Yohanes Endra | MataMata.com
Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/loonatheworld)

Matamata.com - Pemimpin tidak hanya ada di sebuah negara, perusahaan, atau organisasi saja. Grup K-Pop juga memiliki seorang leader untuk memimpin para anggotanya. Biasanya leader akan lebih menonjol karena mewakili member lainnya dalam berbagai hal seperti menerima penghargaan. Leader biasanya juga memimpin perkenalan grup.

Namun apa jadinya jika sebuah grup K-Pop dipimpin lebih dari satu leader. Memangnya ada? Simak daftar grup K-Pop yang punya lebih dari satu leader dan beragam alasan yang melatarbelakanginya berikut ini.

1. UP10TION

Baca Juga:
8 Artis Korea Mejeng di New York Times Square, Taeyong NCT Datangi Langsung

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@u10t_official)

UP10TION yang debut pada 2015 memiliki 10 anggota. Bukan hanya leader, UP10TION juga memiliki wakil leader. Jinhoo dipercaya sebagai leader, sedangkan Kuhn berada di posisi wakil leader. Kini Kuhn menjadi leader UP10TION karena Jinhoo mendaftar wajib militer sejak November 2020.

2. ONF

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@wm_onoff)

ONF memiliki dua leader berdasarkan sub unit ON team dan OFF team. Leader ON team adalah Hyojin, sedangkan J-US memimpin OFF team. Hyojin sendiri dikenal dengan kemampuan menyanyi, sedangkan J-US pandai menari dan lihai nge-rap. Pemilihan dua leader tersebut bukan tanpa alasan. ON team memang lebih menunjukkan kemampuan vokal, sedangkan OFF team menampilkan tarian keren.

Baca Juga:
10 Fakta Winwin NCT, Idol Multitalenta yang Punya Kebiasaan Tidur Unik!

3. TREASURE

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@yg_treasure_official)

Grup dengan member terbanyak di YG Entertainment, TREASURE, memiliki 2 leader. Bagaimana tidak, TREASURE memiliki 12 member laki-laki yang tentu tidak mudah mengaturnya. Leader ganda yang terpilih adalah Hyunsuk dan Jihoon. Dengan adanya dua leader, grup yang baru debut pada 2020 tersebut diharapkan lebih bersinergi satu sama lain.

4. NCT

Baca Juga:
NCT 127 Siap Gelar Konser Offline Selama 3 Hari, Ini Bocorannya!

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@nct)

NCT juga memiliki lebih banyak member dan akan terus bertambah. Hingga 2021, NCT memiliki 21 anggota yang terbagi dalam 4 sub unit yakni NCT U, NCT 127, NCT Dream, dan WayV. Taeyong telah dikenal sebagai leader grup NCT secara keseluruhan serta NCT 127. NCT Dream dipimpin oleh Mark yang sempat digantikan Jeno saat lulus. Sementara itu, Kun dipilih sebagai member WayV.

5. LOONA

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@loonatheworld)

LOONA merupakan girlgroup yang terdiri dari 12 anggota dengan 3 subunit. Loona 1/3 merupakan subunit pertama dengan HaSeul sebagai pemimpin. Selanjutnya Kim Lip sebagai leader Loona Odd Eye Circle dan Yves memimpin Loona yyxy. Grup yang debut pada 2016 tersebut dipimpin Heejin secara keseluruhan.

Baca Juga:
Jaehyun NCT Dikonfirmasi Main Drakor Remake Bungee Jumping of Their Own

6. Seventeen

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@saythename_17)

Seventeen dipimpin S.Coups sejak debut pada 2015. Namun member dengan 13 member ini juga memiliki 3 subunit berdasarkan kemampuan masing-masing. Selain Seventeen secara keseluruhan, S.Coups juga menjadi leader Hip Hop Unit. Selanjutnya, vocal unit dipimpin Woozi yang berperan sebagai lead vocalist dalam Seventeen. Untuk performance unit, Hoshi mendapat kepercayaan sebagai leader.

7. The Boyz

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Instagram/@official_theboyz)

The Boyz selama ini dipimpin oleh Lee Sang Yeon. Namun Lee Sang Yeon tak sendiri, ia dibantu Jacob sebagai wakil untuk memimpin 11 member The Boyz. Awalnya The Boyz terdiri dari 12 member sebelum Hwall meninggalkan grup pada 2019.

8. EXO

Grup K-Pop yang Punya Lebih dari Satu Leader (Twitter/@weareoneEXO)

EXO juga pernah memiliki dua leader. Saat pertama kali debut dengan 12 member pada 2012, EXO memiliki 2 subunit yakni EXO-K dan EXO-M. EXO-K dipimpin oleh Suho, sedangkan Kris menjadi leader EXO-M. Namun seiring hengkangnya Kris dan dua member EXO-M yang lain, kini EXO secara keseluruhan dipimpin oleh Suho. Sejak Suho wamil pada Mei 2020, tak ada member EXO lain yang menggantikan posisinya.

Itulah grup-grup K-Pop yang memiliki lebih dari satu member. Ternyata selain banyaknya member, subunit dalam sebuah grup membuat adanya lebih dari satu leader. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More