Linda Rahmadanti | MataMata.com
Ibnu Aventino alias El Ibnu [Rena Pangesti/MataMata.com]

Matamata.com - Sakit stroke hingga diceraikan sang istri membuat El Ibnu putus asa hingga nyaris bunuh diri. 

Beruntungnya, ia ditolong oleh seorang teman dan dititipkan ke panji jompo. 

Hidupnya kini hanya tergantung pada donatur yang memberikan uang. Lantaran ia tidak bisa lagi bekerja, mengingat sebagian anggota tubuh lumpuh.

El Ibnu hanya bisa menggerakan bagian tubuh sebelah kanan, termasuk menggerakan jarinya untuk mengirim pesan. Cara itu dilakukan sebagai komunikasi karena mulutnya tak lagi bisa bicara.

Selain kisah itu, tim Matamata.com merangkum lima fakta lainnya dari kehidupan yang kini dijalani artis bernama asli Noventino Budi Lesmana ini.

1. Raih popularitas tanpa dapat royalti

El Ibnu, mantan vokalis band Elkasih. [Instagram]

Bersama bandnya Elkasih, El Ibnu meraih kesuksesan 12 tahun lalu. Single bertajuk "Kau Tigakan Cintaku" meledak dan membuat grup ini sukses manggung ke berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

Lebih lanjut, El Ibnu menjelaskan bahwa lagu tersebut juga laris menjadi nada sambung telepon. Ironisnya, ia tak mendapatkan apapun dari penjualan tersebut. 

"Ada 8 juta RBT tapi aku tidak mendapatkan apa-apa. Nol rupiah," kata El Ibnu pada 22 Juni 2020.

2. Mengalami tiga kali stroke

Senyum hiasi wajah El Ibnu vokalis band Elkasih saat ditemui awak media di Kawasan Tandean, Jakarta Selatan, Rabu (22/7). [Suara.com/Alfian Winanto]

Perjalanan karier El Ibnu sebagai penyanyi mulai merosot saat dirinya divonis stroke. Peristiwa itu terjadi saat ia dan personel Elkasih manggung di Maroko pada Januari 2015.

Kesehatannya makin menurun saat pria 41 tahun ini mendapat serangan kedua pada Juli di tahun tersebut.

"Efek dari serangan itu, mati rasa sebelah kiri. Akhirnya dirawat di rumah sakit Bandung," papar Ibnu.

Alih-alih sembuh, ia justru kembali mendapat serangan stroke pada Januari 2016 dan mengharuskan dirinya duduk di kursi roda karena sulit berjalan.

Load More