Sabtu, 04 Mei 2024
Muhammad Azy Aminullah | MataMata.com Minggu, 19 Februari 2023 | 17:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Rizky Billar kembali jadi sorotan publik setelah mempolisikan seorang haters. Dia melaporkan haters ke polisi karena ingin memberi efek jera.

Selain Rizky Billar, beberapa selebriti Tanah Air lain juga rupanya pernah menyeret haters ke ranah hukum.

Berikut adalah deretan artis Tanah Air yang pernah mempolisikan haters.

Baca Juga:
Diejek Kurang Glamor gegara Pakai Baju Gombrong, Agnez Mo Bungkam Haters

1. Rizky Billar 

Rizky Billar, Lesti Kejora, dan tersangka pengancaman berinisial A (Hoodie hitam) di Polda Metro Jaya, Jumat (3/2/2023). (MataMata.com/Rena Pangesti)

Nama Rizky Billar menjadi urutan pertama dalam daftar panjang selebriti Tanah Air yang mempolisikan haters. Dia tercatat lebih dari satu kali menyeret haters ke pihak yang berwajib.

Pada 10 Januari 2023, Rizky Billar melaporkan haters berinisial A ke Polda Metro Jaya. Ayahanda Baby L itu mengaku, dapat ancaman kekerasan dari haters yang bersangkutan.

Baca Juga:
Niat Hati Balas Haters, Fitri Salhuteru Malah Dinyinyiri: Mau Nyombong kalau Banyak Duit?

Setelah haters tersebut berhasil diringkus oleh polisi, Rizky Billar malah memilih damai. Selain iba, suami Lesti Kejora itu berdalih tak ingin menaruh dendam.

Oleh karena itu, dia memilih mengakhiri kasus dengan cara kekeluargaan. Rizky Billar kemudian memberikan uang dan pakaian yang layak untuk haters inisial A tersebut.

Jauh sebelumnya, Rizky Billar juga diketahui pernah mempolisikan haters gara-gara komentar miring pada bulan Juli 2021 lalu. Berbeda dengan Lesti Kejora yang kalem, Rizky Billar mengambil langkah hukum karena ingin memberi efek jera kepada haters.

Baca Juga:
Dilabrak Haters Kakaknya Lewat DM Instagram, Adik Gitasav: Kamu Inget Tuhan Juga Nggak?

2. Dewi Perssik 

Momen Ibunda Dewi Perssik bertemu haters anaknya (Matamata.com/Adiyoga Priyambodo)

Dewi Perssik menjadi daftar selebriti selanjutnya yang mempolisikan haters. Dia menyeret haters ke pihak berwajib pada bulan November 2022 lalu atas dugaan pencemaran nama baik.

Laporan polisi bermula dari aksi Dewi Perssik yang megomentari kasus KDRT Rizky Billar. Tak terima idolanya dinyinyiri, fans fanatik Leslar balas menyerang Dewi Perssik.

Dewi Perssik dikatai fans fanatik Leslar kerap kawin-cerai sebanyak tiga kali karena mandul. Geram dengan cibiran fans fanatik Leslar, Dewi Perssik pun mengambil langkah hukum ke Polres Depok.

Pasca ditangkap polisi, haters bersangkutan mendadak minta maaf hingga bersujud di kaki Dewi Perssik. Di sisi lain, Dewi Perssik luluh hingga memilih damai dengan haters tersebut.

3. Shandy Aulia 

Shandy Aulia. (Instagram/@shandyaulia)

Senasib dengan Dewi Perssik, Shandy Aulia juga pernah dituding mandul oleh salah seorang haters di tahun 2018 lalu.

Di usia pernikahannya yang ke-7 kala itu, pernikahan Shandy Aulia dan David Herbowo belum dikaruniai seorang momongan. Meradang dihina, dia mengancam bakal mempolisikan haters bersangkutan.

Pada saat Shandy Aulia menggelar konferensi pers bulan Maret 2019, haters bersangkutan datang ke lokasi. Dia meminta maaf seraya mengaku hanya iseng mem-bully Shandy Aulia mandul.

