Ismail | MataMata.com
Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Matamata.com - Kebahagiaan tengah dirasakan oleh para fans boy band EXO, alias EXO-L. Pasalnya tepat di hari valentine (14/2/2022) leader kesayangan mereka Suho sudah resmi dibebaskan dari wajib militer. Suho yang mendaftar wajib militer pada 14 Mei 2020 ini menyelesaikan tugasnya sebagai pelayan publik kemarin (13/2/2022).

Kepulangan pria bernama asli Kim Jun Myeon ini langsung menjadi trending topik di Twitter. Bahkan taggar #WelcomeHomeSuho telah di tweet hingga lebih dari 1 juta kali dan sempat jadi trending di Indonesia.

Selama ini lewat profil Suho EXO penggemar dan non penggemar mengetahui bahwa ia adalah idol berprestasi yang begitu dicintai oleh fans dan semua membernya. Bahkan di konser terakhir mereka sebelum hiatus karena sebagian besar member menjalani wajib militer, Sehun mengatakan bahwa Suho adalah pemimpin terbaik.

Baca Juga:
7 Potret Ibu Kandung Vanessa Angel Semasa Hidup, Plek-ketiplek Mayang?

Jadi kepulangan Suho adalah momen yang sudah dinantikan EXO-L selama 18 bulan. Tak hanya disambut oleh para fans, salah satu musisi tanah air yaitu Rian D'Masiv juga membuat sebuah cuitan perihal kepulangan Suho. “Suho udah balik Wamil, collab lah kita @weareoneEXO," tulis Rian d’Masiv.

Seperti yang diketahui, saat Suho merilis album solo Self-Portrait sebelum berangkat wamil, d’Masiv mengcover lagu Let’s Love di album tersebut. Bahkan SM juga mengirimkan merchandise EXO untuk Rian yang sempat bikin EXO-L tanah air iri.

Nah berikut ini Matamata.com sudah siapkan profil Suho EXO, leader kesayangan EXO-L yang baru pulang wamil. So, langsung saja simak profilnya berikut ini.

Baca Juga:
Ferry Irawan Lamar Venna Melinda, Mantan Istri Sebut Itu Modal Endorse: Mereka Nggak Mau Keluar Duit

1. Profil Suho EXO

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Suho EXO lahir di Seoul, Korea Selatan pada 22 Mei 1991. Usianya akan genap 31 tahun pada Mei mendatang. Ia merupakan bungsu dari dua bersaudara. Suho lahir dengan nama Kim Jun Myeon dari pasangan keluarga akademisi, ayahnya adalah seorang profesor sementara ibunya merupakan guru matematika. Jarak usia Suho dengan kakaknya adalah 4 tahun, keduanya sempat bertengkar hingga membuat Suho kabur dari rumah.

2. Kehidupan Pribadi

Baca Juga:
Ungkap Sangat Rindu Gala Sky, Doddy Sudrajat Mewek!

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Suho dikenal sebagai salah satu member EXO yang paling kaya. Keluarga Suho dikenal kaya, ia dan keluarganya tinggal di kawasan yang dikenal sebagai kawasan tempat tinggal para konglomerat yaitu di Apgujeong, Gangnam. Harga tanah permeter di sana mencapai sekitar $10.000 USD. Kekayaan Suho juga membuat membernya merasa beruntung, pasalnya Suho kerap membayari makan para anggota EXO. Suho pun memiliki Black Card, salah satu kartu kredit ‘sultan’ yang hanya bisa dimiliki oleh mereka yang tajir melintir.

3. Pendidikan

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Lahir dari keluarga akademisi, tak heran jika Suho adalah member EXO cerdas. Ia bahkan berhasil masuk menjadi siswa di SMA Whimoon High School. Sekolah ini menjadi salah satu SMA tertua di Korea Selatan dan hanya menerima siswa-siswa bernilai tinggi. Bahkan Suho masuk dalam peringkat 50 besar siswa berprestasi dari 400 orang siswa. Suho pernah berkuliah di Korean National University of Arts di tahun 2009. Namun setahun sebelum debut pada 2011 ia mengundurkan diri dan melanjutkan kuliahnya di Kyung Hee Cyber University. Ia mengambil kelas daring untuk jurusan Seni dan Budaya di Departemen Bisnis Administrasi.

