Minggu, 28 April 2024
Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Sabtu, 31 Desember 2022 | 18:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Di samping pernikahan dan perceraian, pindah agama tampaknya bukan lagi menjadi hal yang tabu bagi selebriti Tanah Air.

Sebagian kalangan selebriti, bahkan tercatat pernah pindah agama lebih dari satu kali. Dampaknya, komentar miring netizen pun ramai bermunculan.

Berikut akan dibahas deretan artis yang pindah agama lebih dari satu kali.

Baca Juga:
Cerita Nania Yusuf Masuk Kristen usai Iseng Baca Alkitab, Sempat Tahajud Minta Petunjuk

1. Nania Yusuf

Nania Yusuf [MataMata.com/Rena Pangesti]

Artis pertama yang masih hangat dibicarakan lantaran kembali pindah agama di tahun 2022 adalah Nania Yusuf.

Lahir sebagai Muslim, Nania Yusuf pindah keyakinan memeluk agama Kristen pada tahun 2009 gara-gara iseng membaca Alkitab temannya. Ia mengaku didatangi oleh sosok Yesus.

Baca Juga:
Nania Yusuf Kehilangan Teman gara-gara Pindah Agama Jadi Islam Lagi: Mereka Menjauh

Dampak memeluk agama Kristen, Nania Yusuf harus mengelus dada dicap kafir hingga mendapat ancaman pembunuhan dari ayah kandung sendiri.

Setelah 13 tahun lamanya menjadi Nasrani, Nania Yusuf tiba-tiba teringat akan kematian. Ia pun lantas memutuskan kembali berpindah agama Islam pada 21 Mei 2022.

Kendati demikian, Nania Yusuf lagi-lagi harus menelan pil pahit berpindah agama. Ia dijauhi teman-temannya akibat kembali menjadi Muslim.

Baca Juga:
Nania Yusuf Pindah Agama ke Islam Lagi, Ustaz Yusuf Mansur Ikut Berkomentar

2. Kriss Hatta

Fakta Kriss Hatta (instagram/krisshatta07)

Artis selanjutnya yang pindah agama lebih dari satu kali adalah Kriss Hatta. Kala mempersunting Hilda Vitria tahun 2015 lalu, Kriss Hatta sempat menjadi Mualaf.

Pasca mendekam di penjara tahun 2019, Kriss Hatta diam-diam kembali memeluk agama Nasrani. Pasalnya, dia mengaku takut dianggap mempermainkan agama.

Dalam perayaan Natal 2021, Kriss Hatta mulai berani terang-terangan mengungkap agamanya. Dia juga mengaku lega bisa ambil job Natal lagi.

Kini, Kriss Hatta siap menerima resiko dan tak gentar menghadapi hujatan publik akibat aksinya gonta-ganti agama.

3. Bang Tigor

Potret Bang Tigor dan Istri (instagram/@bangtigor75)

Selaras dengan Kriss Hatta, Bang Tigor juga diketahui bolak-balik pindah agama karena pernikahan. Dia mengaku 3 kali menikah dan 3 kali pindah agama.

Pasca menikahi istri ketiga pada tahun 2020, Bang Tigor mengakhiri perjalanan spiritualnya dalam agama Islam. Bang Tigor mengaku, sudah menemukan jati dirinya saat ini.

Dengan bantuan istri mudanya, Bang Tigor kini mulai memperdalam ilmu agama. Dia sering menunaikan ibadah sunnah seperti shalat Tahajud hingga puasa Senin-Kamis.

4. Dewi Sandra 

Potret Terbaru Dewi Sandra (instagram/@doa.indonesia)

Dewi Sandra menambah panjang daftar artis yang gonta-ganti agama karena pernikahan. Sama seperti Bang Tigor, Dewi Sandra juga tercatat 3 kali menikah dan 3 kali pindah agama.

Awalnya, Dewi Sandra menjadi Mualaf saat menikah dengan Surya Saputra di tahun 2000. Kembali menikah di tahun 2006 dengan Glenn Fredly, Dewi Sandra lagi-lagi beralih memeluk agama Nasrani.

Setelah bercerai dari Glenn Fredly tahun 2009, Dewi Sandra kini mantap menjadi seorang Muslim kembali. Menurut Dewi Sandra, agama Islam menjadi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kritisnya.

5. Nafa Urbach

Pesona Nafa Urbach (Instagram/@nafaurbach)

Berbanding terbalik dengan Dewi Sandra, Nafa Urbach ungkap alasan dirinya pindah agama bukan karena pernikahan.

Jauh sebelum menikahi Zack Lee, Nafa Urbach sudah kembali menjadi seorang Kristiani di usianya yang ke-23. Mulanya, dia sempat Mualaf saat berpacaran dengan Primus Yustisio.

Nafa Urbach pindah agama karena menonton program televisi yang dipandu Pendeta John Hartman.

Nafa Urbach pindah agama saat namanya sedang nge-top di dunia hiburan. Akibatnya, Nafa Urbach harus menelan pil pahit mendapat cekalan hingga kehilangan banyak job.

6. Marcell Siahaan

Marcell Siahaan (MataMata.com/Yuliani)

Satu suara dengan Nafa Urbach, Marcell Siahaan membantah dirinya gonta-ganti agama gara-gara pernikahan.

Marcell Siahaan mengungkap, dirinya masih memeluk agama Budha di awal pernikahan dengan dengan Rima Melati Adams.

Selang dua tahun kemudian, Marcell Siahaan memutuskan untuk Mualaf. Dia mengaku, menemukan ketenangan saat menunaikan ibadah Muslim.

7. Jonas Rivanno

Asmirandah dan Jonas Rivanno (Instagram/@asmirandah89)

Artis terakhir yang gonta-ganti agama adalah Jonas Rivanno. Dia menuai kecaman saat menikah dengan Asmirandah tahun 2013 lalu.

Terhalang restu orang tua untuk menikahi Asmirandah, Jonas Rivanno sempat Mualaf. Jonas mengaku, sudah mengucapkan kalimat syahadat.

Akan tetapi, Jonas Rivanno dikabarkan memeluk agama Islam hanya untuk sesaat. Dia kembali memeluk agama Nasrani dan melangsungkan pernikahan di gereja.

Lantaran dianggap mempermainkan agama, Jonas Rivanno sempat dikecam hingga dicap sebagai penista. Karier Jonas dan Asmirandah pun perlahan meredup.