Yohanes Endra | MataMata.com
Drama Narco-Saints. (allkpop)

Matamata.com - Drama "Narco-Saints" menuai sorotan tajam dan kecaman dari pemerintah Suriname lantaran dianggap menjelekkan imej negara mereka. Produser dari serial original yang dirilis Netflix pada 9 September 2022 ini akan dibawa ke meja hijau.

Menteri Luar Negeri, Bisnis Internasional dan Kerjasama Internasional (BIBIS), Albert Ramdin, mengatakan pada 13 September bahwa dia akan mempertimbangkan tindakan hukum terhadap tim produksi Narco-Saints, melansir situs web pemerintah Suriname.

Menteri Ramdin mengungkapkan ketidakpuasannya terhadap tim produksi dengan menjelaskan bahwa drama garapan sutradara film The Spy Gone North itu telah menodai imej negara mereka. Dalam Narco-Saints, Suriname digambarkan sebagai "negara narkoba."

Baca Juga:
Sinopsis My Fellow Citizens, Drama Choi Siwon dan Lee Yoo Young yang Seru dan Menghibur

Drama Narco-Saints. (allkpop)

Pemerintah Suriname juga akan mengajukan komplain kepada pemerintah Korea Selatan. Ramdin menekankan bahwa kebebasan berekspresi juga penting tetapi harus memiliki batasan.

Lebih lanjut, Ramdin menjelaskan bahwa Suriname bukanlah negara seperti yang digambarkan dalam drama. Mereka merasa tidak terlibat dalam perdagangan narkoba besar-besaran.

Sebagai tanggapan, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dilaporkan memantau situasi setelah menerima laporan melalui kantor diplomatik setempat. Korsel dan Suriname diketahui menjalin hubungan diplomatik pada 1975.

Baca Juga:
9 Potret di Balik Layar Big Mouth, Drama Lee Jong Suk Akan Memasuki Episode Terakhir

"Setelah serial Netflix (Narco-Saints) ditayangkan, pemerintah Suriname belum menyatakan posisinya kepada pemerintah kami. Kami melanjutkan upaya untuk menjaga hubungan persahabatan dengan Suriname," kata pejabat dari Kementerian Luar Negeri Korsel dikutip dari Allkpop, Kamis (15/9/2022).

Drama Narco-Saints. (allkpop)

"Warga Korea yang tinggal di Suriname mungkin menghadapi kesulitan setelah penayangan drama tersebut. Kami akan melakukan yang terbaik untuk keselamatan mereka," ungkap Kedutaan Besar Korsel di Venezuela.

Narco-Saints yang memiliki judul asli Suriname menceritakan tentang warga sipil yang terlibat operasi rahasia Badan Intelijen Nasional dalam upaya menangkap seorang gembong narkoba Korea yang telah mengambil alih Suriname.

Baca Juga:
Kembali Sapa Penggemar, Suho EXO Bintangi Drama Baru 'HIP'

Dalam drama yang dibintangi Ha Jung Woo dan Hwang Jung Min ini, pemerintah Suriname digambarkan sebagai organisasi korup yang membela kejahatan dengan menjadi bekingan bandar narkoba.

Kontributor: Chusnul Chotimah
Load More