Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Matamata.com - Sebagai penggemar K-Pop, kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan nama IU, bukan? Salah satu penyanyi solo Korea Selatan paling sukses ini memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia.

Apalagi, pemiliki suara tinggi ini selalu sukses menyihir para penggemarnya dengan suara merdunya melalui lagu-lagu yang memiliki makna mendalam.

Di balik kesuksesannya sebagai solois peraih penghargaan musik Korea terbanyak, ternyata ada banyak hal tentangnya yang tidak diketahui oleh sebaian besar orang. Beberapa fakta IU juga akan membuatmu menangis namun di saat yang termotivasi untuk berusaha lebih. Berikut hal-hal tentang IU yang harus kamu ketahui.

Baca Juga:
5 Drama Jang Geun Suk Wajib Ditonton: Akting Bareng IU Hingga Park Shin Hye

1. Arti Nama yang Unik

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Di awal debutnya, IU masih menggunakan nama aslinya, yaitu Lee Ji Eun. Seiring berjalannya waktu, Lee Ji Eun merasa nama tersebut terlalu umum sehingga ia mulai memutuskan menggunakan nama panggungnya sekarang, yaitu IU.

IU sendiri merupakan singkatan dari kata I dan You dalam Bahasa Inggris yang artinya “saya” dan “kamu”. Alasan mengapa ia memilih nama ini adalah agar Lee Ji Eun dan penggemarnya dapat menyatu melalui musik yang dibawakannya.

Baca Juga:
Fantastis! IU Beli Penthouse Harga Rp167 Miliar Secara Tunai

2. Berasal dari Keluarga Sederhana

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Jika melihat paras cantiknya dan penampilannya saat ini, pasti banyak orang yang mengira bahwa IU berasal dari keluarga berkecukupan.

Nyatanya, keadaan keluarganya sempat kacau karena utang keluarga dan masalah finansial. IU dan adiknya bahkan dititipkan pada neneknya sementara orang tuanya bekerja. 

Baca Juga:
Ulang Tahun ke 28, Intip 3 Perjalanan Karir IU saat Debut Sampai Sekarang

3. Pernah Ditipu Agensi Abal-Abal

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Perjalanan IU untuk bisa debut sebagai penyanyi sama sekali tidak mulus. Ia bahkan sempat ditipu oleh sebuah agensi artis yang memintanya mengirim sejumlah besar uang untuk biaya pelatihan.

Namun setelahnya, tak ada kabar lagi dari agensi tersebut kabur. Menyedihkannya, uang yang diberikannya pada agensi tersebut adalah uang yang susah payah ditabung oleh neneknya.

Baca Juga:
Dianggap Sempurna, Ternyata IU Pernah Benci dengan Dirinya Sendiri

4. Membuat JYP Menyesal

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Tidak hanya pernah ditipu, faktanya IU bahkan telah ditolak oleh puluhan agensi artis. Dengan bakat bernyanyinya yang luar biasa ini, IU bahkan pernah ditolak oleh JYP, manajemen artis terkenal yang melahirkan banyak artis besar seperti Ok Taecyeon dan Bae Suzy.

Pada akhirnya, IU lolos audisi LOEN Entertainment (sekarang Kakao M) dan akhirnya memulai debutnya. Mendengar kisah IU tersebut, Park Jin Young selaku pemilik JYP Entertainment sangat menyayangkan keputusan tim audisi perusahaannya yang melewatkan bakat emas seperti IU.

5. Sukses Debut

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Setelah proses panjang yang dilaluinya, IU akhrinya memulai debutnya di tahun 2008 lewat lagu berjudul ‘Lost Child’. Perlahan namun pasti, namanya mulai melambung tinggi, terutama setelah merilis lagu ‘Boo’ dan ‘Marshmallow’.

Dalam waktu satu tahun, IU pun berhasil membalikkan keadaan keluarganya dan memberikan hidup yang nyaman untuk mereka.

6. Fokus Meniti Karier

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

IU pernah mendapatkan tawaran untuk menjadi mahasiswa di beberapa universitas di Korea Selatan, namun dia menolak semuanya. Alasannya, ia ingin tetap fokus pada kariernya dan tidak memiliki waktu untuk kembali ke sekolah. 

7. Alami Bulimia 

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Pada tahun 2014 silam, IU mengaku bahwa ia didiagnosis mengalami bulimia, yaitu gangguan emosional di mana ia sangat terobsesi untuk makan sekaligus menurunkan berat badan hingga memuntahkan makanan yang dimakannya.

Keadaannya saat itu cukup membuatnya stres dan tidak bahagia dengan dirinya sendiri. Namun. IU berusaha untuk mengenal dirinya lebih baik.

8. Dermawan

Fakta IU (Instagram/@dlwlrma) 

Selain cantik dan berbakat, IU juga berhati emas dan sering berdonasi. Pada tahun 2015 lalu, IU memberikan sumbangan sejumlah Rp 1,3 miliar untuk membantu anak-anak yang membutuhkan.

IU bahkan memberikan beasiswa untuk kuliah kepada siswa berprestasi di SMA tempat asalnya. Ia bahkan menyumbang buku ke perpustakaan sekolah dan dana untuk menunjang kebutuhan pendidikan. Tidak mengherankan jika para penggemarnya akhirnya menjulukinya sebagai artis berhati malaikat.

Itulah beberapa fakta IU yang perlu kamu ketahui. Terlepas dari berbagai keterbatasan dan rintangan yang dihadapinya, IU tak pantang menyerah dan berhasil mewujudkan mimpinya, ya. Sukses selalu, Lee Ji Eun!

Kontributor: Wahyu Panca Handayani
Load More