Yohanes Endra | MataMata.com
Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Matamata.com - Tahukah kamu ada girlband Korea Selatan yang salah satu anggotanya dari Indonesia? Yups, girlband tersebut adalah Secret Number. Salah satu anggotanya yakni Dita Karang merupakan gadis asal Yogyakarta.

Secret Number debut pada 19 Mei 2020 dengan merilis lagu 'Who Dis?'. Video musik 'Who Dis?' yang dirilis kanal YouTube 1theK kini telah ditonton nyaris 40 juta kali. Sebagai orang Indonesia, tentu kita turut bangga dengan prestasi Dita Karang dan Secret Number, ya!

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang dianggap sebagai orang pertama yang berhasil debut di industri K-Pop. Ingin tahu fakta-fakta menarik lainnya tentang Dita Karang? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga:
Ada Dita Karang, Kepoin 7 Artis Korea Pernah Tinggal di Indonesia

1. Idol K-Pop Pertama dari Indonesia

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang dianggap sebagai idol K-Pop pertama dari Indonesia meski sebelumnya ada Loudi 14U dan Vanya Z-Girls. Untuk diketahui, Loudi merupakan gadis keturunan Korea/Tiongkok meski berasal dari Indonesia. Sedangkan Z-Girls dinilai bukan grup K-Pop, melainkan grup yang terinspirasi dari K-Pop. Oleh sebab itu, Dita Karang mendapat gelar sebagai idol K-Pop pertama dari Indonesia.

2. Posisi Penting di Secret Number

Baca Juga:
Adu Gaya Amanda Manopo vs Dita Karang Pakai Baju Sama, Harganya Fantastis

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang mengenalkan diri sebagai main dancer atau penari utama di grup Secret Number. Meski berasal dari Indonesia, kemampuan Dita Karang dalam berbahasa Korea juga menuai pujian. Dita Karang pun dipuji karena kemampuan bernyanyinya yang tak kalah dari empat member Secret Number lainnya.

3. Bercita-cita Menjadi Performer

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Sejak kecil hingga remaja, Dita Karang menekuni hobi menarinya dengan mengikuti les balet. Dita Karang kemudian belajar tarian grup K-Pop saat SMA dan bercita-cita menjadi performer. Oleh sebab itu, ia melanjutkan pendidikan tingginya di American Musical and Dramatic Academy di New York, Amerika Serikat. Selama di Amerika, Dita juga sempat menjadi trainee di Born Star Training Center. Setibanya di Korea, Dita Karang juga bergabung di 1MILLION dance studio yang merupakan komunitas dance terkenal. Guru-guru yang mengajar di 1MILLION dance studio dikenal sebagai pembuat koreografi sederet grup K-Pop beken, salah satunya BTS.

Baca Juga:
Rayakan Ulang Tahun Tepat di Hari Natal, Dita Karang Jadi Trending Topic

4. Sempat Gagal di Berbagai Audisi

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Perjuangan Dita Karang sampai bergabung di grup Secret Number patut diacungi jempol. Dita Karang sempat melamar di berbagai agensi drama musikal di Amerika Serikat. Ia berulang kali gagal saat mengikuti audisi lantaran bersaing ketat dengan ratusan pelamar lain. Kemudian Dita Karang memutuskan untuk mencoba peruntungannya di agensi hiburan Korea Selatan. Perjuangan Dita Karang melamar di berbagai agensi berujung pada pertemuannya dengan VINE Entertainment yang sekarang menaungi Secret Number. Dita Karang diberikan kesempatan karena tekad dan kerja kerasnya.

5. Penggemar 2NE1 dan Chrisye

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang menyebut 2NEI sebagai grup yang membuatnya ingin menjadi idol K-Pop. Gadis kelahiran 25 Desember 1996 ini juga mengidolakan solois IU. Sebagai orang Indonesia, Dita Karang mengaku amat mengidolakan almarhum Chrisye, terutama lagunya yang berjudul Kangen.

6. Dukungan dari Masyarakat Indonesia dan Dian Sastrowardoyo

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Debut Dita Karang sebagai idol K-Pop sempat bikin heboh masyarakat Indonesia. Nama Dita Karang menjadi trending topik di Indonesia saat lagu 'Who Dis?' dirilis. Dita Karang mengaku mendapat kabar dari keluarga di Indonesia bahwa namanya terus muncul di artikel terbaru setiap hari. Dukungan untuk Dita Karang juga diberikan oleh aktris cantik Dian Sastrowardoyo. Bintang film 'Ada Apa Dengan Cinta?' tersebut rupanya pernah ngekos di rumah Dita Karang saat syuting di Jogja pada 2008 silam. Manajer Dian Sastrowardoyo juga teman baik ibu Dita Karang.

7. Sempat Punya Akun Instagram Pribadi

Fakta Dita Karang (Instagram/@secretnumber.official)

Dita Karang dan empat member Secret Number lainnya sempat mempunyai akun Instagram pribadi masing-masing. Namun sebulan sesudah debut, mereka kompak menonaktifkan Instagram mereka. Akun pribadi rupanya membuat anggota Secret Number bingung dan tidak konsen pada grup.

Namun update terbaru tentang kegiatan Dita Karang bareng Secret Number tetap bisa dipantau melalui akun Instagram @secretnumber.official. Jangan sampai kelewatan ya!

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More