Ade Wismoyo | MataMata.com
Song Joong Ki (Hancinema)

Matamata.com - Menjadi selebriti korea tentu saja tidak mudah. Selain jadwal super padat yang mereka jalani, penggemar seleb korea juga selalu mengelilingi sang idola dimana saja. Bahkan ada yang sampai mengalami kesulitan beristirahat saking sibuknya. 
Namun, tak sedikit yang mencari kesibukan lain hingga menghasilkan sebuah karya. 

Seperti sederet seleb korea ini misalnya, yang memilih tetap produktif disela-sela kesibukan mereka sebagai artis. Para artis ini bahkan mengembangkan bakat menulis mereka hingga sukses menelurkan buku. 

Ada yang sampai menduduki posisi buku best seller, inilah sederet seleb korea yang menulis buku. Siapa saja mereka? Yuk simak daftarnya berikut ini! 

Baca Juga:
Kalina Tanya Azka soal Rencana Mualaf, Netizen Salahkan Maia Estianty

1. Lay EXO - Standing 24

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@layzhang)

Member EXO asal china, Lay merupakan salah satu seleb korea yang menulis buku. Pemilik nama asli Zhang Yixing ini merilis sebuah buku autibiografi berjudul 'Standing 24'. Dalam waktu 24 menit, buku tersebut sukses memecahkan rekor penjualan sebanyak 68.537 copy. 

Standing 24 menceritakan karir Lay selama di luar negeri serta pandangannya mengenai EXO beserta koleksi foto Lay. 

Baca Juga:
Shah Rukh Khan Disebut Bisa Jadi Perdana Menteri India: Sangat Humanis

2. Hyoyeon - Hyo Style

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@hyoyeon_x_x)

Tak hanya Lay, dancer girl group besutan SM Entertainment, Hyoyeon juga pernah menulis buku berjudul Hyo Style pada tahun 2015 lalu. Dalam buku tersebut, member SNSD ini menuangkan ide-ide tentang gaya berpakaiannya selama ini. 

Selain merilis sebuah buku, pelantun lagu 'Wannabe' ini juga menggelar sebuah pameran yang menampilkan beberapa barang koleksi pribadinya. 

Baca Juga:
Dinan Fajrina Ultah, Doni Salmanan Minta Jaga Hati: Jangan Tergoda dengan yang Aneh-aneh

3. Goo Hye Sun - Heart Shaped Tears

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@kookoo900)

Selain jago akting, ternyata Goo Hye Sun juga punya bakat menulis buku lho. Ia bahkan telah menelurkan dua buah novel berjudul Tango dan Heart Shaped Tears. 

ABuju karya aktris yang dikenal lewat perannya di Boys Before Flowers ini bahkan masuk daftar buku best seller lho. 

Baca Juga:
Soleh Solihun Pernah Nonton Film dengan Adegan Ranjang Bareng Ayah: Bokap Santai Aja

4. Lee Hong Ki - Lee Hong Ki's Nail Book

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@skullhong12)

Vokalis band FT Island, Lee Hong Ki juga menulis sebuah buku berjudul Lee Hong Ki's Nail Book. Sama seperti namanya, buku tersebut berisi tentang tips dan trik menghias kuku serta filosofi nail art. 

Berisi 144 halaman, buku karya aktor sekaligus penyanyi tersebut juga dilengkapi koleksi foto nail art buatannya. 

5. Jonghyun - Umbrella Leaf 

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@shinee)

Mendiang Jonghyun SHINee dikenal dengan suara khasnya. Tak hanya sukses bersama grupnya, album solo miliknya juga laris di pasaran. Tak berhenti di dunia musik, pelantun lagu She is tersebut juga menulis buku. 

Umbrella Leaf merupakan buku yang terinspirasi dari 12 lagu karyanya. Lagu- lagu tersebut bercerita tentang lika liku seputar kehidupan cinta dengan berbagai permasalahannya. 

6. Song Joong Ki - Beautiful Skin Project for Men 

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@hi_songjoongki)

Bukan rahasia jika Song Joong Ki dikenal sebagai aktor dengan kulit yang bagus. Bagikan tips perawatan kecantikan pria, pemeran Vincenzo tersebut menuangkannya dalam sebuah buku. 

Buku yang dirilis pada tahun 2010 tersebut langsung menduduki urutan teratasi sebagai buku terlaris. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat image Song Joong Ki yang merupakan aktor populer. Apalagi mantan suami Song Hye Kyo tersebut memang dikenal dengan image nya yang awet muda. 

7. Jang Geun Suk - Love Recipe

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@_asia_prince_jks)

Tak hanya jago akting dan punya suara bagus, Jang Geun Suk lternyata juga menulis buku lho. Dalam buku yang dirilis tahun 2012 itu, ia menulis 20 resep masakan. Aktor drama Korea Love Rain ini membagikan beberapa resep hidangan yang sering ia hidangkan kepada keluarga maupun orang terdekat. 

Selain berisi resep, buku Love Recipe ini juga menceritakan kehidupan sehari-hari Jang Geun Suk diluar aktivitasnya sebagai artis. 

8. Jessica Jung - Shine

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@jessica.syj)

Setelah memutuskan keluar dari SM entertainment dan SNSD, Jessica Jung lebih aktif menjalankan bisnisnya di bidang fashion. Tak hanya itu, ia juga mulai menjajal bakatnya sebagai penulis buku dan menelurkan sebuah novel berjudul Shine. 

Buku tersebut terinspirasi dari kehidupannya sebagai seorang idol K-Pop. Meskipun menuai banyak kontroversi, namun Shine berhasil mengisi daftar buku best seller yang ditulis oleh seleb Korea. 

Baru-baru kakak kandung dari Krystal ini bahkan merilis novel keduanya yang berjudul bright. Sudah baca belum? 

9. So Ji Sub - Only You 

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@51kofficial)

So Ji Sub merupakan aktor yang terkenal sering membintangi drama romantis. Nggak cuma jago akting, ternyata ia juga suka hobi menulis. Salah satu hasil tulisannya berhasil dirilis adalah Road(2010) dan Only You(2011). 

Buku karya So Ji Sub tersebut ludes terjual hanya dalam waktu satu bulan saja lho. 

10. Lee Hyori - Closer: The Story Started by Hyori and Soonshim 

Seleb Korea yang Menulis Buku(instagram/@hyoleeey_)

Pada tahun 2012, Lee Hyori juga pernah merilis sebuah buku yang ditulisnya. Kecintaannya pada hewan membuatnya menulis sebuah buku seputar hubungannya dengan Shoonsim, anjing peliharaannya. 

Member Fin.K.L tersebut memang dikenal sebagai pecinta hewan sekaligus aktif sebagai aktivis pelindung hewan. Tidak heran jika buku karyanya sampai harus dicetak tiga kali saking larisnya. Selain tentang Shoonsim, buku tersebut juga mengungkap kehidupan awalnya sebagai selebriti. 

Yang lebih menarik lagi, seluruh keuntungan dari penjualan buku ia sumbangkan untuk Korean Animal Rights Advocate. Gimana? Keren banget kan! 

Itu dia sederet seleb Korea yang menulis buku yang sampai jadi best seller. Bagaimana menurutmu? 

Kontributor: Nur Khasanah
Load More