Rabu, 15 Mei 2024
Diwanna Ericha | MataMata.com Selasa, 13 Desember 2022 | 19:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Artis Baim Wong merupakan salah seorang selebriti yang mendapat julukan ‘public enemy’. Sebenarnya, Baim Wong acap kali membuat konten suka menolong sesama. Akan tetapi, Konten yang dibuat oleh Baim Wong lama-lama dianggap meresahkan sampai dituding memanfaatkan kemiskinan orang.

Lantas apa saja deretan kontroversi Baim Wong? Mari kita bahas.

Potret Baim Wong dan Paula Verhoeven di Polres Metro Jakarta Selatan. (MataMata.com/Oke Atmaja)

1. Konten Prank KDRT

Baca Juga:
8 Artis Dituding Jadi Public Enemy, Baim Wong Dikritik gara-gara Nekat Lakukan 2 Hal Ini

Pertama, Baim Wong menggegerkan dan membuat netizen geram dengan konten prank KDRT. Baim Wong dan sang istri nekat membuat prank KDRT ke polisi, terkait kasus Lesti Kejora dan Rizky Billar. Dalam video vlog tersebut, Paula berpura-pura membuat laporan kasus KDRT.

Sementara itu, Baim Wong hanya duduk di dalam mobil dan memantau aktivitas istrinya melalui kamera tersembunyi, di dalam tas jinjing. Tak lama kemudian, pihak kepolisian langsung menyadari telah di-prank oleh Baim dan Paula.

Alih-alih merasa bersalah, Baim dan Paula malah tertawa-tawa sambil mengatakan sedang melakukan prank dengan berpura-pura membuat laporan kasus KDRT.

Baca Juga:
LIVE: Kasus Prank KDRT Baim Wong Naik Tahap Penyidikan

Baim Wong akhirnya menyadari bahwa konten yang dibuatnya bersama sang istri adalah hal yang salah, usai mendapatkan teguran dan komentar pedas dari warganet.

 

Kontroversi Baim Wong (instagram/baimwong)

2. Mengungkap Identitas Anak Berkutu

Baca Juga:
'Saya Nggak Mau Tahu Juga' Baim Wong Santai Meski Didemo Mahasiswa soal Prank KDRT

Kedua, ulah lain Baim Wong yang bikin geram netizen adalah mengungkap identitas anak banyak kutu. Belum lama ini, kasus anak sekolah yang memiliki banyak kutu viral di media sosial. Aksi Baim mengunjungi gadis bernama Tamara yang viral karena punya banyak kutu rambut ini pun menuai kecaman para netizen.

Pasalnya, wajah dan nama gadis yang sempat disembunyikan dari publik itu justru diungkap ke publik oleh Baim. Hal tersebut dianggap tidak etis. Netizen menganggap Baim Wong memanfaatkan kemiskinan serta memanfaatkan situasi yang ada sebagai sebuah konten dan keuntungannya tanpa memikirkan perasaan orang tersebut.

 

Baca Juga:
Baim Wong Diduga Bakal Bikin Konten Sedekah Lagi, Auto Kena Tegur: Boleh Bantu tapi Jangan Masukin Youtube

Momen Baim Wong di lokasi kebakaran. (YouTube/Baim Paula)

3. Mengunjungi Warteg Viral yang Tak Terkena Kebakaran Hebat

Ketiga, tingkah lain Baim Wong yang jadi perkara adalah konten mengunjungi warteg viral. Warung tegal (warteg) di Simprug viral karena selamat dari insiden kebakaran besar. Baim Wong langsung mengunjungi lokasi kebakaran dan warteg tersebut. Dalam video itu, ibu pemilik warteg mengaku bahwa sedekahlah yang menyebabkan dia bisa mengokohkan bangunan rumah makan ini.

Dia mengaku sering memberikan Jumat berkah berupa air teh gratis. Lantas, ibu pemilik warteg tersebut meminta bantuan kepada Baim Wong untuk memperbaiki listrik yang padam di warungnya.

Namun, hal tersebut menuai kontroversi karena menurut warga setempat sang ibu pemilik warteg tersebut melebih-lebihkan dan tidak sesuai dengan kenyataannya.

Baim Wong batal mematenkan merek Citayam Fashion Week. (MataMata.com/Rena Pangesti)

4. Citayam Fashion Week

Terakhir, kontroversi Baim Wong yaitu tentang Citayam Fashion Week. Tiga bulan lalu acara ini sangat dikenal karena memamerkan kreativitas anak-anak muda dari daerah Citayam, Depok.

Anak-anak sepantaran SMA dan SMP ini saling adu pamer fashion mereka yang terbilang tidak biasa. Melihat fenomena tersebut, Baim Wong berusaha mematenkan nama Citayam Fashion Week ke HAKI.

Akan tetapi, usaha tersebut gagal karena Baim langsung mendapat hujatan dan sindiran dari banyak orang.

Jadi julukan Public Enemy untuk Baim Wong cocok disematkan, bagaimana menurut kamu?