Di lain pihak, Shandy Aulia batal datang ke lokasi konferensi pers. Dia mengaku tidak sudi bertemu dengan haters tersebut.

Setelah itu, Shandy Aulia mengurungkan niatnya untuk menyeret ke ranah hukum. Dia memastikan akan terus mengawasi aktivitas haters tersebut kendati sudah memberi maaf.

4. Ruben Onsu 

Ruben Onsu di Polda Metro Jaya. (MataMata.com/Adiyoga Priyambodo)

Selebriti berikutnya yang masih hangat mempolisikan haters adalah Ruben Onsu. Dia melaporkan sejumlah akun anonim ke Polda Metro Jaya pada Senin (13/2/2023).

Selaras dengan Rizky Billar, Ruben Onsu juga merasa terganggu oleh komentar miring haters yang menyasar keluarganya. Dia mengaku gerah perihal fitnah yang menyinggung Sarwendah main serong dengan Betrand Peto.

"Pelaku ini memang kayaknya bukan lahir dari rahim manusia gitu ya, sehingga seorang wanita yang dikatain sama dia seperti itu," kata Ruben Onsu meluapkan kejengkelannya.

Menurut kuasa hukumnya, alasan Ruben Onsu mengambil langkah hukum adalah karena ingin mengedukasi masyarakat. Dengan demikian, dia berharap tidak ada lagi konten yang mengandung pencemaran nama baik dan berita bohong ke depannya.

5. Ayu Ting Ting 

Potret ultah ke-9 Bilqis anak Ayu Ting Ting. (Instagram/@ayutingting92)

Mirip dengan Ruben Onsu, Ayu Ting Ting juga turut mempolisikan haters yang menghina keluarganya. Dia gerah dengan komentar miring haters yang menyasar anaknya, Bilqis.

Pada Jumat (20/8/2021) silam, Ayu Ting Ting melaporkan haters-nya ke Polda Metro Jaya. Pelantun Alamat Palsu tersebut mengaku habis kesabaran meladeni haters tersebut.

"Saya juga manusia biasa, ada batas kesabarannya. Kayaknya memang sudah harus bertindak," ucap Ayu Ting Ting.

Dengan laporan polisi tersebut, Ayu Ting Ting berharap bisa memberi efek jera kepada pihak yang tidak bijak menggunakan media sosial.

6. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier (Instagram/mastercorbuzier)

Deddy Corbuzier menambah panjang daftar selebriti yang mempolisikan haters. Dia melaporkan seorang haters pada tahun 2016 silam karena dinilai kelewat batas.

Tuduhan haters yang dianggap kelewat batas tersebut adalah Deddy Corbuzier kumpul kebo dengan Chika Jessica. Tidak hanya itu, Chika Jessica juga dituding wanita bayaran alias PSK.

"Kata-kata seperti itu melebihi seorang haters. Jalau haters, biasanya saya block. Tapi, ketika memfitnah seseorang dan membawa-bawa agama, harus ditindak tegas," ujar Deddy Corbuzier.

Sebelum diseret ke kantor polisi, Deddy Corbuzier sempat membuat sayembara untuk menyelidiki identitas haters bersangkutan.

7. Prilly Latuconsina

 Prilly  (Instagram/@prillylatuconsina96)

Selebriti terakhir yang tercatat pernah mempolisikan haters adalah Prilly Latuconsina. Dia melaporkan haters ke Polda Metro Jaya pada tahun 2015.

Haters tersebut melecehkan Prilly Latuconsina dengan tuduhan sudah tidak perawan. Selain itu, editan foto syur Prilly Latuconsina juga ikut disebarkan haters bersangkutan.

Di samping mempolisikan haters, Prilly Latuconsina juga mengambil sikap tegas dengan menjalani tes keperawanan.

"Kemarin aku dibilang tidak perawan, tapi hasil dokter masih perawan," tutur Prilly Latuconsina.