Ade Wismoyo | MataMata.com
Judul lagu KPop unik (Instagram/@bts.bighitofficial)

Matamata.com - Sejumlah artis K-Pop punya jabatan penting di agensi, mulai dari pemegang saham hingga direktur. Ini karena kontribusi mereka yang besar pada perusahaan.

Selain bekerja di panggung, artis-artis K-Pop juga memiliki bakat di bidang lain. Selain bisnis, beberapa di antara mereka bahkan punya bakat manajemen yang bagus.

Nah, deretan artis K-Pop di bawah ini diberi jabatan yang penting oleh agensi mereka. Siapa saja?

Baca Juga:
8 Momen Felicya Angelista Nonton Konser Rossa Saat Hamil, Baby Bumpnya Sudah Terlihat

1. BTS

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@bts.bighitofficial)

BTS diberi jabatan sebagai pemegang saham di agensi mereka, Big Hit Entertainment (sekarang HYBE Labels), pada September 2020 lalu. Ini tentu saja berkat kontribusi dan pencapaian RM dkk yang luar biasa di industri hiburan Korea Selatan. Para member mendapatkan saham yang sama rata.

2. BoA

Baca Juga:
Puput Bongkar Borok Doddy Sudrajat Setelah 6 Tahun Bersama: Endingnya Minta Maaf Nangis-Nangis

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@boakwon)

BoA didapuk menjadi direktur non-eksekutif SM Entertainment sejak tahun 2014. Penyanyi solo yang aktif berkarier selama lebih dari dua puluh tahun ini ditunjuk mengisi posisi tersebut pada rapat umum pemegang saham reguler. Tugas BoA adalah memberikan konseling pada idol-idol yang debut di usia muda.

3. Kangta

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@an_chil_hyun)

Jika BoA dipercaya menjadi direktur non-eksekutif, Kangta ditunjuk oleh SM Entertainment untuk mengisi jabatan direktur eksekutif yang bertanggung jawab merencanakan berbagai konten global. Idol veteran yang tengah menjalin hubungan dengan aktris Jung Yoo Min ini turut memperkenalkan proyek Remastering SM pada 2021.

Baca Juga:
10 Potret Resepsi Maudy Ayunda di Bali, Indah Banget Bak Negeri Dongeng

4. Yunho TVXQ

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@yunho2154)

SM Entertainment menunjuk Yunho TVXQ menjadi general manager yang bertugas menjaga kedisiplinan sekaligus keteraturan kerja dari idol maupun trainee. Sebagai senior yang sudah makan asam garam, Yunho membahas penampilan artis-artis muda SM dengan sangat telaten.

5. 2PM

Baca Juga:
Foto Prilly Latuconsina di Resepsi Maudy Ayunda Disorot: Slide 5 Ngodein Banget!

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@2pm_official_jp)

2PM ditunjuk menjadi direktur bagi JYP Entertainment setelah memperpanjang kontrak mereka pada 2018. Grup yang digawangi Taecyeon dkk ini bertugas mempromosikan perusahaan dan menangani urusan eksternal. Namun beberapa membernya kini memutuskan untuk pindah ke agensi lain.

6. Sandara Park

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@daraxxi)

Sebelum 2NE1 bubar, Sandara Park memiliki jabatan cukup penting di YG Entertainment. Idol yang akrab dipanggil Dara ini menjadi communications director bagi 2NE1 pada 2011. Awalnya hanya berperan sebagai manajer, Sandara bahkan naik jabatan menjadi direktur.

7. Eunkwang BTOB

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@ube_official_btob)

Tak banyak yang tahu bahwa Eunkwang memiliki jabatan penting di agensinya. Eunkwang masuk jajaran dewan direksi dari komite bernama Committee for Artists' Right Protection pada 2021. Jadi idol pertama di Cube untuk mendapatkan jabatan tersebut, Eunkwang bertanggung jawab atas hak hingga perlindungan karya.

8. B.I eks iKON

Artis K-Pop Punya Jabatan Penting di Agensi (instagram/@shxxbi131)

Hengkang dari YG Entertainment, B.I bergabung dengan IOK Company dan secara resmi ditunjuk sebagai direktur eksekutif. Pemilik nama Kim Hanbin itu terpilih bersama tujuh direktur eksekutif lainnya. B.I juga mendirikan agensi 131 Label yang berafiliasi dengan IOK Company.

Itu dia deretan artis K-Pop yang punya jabatan penting di agensi. Ada idolamu?

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More