna Maya bukan artis pertama yang bekukan sel telurnya.

Luna Maya kembali menjadi sorotan setelah mengaku melakukan egg freezing atau pembekuan sel telur. Hal ini dilakukannya demi kesehatan.

Luna mengaku itu dilakukan demi melindungi sel telur dari batasan usia. Pasalnya pertambahan usia perempuan bisa mengurangi kesuburan apalagi jika usianya tak lagi muda.

Baca Juga:
Awkarin Makan di Angkringan Habis Rp 200 Ribu Lebih, Auto Jadi Omongan

Dalam dunia medis egg freezing disebut dengan istilah oocyte cyropreservation. Langkah ini merupakan bagian dalam proses bayi tabung. Dilansir dari Human Fertilisation & Embryology Authority, pembekuan sel telur dilakukan untuk menjaga kesuburan perempuan meskipun usianya sudah melewati batas masa subur.

Namun sebelum Luna Maya ternyata beberapa artis luar negeri pernah melakukan hal tersebut. Berikut ulasannya?

1. Ham So Won

Baca Juga:
5 Potret dan Kabar Terbaru Host Acara Misteri, Ada yang Sakit Stroke

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/ham_so1)

Miss Korea 1997 Ham So Won membagikan kabar mengejutkan beberapa tahun lalu. Saat itu ia mengabarkan kehamilannya di usia 42 tahun.

Melihat usianya yang tak lagi muda, kemungkinan untuk hamil tidaklah mudah. Tapi ternyata sebelum menikah dengan Jin Hua yang merupakan idol asal China, Ham So Won sudah membekukan sel telurnya.

Tepatnya enam bulan sebelum pernikahan, Ham So Won telah bekukan 15 sel telur miliknya. Keputusannya ini didasari rasa takut bahwa ia tidak akan bisa punya anak karena masalah usia.

Baca Juga:
Mayang dan Chika Ungkap Ucapan Haters yang Paling Menyakitkan, Bikin Drop!

2. Halsey

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/iamhalsey)

Penyanyi cantik satu ini juga melakukan prosedur pembekuan sel telur. Bukan karena masalah usia yang membuatnya membekukan sel telur miliknya. Sebab saat menjalani prosedur ini, usianya masih terbilang muda yaitu 23 tahun.

Alasan Halsey membekukan sel telurnya adalah karena ia mengidap endometriosis. Kondisi ini membuatnya berkali-kali mengalami keguguran. Beruntung pada saat usianya 27 tahun, Halsey akhirnya melahirkan anak pertama. Bayi laki-laki yang menjadi anak pertama Halsey lahir pada 14 Juni 2021 kemarin.

Baca Juga:
Penampilan Terbaru Rachel Vennya Bikin Pangling: Kurus Banget!

3. Kourtney Kardashian

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/kourtneykardash)

Model yang kini sudah memiliki tiga orang anak, Kourtney Kardashian pun melakoni prosedur oocyte cyropreservation. Langkah ini ia tempuh lantaran usianya tak lagi muda.

Usianya yang sudah kepala empat membuatnya ingin membekukan sel telur agar bisa memiliki anak lagi. Pengakuan Kourtney ini diungkap dalam acara Keeping Up with the Kardashian di tahun 2018 lalu.

Dari delapan sel telur yang diambil, Kourtney Kardashian berhasil membekukan 7 sel telur yang baik dari ovariumnya.

4. Rita Ora

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/ritaora)

Pelantun lagu Let Me Love You, Rita Ora bahkan telah dua kali melakukan pembekuan sel telur. Juri Australia's The Voice ini pertama kali membekukan sel telur saat usianya baru 24 tahun.

Lalu ketika ia berusia 27 tahun, ia kembali bekukan telurnya. Walau banyak dokter menyarankan wanita untuk membekukan sel telur di kisaran usia 30 tahun, namun Rita Ora memilih melakukannya lebih awal. Hal ini karena ia merasa hamil dan memiliki anak adalah kewajiban dari perempuan.

5. Tanishaa Mukerji

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/tanishaamukerji)

Artis bekukan sel telur selanjutnya datang dari dunia Bollywood. Adalah Tanishaa Mukerji yang tak lain adik mega bintang Bollywood, Kajol.

Tanishaa membekukan sel telurnya saat usianya menginjak 39 tahun. Keputusan ini dilakukan karena ia ingin tetap memiliki keturunan walau usianya tak lagi muda.

6. Paris Hilton

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/parishilton)

Usia Paris Hilton sudah tak lagi muda. Namun ia ingin memiliki anak dari rahimnya sendiri. Oleh karena itu, ia membekukan sel telurnya.

Langkah ini ditempuh agar ia bisa mengontrol tubuhnya sendiri ketika siap untuk hamil. Paris Hilton mengaku ingin punya anak perempuan saat diwawancarai oleh The Sunday Times.

7. Kim Kardashian

Artis Bekukan Sel Telur. (Instagram/kimkardashian)

Sebelum ia mengetahui bahwa ia mengandung anak pertamanya, North, Kim Kardashian telah divonis tidak bisa hamil.

Lewat wawancaranya dengan ELLe UK, Kim Kardashian mengaku tiga orang dokter mengatakan bahwa dirinya tidak bisa hamil. Ia pun memutuskan melakukan egg freezing.

Tetapi, saat dirinya hendak menjalani prosedur pembekuan sel telur, ia justru diberitahu bahwa dirinya tengah mengandung North.

Usia menjadi alasan para artis bekukan sel telur. Walau ada pula yang melakukannya karena alasan kesehatan. Apapun yang mendasari pilihan para artis tadi, mereka semua pada dasarnya hanya menginginkan bisa memiliki anak dari rahimnya sendiri.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More