Baca Juga:
Doddy Sudrajat Gelar Doa 100 Hari Vanessa Angel Tanpa Keluarganya, Kenapa?

4. Perjalanan Karier Bersama EXO

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Kemampuan bernyanyi Suho sudah terlihat sejak ia kecil, ia memang sudah bercita-cita menjadi penyanyi. Hingga pada 2006 Suho mengikuti SM Casting System ketika usianya baru 16 tahun. Suho lolos dan berhasil menjadi trainee SM Entertainment. Ia menjalani trainee bersama dengan Minho Shinee dan beberapa senior lainnya seperti mendiang Jonghyun Shinee juga Kyuhyun Super Junior.

Suho menjadi member EXO yang paling lama menjalani masa trainee yaitu selama 7 tahun. Perjuangan Suho berbuah manis saat ia akhirnya diperkenalkan sebagai member kesepuluh EXO pada 15 Februari 2012. Nama Suho dipilih sebagai nama panggungnya yang berarti pelindung. Oleh karena itu, Suho juga disebut sebagai guardian oleh EXO-L. Suho adalah Leader dan lead vokalis dari EXO dan berhasil membawa EXO menjadi grup paling populer sepanjang masa. Bahkan sebelum Kpop setenar sekarang, media luar negeri sudah menyematkan gelar King of Kpop untuk EXO.

5. Debut Akting

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Suho sudah memulai debut aktingnya sebelum ia debut dengan EXO sebagai idol. Suho menjadi pemeran pembantu di film Super Junior, Attack on the Pin-up Boys tahun 2007. Ia juga muncul dalam MV TVXQ Hahaha Song di tahun 2008 bersama dengan Chanyeol dan Kai. Di tahun 2013, Suho menjadi pengisi suara untuk pemeran utama dalam animasi Saving Santa, tak hanya menjadi pengisi suara Suho juga mengisi lagu tema untuk film tersebut.

Karier aktingnya semakin berlanjut di tahun 2015, ia membintangi musikal hologram SM Entertainment School OZ. Beberapa film dan drama yang pernah Suho bintangi yaitu EXO Next Door (2015), One Way Trip (2016), The Universe’s Star (2017), Middle School Girl A (2018). The Present (2019), Rich Man (2018), How Are You Bread (2020).

6. Debut Solo

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Menyusul member lainnya, Suho akhirnya merilis album solo perdananya bertajuk Self Portrait pada tahun Mei 2020. Album solonya ini menjadi kado bagi EXO-L sebelum dirinya berangkat wamil. Bahkan lagu dalam mini albumnya ini seperti memang dibuat khusus untuk EXO-L. Apalagi salah satu judul lagunya Let’s Love atau ‘saranghaja’ dalam bahasa Korea yang menjadi salah satu sapaan EXO saat memperkenalkan diri yaitu We Are One! EXO! Saranghaja! Album ini sukses besar dengan penjualan mencapai 281.445 ribu kopi di Korea Selatan. Album ini juga menjadi peringkat satu di Gaon Album Chart.

7. Trending di Twitter

Profil Suho EXO. (Instagram/kimjuncotton)

Suho berangkat wamil pada 15 Mei 2020 silam setelah merilis album solonya. Setelah 18 bulan menjalani wajib militer, Suho akhirnya menyelesaikan wajib militer dan menjadi trending topik di Twitter. Beberapa taggar seperti #WeAreOne, #WelcomeHomeSuho, #OurGuardianIsBack, #KimJunMyeon meramaikan Twitter hingga 1 juta lebih Tweet.

Suho menyapa penggemar dengan sebuah surat tulisan tangan lewat Instagramnya @kimjuncotton. Fans dibuat salfok dengan bolpoin yang digunakan oleh Suho menulis, sebab harga bolpoin itu mencapai 27 juta rupiah. Ia juga mengatakan sedang menyiapkan hadiah bagi EXO-L yang menunggunya.

Itulah profil Suho EXO yang baru saja menyelesaikan wajib militer. Welcome back Suho! Siapa nih yang sudah nggak sabar nunggu hadiah dari Suho?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More