Sabtu, 04 Mei 2024
Nur Khotimah | MataMata.com Senin, 27 Februari 2023 | 16:54 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Penampilan Aming belakangan berubah menjadi lebih religius. Dalam beberapa foto Instagram, Aming bahkan tampil mengenakan baju koko dan peci. Perubahan penampilan ini lantas diindikasikan sebagai niat Aming untuk hijrah.

Banyak rekan artis dan netizen yang antusias menyambut perubahan Aming. Mengingat selama ini sang komedian kerap tampil menyerupai perempuan lengkap dengan payudara palsu.

Perjalanan Aming hijrah bisa dibilang cukup panjang. Tanpa berlama-lama lagi, simak perjalanan Aming hijrah berikut ini.

Baca Juga:
Ngaku Rajin Bayar Pajak, Aming Tulis Caption Menyindir: Jadi Rubicon?

1. Pernah Hadiri Parade Gay di Luar Negeri

Sebelum tampil religius seperti sekarang, Aming sempat dituduh penyuka sesama jenis. Apalagi pemilik nama Aming Sugandhi itu diketahui pernah mengikuti parade gay di luar negeri.

Bertepatan dengan bulan Ramadan 2015, Aming dan Chef Priscil menghadiri parade gay di Amerika Serikat. Penampilan Aming dengan kostum nyentrik warna pink membuatnya tampak nyaris telanjang.

Baca Juga:
3 Kisah Perjalanan Aming Hijrah, Hadiri Parade Gay hingga Ubah Penampilan Jadi Lebih Religius

"Hai, kita di New York City, jadi ini lagi ada acara Gay Parade," ucap Priscil di video seperti dikutip dari akun Instagram miliknya.

Karena kehadirannya tersebut, Aming dituding mendukung pernikahan LGBT hingga penyuka sesama jenis. Namun menurut keterangan sang manajer, Aming kebetulan sedang berada di Amerika, bukan sengaja hadir di parade gay.

"Dia lagi liburan. Nggak sengaja, kebetulan saja ada parade gay di sana. Aming berangkat dari 22 Juni," kata Iyus selaku manajer Aming.

Baca Juga:
Potret Aming Hijrah, Tampil Lebih Religius dan Minta Didoakan Istiqomah

Chef Priscil yang membagikan potret Aming dalam parade gay pun memberikan penjelasan. Menurut Chef Priscil, pilihannya bersama Aming menghadiri parade gay bukan untuk mendukung, melainkan memberikan apresiasi.

"Siapa yang mendukung? Ini adalah bentuk apresiasi dan merayakan kalo hak-hak kaum LGBTQ itu sama layaknya orang biasa..ini lagi bulan suci ramadhan lebih baik gak suudzon gak ngejudge orang sembarangan dear @harvendidi kalo pun ada yang mau nikah sesama jenis mau bukan kayak its NONE OF OUR BUSINESS.. Yang berhak menentukan cuman Tuhan," tulis Priscil.

Rupanya ini bukan pertama kalinya Aming menghadiri parade gay. Sang manajer mengungkap bahwa Aming juga pernah tak sengaja menghadiri parade serupa di Sydney, Australia pada Februari 2015 silam.

"Waktu itu pas Februari juga pernah ke Sidney, ada Festival Mardi Gras. Tapi Aming ke sana waktu itu buat beli bahan baju dan ketemu sama teman-temannya. Makanya, pas ada berita Aming di gay parade di Amerika, aku nggak kaget ya," kata Iyus.

2. Hobi Dandan ala Perempuan

Selain hadir dalam parade gay, Aming juga kerap menuai sorotan karena penampilannya yang sering kali menyerupai perempuan. Mantan suami Evelyn Nada Anjani itu bahkan tak ragu untuk memakai payudara palsu untuk menyempurnakan penampilannya.

Ketika pandemi Covid-19 mulai mereda, Aming muncul dengan penampilan super cantik. Aming pun totalitas mengenakan payudara palsu agar penampilannya semakin mirip seperti perempuan seutuhnya.

Alasan Aming nyaman berdandan perempuan pun diungkap kepada Denny Sumargo melalui podcast yang tayang tahun 2022. Aming rupanya merasa lebih nyaman hidup di dunia fantasinya ketimbang realita yang pahit.

Selain itu, cerita Aming mengalami pelecehan seksual sejak SD hingga kuliah oleh orang terdekat pun ikut terungkap. Perjalanan hidup yang tak mudah itu membuat Aming menemukan sisi perempuan dalam dirinya bernama Mina.

Terkait penampilan Aming yang menyerupai perempuan, Evelyn Nada Anjani cuek. Ia menilai penampilan tersebut merupakan bentuk dari cara Aming mengekspresikan diri.

"Orang yang menyeni itu mengekspresikan dirinya lebih bebas ya, bukan berarti menyimpang ya," kata Evelin di YouTube Sambel Lalap dikutip pada Juni 2022.

3. Tampil Religius hingga Diduga Hijrah

Terlepas dari penampilannya di masa lalu, Aming belakangan tampil lebih religius. Aming yang hodbi pakaian perempuan kini telah menghilang.

Aming kini tampil sebagai pria dengan rambut pendek serta kumis dan jenggot tipis. Selain itu, mantan suami Evelyn Nada Anjani tersebut juga selalu mengenakan peci dalam setiap penampilannya.

Ketika membagikan foto-fotonya dengan tampilan yang religius, Aming juga menyematkan doa di kolom caption. Bintang Extravaganza itu memiinta doa ke publik agar selalu istiqomah.

"Semoga istiqomah ikhtiarnya," tulis Aming yang dikutip pada pertengahan Februari 2023.

Belum diketahui pasti cerita perjalanan Aming hingga akhirnya memutuskan hijrah. Namun doa dan harapan agar Aming istiqomah ramai dituliskan rekan-rekan artisnya maupun netizen.

"MasyaAllah Tabarakallah kang, mudah-mudahan insyaAllah istiqomah Aamiin allhumma aamiin," harap Bobby Maulana. "Keren Bang Madrim," tulis Titi Kamal.

Itu dia kisah perjalanan Aming hijrah jadi lebih religius. Nantikan berita terupdate lainnya di kanal YouTube Sorot Mata.