Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Rio Febrian di acara Prambanan Jazz Online. (Istimewa)

Matamata.com - Menggantikan Prambanan Jazz Festival yang diundur pada akhir Oktober 2020, pihak Rajawali mengadakan Prambanan Jazz Online, Sabtu (18/7/2020).

Konser musik virtual pertama dengan latar belakangan cagar budaya Candi Prambanan ini berhasil menarik antusiasme penggemar jazz. Prambanan Jazz Online yang berlangsung sekitar 120 menit ini diikuti oleh
kurang lebih dari 20.000 penonton dari rumah.

Founder Prambanan Jazz Festival, Anas Syahrul Alimi, menuturkan setelah sukses digelar selama lima kali, Prambanan Jazz Festival menghadapi tantangan pada tahun keenam. Pandemi Covid-19
mengharuskan orang beradaptasi dengan diri dan lingkungan, termasuk penggunaan masker dan
menjaga jarak.

Baca Juga:
Konser Prambanan Jazz Tak Jadi Adakan Tribute Glenn Fredly, Ini Alasannya

“Prambanan Jazz Online ini sebagai salah satu jawaban dari tantangan itu dengan mengemas konser secara online dan kami juga mengadakan donasi kemanusiaan untuk pekerja event dan seni terdampak pandemi Covid-19,” ujar Anas.

Nah, ada tiga musisi yang mengisi Prambanan Jazz Online ini. Yakni Langit Sore, Frau dan Rio Febrian.

Penasaran seperti apa penampilan mereka. Yuk kepoin!

Baca Juga:
3 Line up Konser Virtual Prambanan Jazz, Rio Febrian, Frau dan Langit Sore

1. Langit Sore

Langit Sore di acara Prambanan Jazz Online. (Istimewa)

Prambanan Jazz Online dibuka dengan penampilan Langit Sore, Duo band yang beranggotakan Arman Harjo dan Kakung Triatmodjo ini membuka perhelatan yang menjadi pra Prambanan Jazz Festival 2020 dengan lagu Jogja dan Kenangan.

Selain lagu pembuka, ada lima lagu lain yang dibawakan band asal Yogyakarta ini, yakni Muda dan Jatuh Cinta, Terpisah Jarak dan Waktu, Aku Cemburu, Senja, dan Rumit.

Baca Juga:
Kenang Glenn Fredly Lewat Konser Online Prambanan Jazz, Kapan Nih?

Arman Harjo dan Kakung Triatmodjo menyapa penonton di rumah selayaknya live concert. Mereka membayangkan penonton tetap berada di depan mereka. Sapaan itu meluncur sebelum mereka menyanyikan lagu ketiga yang judulnya sesuai dengan kondisi saat ini, Terpisah Jarak dan Waktu.

“Tetap semangat dan mari ikut menyanyi bersama kami dari rumah,” ujar Arman dan Kakung.

2. Frau

Baca Juga:
Pandemi Corona, Ini Alasan Prambanan Jazz Festival 2020 Tetap Digelar!

Frau di acara Prambanan Jazz Online. (Istimewa)

Frau alias Lani, musisi jazz asal Yogyakarta, juga membawakan enam lagu dalam Prambanan Jazz Online. Ia membuka penampilannya dengan I'm A Sir.

Lima lagu lainnya adalah Intesity, Intimately, Mesin Penenun Hujan, Negentropy 5 In E Major, Sepasang Kekasih yang Pertama Bercinta di Luar Angkasa, dan ditutup dengan lagu berjudul Arah.

"Saya senang terlibat dalam Prambanan Jazz Online, acara ini juga untuk menggalang donasi bagi temanteman pekerja event, jadi yang punya kocek lebih bisa berdonasi," kata Lani.

3. Rio Febrian

Rio Febrian di acara Prambanan Jazz Online. (Istimewa)

Rio Febrian menjadi artis penutup Prambanan Jazz Online.

Sederet hits dinyanyikannya dalam konser musik virtual ini, Tiada Kata Berpisah, Jenuh, Hanya Hatiku yang Mampu, Ku Ada di Sini, Bukan Untukku, Aku Bertahan, dan Nada Kasih.

"Senang sekali bisa tampil di sini, Prambanan Jazz ini jadi event tahunan, kalau tidak ada Prambanan Jazz belum tentu bisa bertemu dengan teman-teman," kata Rio.

Load More