Yohanes Endra | MataMata.com
Profil YUKA. (Instagram/yuka_song)

Matamata.com - Nama penyanyi pendatang baru asal Jepang YUKA telah jadi perbincangan hangat sejak beberapa waktu lalu berkat lagu debutnya. YUKA merilis lagu debut Baby You yang viral di kalangan pecinta musik Asia pada Januari lalu.

Hingga pada akhir Maret banyak influencer luar negeri memakai lagunya untuk backsound video mereka. Beberapa pesohor yang melakukan dance challenge lagu Baby You antara lain Haruto TREASURE juga Sarwendah. Hal ini membuat pengguna TikTok di Asia Tenggara turut ramai-ramai mendengarkan lagu Baby You. Kini lagu YUKA tak hanya menaklukan pasar Asia termasuk Indonesia tapi juga global.

Lantas siapa sebenarnya YUKA yang tengah viral berkat lagunya? Kenalan lebih dekat dengan penyanyi baru asal Jepang itu lewat ulasan profil Yuka berikut.

Baca Juga:
Profil Eva Manurung Ibunda Virgoun, Ternyata Penyanyi Lawas Era 1980-an

Biodata YUKA

Profil YUKA. (Instagram/yuka_song)

Nama: YUKA
Tempat, tanggal lahir: Osaka, 9 Oktober 1994

Golongan darah: 0

Baca Juga:
Sikap Penyanyi Senior ke Putri Ariani Disorot, Ria Ricis Kena Sentil

Pendidikan: Mukogawa Women's University

Label: Nippon Columbia

Debut: 2023

Baca Juga:
10 Penyanyi Top yang Diorbitkan oleh Simon Cowell, Ada One Direction

Pekerjaan: Penyanyi dan penulis lagu

Instagram: yuka_song

Latar belakang YUKA

Profil YUKA. (Instagram/yuka_song)

YUKA saat ini berusia 28 tahun karena ia lahir pada 9 Oktober 1994 di Prefektur Osaka, Jepang. YUKA yang diketahui bergolongan darah O adalah anak terakhir dari tiga bersaudara. YUKA mulai menulis lagunya sendiri sejak duduk di bangku SMA.

Lulus dari SMA, YUKA memantapkan diri meniti karier sebagai penyanyi. Ia pun memilih kuliah dengan mengambil jurusan musik di Mukogawa Women's University. YUKA melakukan debut sebagai penyanyi solo secara profesional pada Januari 2023 kemarin dan kini namanya telah dikenal secara global.

Perjalanan karier YUKA

Profil YUKA. (Instagram/yuka_song)

Bakat bermusik YUKA sudah diketahui sejak kecil karena ia telah bergabung dalam paduan suara. Ketika berusia 18 tahun, YUKA mulai aktif menulis dan menyanyikan lagunya sendiri. Meski demikian, YUKA tidak serta merta terkenal sebagai penyanyi.

Ia malah lebih dulu tenar di Instagram karena akunnya diikuti oleh influencer hingga atlet terkenal yang tertarik dengan foto dan video yang diunggahnya ke Instagram. YUKA dianggap lucu dan menghibur karena cara bicara dan penampilannya. Akun Instagram milik nya @ yuka_song telah diikuti 136 ribu pengikut.

Sebelum setenar sekarang, YUKA memiliki beberapa lagu indie, salah satunya Partner. Lagu yang dirilisnya sukses meraup puluhan juta streaming tak lama setelah rilis hingga bercokol dalam dalam peringkat 1 LINE real-time.

Debut sebagai penyanyi profesional

Profil YUKA. (Instagram/yuka_song)

YUKA kemudian bergabung dalam naungan label rekaman Nippon Columbia. Awalnya YUKA ingin menjadi idol seperti grup idolanya Morning Musume. Tapi siapa sangka penggemar penyanyi Ayaka ini sekarang sukses sebagai penyanyi solo dan penulis lagu.

Debut YUKA dimulai pada 21 Januari 2023 lewat lagu Baby You. Begitu rilis, lagu YUKA langsung jadi hit dan per 1 Maret lagunya meraih peringkat pertama dalam daftar TikTok Weekly Top 20 Billboard dengan 2 miliar penayangan di sosial media.

Pencapaian YUKA dengan lagu debutnya itu terus berlanjut, pada 18 April 2023, Baby You masuk 10 besar tangga lagu viral Spotify di Asia Tenggara meliputi Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Lagunya juga viral di TikTok dengan dance challenge yang dilakukan sejumlah pesohor dunia termasuk Haruto Treasure.

Kini telah lebih dari 700 ribu postingan TikTok dari pengguna dalam dan luar negeri yang menggunakan lagu Baby You milik YUKA.

Itulah profil YUKA yang sedang naik daun karena lagunya Baby You banyak digunakan dalam postingan TikTok dan Instagram. YUKA juga sudah merilis single keduanya berjudul HAPPY DATE pada 12 April 2023 lalu. Kamu udah dengerin lagu keduanya belum?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More