Sabtu, 04 Mei 2024
Yohanes Endra | MataMata.com Senin, 26 Desember 2022 | 19:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Terjun ke dunia hiburan harus siap menerima risiko apabila kelak sepi job. Sejumlah artis bahkan memutuskan banting setir jadi pedagang lantaran tak menerima tawaran pekerjaan lagi.

Namun, ada juga artis yang memilih berjualan karena keinginan sendiri. Lantas, siapa saja artis yang banting setir jadi pedagang? Berikut ulasannya!

1. Kevin Sanova

Baca Juga:
7 Artis Banting Setir Jadi Pedagang, Kevin Sanova 'Anak Langit' Jualan Roti Keliling

Anak Langit. (Instagram/@anaklangit.official)

Kevin Sanova merupakan salah satu pemain sinetron Anak Langit yang dibintangi Stefan William. Sinetron tersebut cukup booming saat ditayangkan sekitar tahun 2017. Sosok Kevin Sanova berjualan roti keliling terungkap lewat video yang viral di TikTok baru-baru ini.

"Dulu di sinetron, Anak Langit. Sekarang jualan roti. Nama saya Kevin Sanova," ujar Kevin Sanova memperkenalkan dirinya kepada ibu-ibu yang membeli roti dagangannya.

Kevin Sanova banjir pujian dari warganet lantaran tak gengsi berjualan roti, meski wajahnya pernah menghiasi layar kaca. Bahkan, Lutfi Agizal memuji perjuangan Kevin Sanova yang mau mencari nafkah secara halal, tidak seperti bintang sinetron lain, yang diduga lebih memilih menjajakan diri.

Baca Juga:
Dulu Jadi Model Seksi Idaman Ariel NOAH, Artis Ini Sekarang Banting Setir Jualan Teh Manis

"Jualan halal ini salut bro. Tamparan buat yang main sinetron sambil jualan diri. Banyak!" komentar Lutfi Agizal.

2. Adul

Artis Banting Setir Jadi Pedagang (YouTube Komeng Info)

Sosok Adul hampir tak pernah muncul di televisi dalam beberapa waktu terakhir. Setelah menikah lagi dengan seleb TikTok bernama Wenty Eri, komedian bernama lengkap Abdul Latief itu diketahui membuka usaha UMKM. Adul membuka warung pecel lele di rumahnya dibantu sang istri.

Baca Juga:
12 Potret Rumah Novi Listiana Pedangdut yang Banting Setir Jadi Petani, Dapurnya Masih Pakai Tungku Kayu

Warung milik Adul terlihat sangat sederhana, tapi memiliki menu yang cukup lengkap. Selain pecel lele, Adul juga jualan pecel ayam, bebek goreng, pecel nila, jengkol, ayam, dan berbagai menu makanan sunda lainnya yang menggugah selera.

Warung pecel lele Adul buka mulai pukul 17.00 WIB dan tutup pada pukul 23.00 WIB. Sedangkan jadwal operasional mulai Senin sampai Sabtu.

3. Norman Kamaru

Baca Juga:
Tak Ingin Pakai Fasilitas Negara, Eril Sempat Banting Setir Jadi Sopir Kawinan

Norman Kamaru (Instagram/onca_marthinus)

Norman Kamaru pertama kali melejit pada 2011 lantaran video joget India-nya viral. Sempat booming, popularitas Norman rupanya tak bertahan lama. Setelah namanya tak pernah terdengar lagi, Norman Kamaru banting setir jadi penjual bubur serta membuka bisnis oleh-oleh khas Gorontalo.

Awalnya, bubur Norman Kamaru lumayan laku. Hanya saja, lama kelamaan Norman Kamaru kurang beruntung dan mulai ditinggalkan pelanggannya. Pembeli mulai jarang berdatangan, hingga akhirnya usaha yang dirintis Norman Kamaru dikabarkan sudah bangkrut.

4. Veri AFI

Artis Banting Setir Jadi Pedagang (instagram/@very_well_07)

Juara Akademi Fantasi Indosiar (AFI), Veri Affandi memutuskan jadi pedagang setelah popularitasnya sebagai penyanyi meredup. Veri yang populer di tahun 2003-2004 dikabarkan berjualan mie di salah satu ruko di Tangerang.

Veri menyewa sebuah ruko kecil di kawasan Ciledug, Tangerang untuk dijadikan pujasera. Rupanya, Veri membuka warung mie dan nasi goreng untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

Warung yang diberi nama Yumie71 ini juga menjual kwetiau goreng hingga beragam chinese food. Namun, alih-alih untung, warung tersebut justru dikabarkan sudah tutup.

5. Egi John

Transformasi Egi John (Instagram/@yosi_edrina)

Egi John cukup populer di awal tahun 2000-an dengan membintangi sinetron hits termasuk Ratapan Anak Tiri. Namun, mantan pacar Marshanda tersebut sudah jarang terlihat lagi di televisi. Setelah memutuskan hijrah, Egi John banting setir menjadi penjual soto.

Menurut kabar yang beredar, Egi berjualan soto betawi di salah satu pusat perbelanjaan Jakarta. Potret Egi John berdagang soto pun viral di media sosial setelah diduga diunggah oleh pembelinya.

Sebelum berjualan soto betawi, Egi pernah menjalani bisnis pakaian Muslim, tetapi sayangnya tidak berjalan sukses sehingga harus gulung tikar, dan beralih menjadi penjual soto.

6. Epy Kusnandar

Artis Banting Setir Jadi Pedagang (instagram/ayamkeramas)

Epy Kusnandar populer berkat perannya sebagai Kang Mus dalam sinetron Preman Pensiun. Namun, popularitasnya meredup dan kini membuka warung makan dengan hidangan ayam, lele, dan sari laut.

Warung makan itu diberi nama Ayam Keramas Kang Mus. Meski warung kaki lima itu cukup ramai pelanggan, Epy Kusnandar ogah terlena. Ia sadar, banyak tantangan dalam menjalani bisnisnya. Apalagi, dia masih tergolong baru menjalani bisnis kuliner tersebut.

Pada saat bersamaan, Epy Kusnandar tak lupa bersyukur, lantaran ia mendapatkan peran sebagai Kang Mus di Preman Pensiun yang karakternya begitu kuat. Hal tersebut rupanya berdampak baik pada usaha dan kesehariannya.

7. Aldi Taher

Bisnis Aldi Taher. (Instagram/alditaher.official)

Aldi Taher jatuh bangun memperjuangkan kariernya sebagai artis. Di tengah kesibukannya mempopulerkan lagu Lesti Sayang Billar, Aldi Taher memiliki usaha sampingan.

Mantan Suami Dewi Perssik tersebut membuka warung mie ayam di kawasan Cempaka Putih Raya, Jakarta Pusat. Aldi Taher menamai usahanya 'Mie Ayam Aldi Taher'.

Harga per porsinya mulai dari 15.000 hingga 20.000 Rupiah untuk yang komplet. Namun sayang, karena tingkahnya yang dinilai netizen berlebihan, mie ayam Aldi Taher sudah mendapat cap buruk.

Meski netizen belum mencobanya, mereka langsung melabeli mie ayam Aldi Taher tidak enak. Hal ini rupanya berbanding terbalik dengan temuan YouTuber Anak Kuliner.

Terlepas dari sosok Aldi Taher yang kontroversial, sang YouTuber menyebut mie ayam buatan Aldi terasa nikmat. Toppingnya juga banyak dan lengkap.

Itu dia deretan artis yang banting setir jadi pedagang. Nantikan info terupdate lainnya di YouTube Sorot Mata.