Jum'at, 03 Mei 2024
Ade Wismoyo | MataMata.com Kamis, 20 Juli 2023 | 13:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Matamata.com - Rafael Tan menceritakan kehidupannya sebagai anak yang tumbuh dalam keluarga beda agama. Saat masih kecil, Rafael Tan bahkan pernah melakukan ibadah 3 agama sekaligus. Seperti apa ceritanya?

Hal itu disampaikan oleh Rafael Tan dalam podcast YouTube Denny Sumargo. Rafael ternyata dibesarkan oleh ayah yang beragama Islam dan ibu yang menganut agama Budha. Sementara Rafael kini menganut agama Kristen.

"Dulu pas Nyokap sama Bokap married, agama mereka Budha nih. Dua tahun gue lahir, Bokap pindah ke muslim, Nyokap tetep Budha gitu," ungkap Rafael Tan, dikutip dari Youtube CURHAT BANG Denny Sumargo pada Selasa (18/7/20230.

Baca Juga:
Cerita Rafael Tan Ibadah 3 Agama Sekaligus: Pagi ke Gereja, Sore ke Wihara, Malamnya Salat Bareng Bokap

Jadi penganut agama Kristen karena sejak kecil ia sering ke gereja, mulanya untuk latihan vokal. Sejak masih anak-anak, bakat bernyanyi Rafael memang sudah terlihat. Tetapi, lantaran orang tuanya tidak tahu tempat les vokal, akhirnya ia diusulkan oleh teman ayahnya untuk dibawa ke gereja sekaligus latihan vokal.

Pesona Rafael Tan. (Instagram/@rafaell_16)

Alhasil, Rafael kecil pernah melakukan ibadah tiga agama sekaligus. Di mana Rafael Tan pagi ke gereja, siangnya ikut sang ibu beribadah di wihara, dan malamnya menunaikan salat bersama ayahnya.

"Gue happy gitu (terlahir beda agama). Jadi, pagi-pagi nih, gue ke gereja sampai jam 10, terus siang diajak ke wihara sama Nyokap, sore gue diajak sholat sama Papa. Gue punya sajadah sendiri, peci sendiri, sarung sendiri, sholat diajak Bokap. Siang sembayang di depan Dewi Kwang In," ungkapnya.

Baca Juga:
Gegara Kejadian Menyedihkan Ini, Rafael Tan Sempat Meninggalkan Tuhan dan Tak ke Gereja

Di kesempatan yang lain, Rafael sempat mengaku jika perceraian orangtuanya membuatnya kesal dan marah pada Tuhan. Ia bertanya kenapa diberi keluarga yang berantakan.

"Waktu orang tua bercerai, saya marah pada Tuhan dan saya meninggalkan Tuhan," ucap Rafael Tan kala itu.

Ulasan selengkapnya bisa disimak lewat video di atas ya!

Baca Juga:
Karir Nyungsep, Rafael Tan Duta Seblak Ungkap Pernah Jualan Bakso Aci Demi Sambung Hidup: Capek Iya, Malu Iya