Tinwarotul Fatonah Yuliani | MataMata.com
Kunto Aji. (Matamata.com/Yuliani)

Matamata.com - Kunto Aji menutup acara '17-an Merdeka' dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya di acara streaming yang tayang di platform Video itu.

Sebelum menyanyikan lagu Indonesia Raya, Kunto Aji sempat menyampaikan harapannya untuk Indonesia. Pelantun 'Konon Katanya' itu berharap agar Indonesia bisa melawan dan melewati pandemi Covid-19 ini.

"Dalam memperingati hari kemerdekaan RI, doa kita sampaikan pada yang Maha Kuasa agar bangsa kita diberikan kekuatan, diberikan keselamatan untuk melewati semua ini," kata Kunto Aji, Senin (17/8/2020).

Baca Juga:
Tampil di Wave of Tommorow, Kunto Aji Terharu Penonton Menangis

Kemudian, tanpa instrumen musik apapun ia menyanyikan lagu Indonesia Raya. Ia pun mengajak peenonton virtual ikut bernyanyi.

Penampilan Kunto Aji di UGM Jazz 2018, Sabtu (3/11/2018). (Matamata.com/Bima Sandria)

"Mari kita sama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya," tutup Kunto Aji.

Sebelum menutup acara '17an Merdeka', Kunto Aji sempat menyanyikan 4 lagu dari album terakhirnya, Mantra Mantra. Mulai dari Sudade, Pilu Membiru, Rehat dan Konon Katanya.

Baca Juga:
Tahu Cecep Reza Meninggal Dunia, Kunto Aji: Selamat Jalan Bro!

Selain Kunto Aji, penyanyi Andien juga sempat memeriahkan acara tersebut. Andien juga sempat menceritakan makna kemerdekaan baginya.

"Memang yang namanya kemerdekaan itu adalah hak bagi setiap orang, tapi di dunia seperti sekarang ini, di mana kita dibatasi oleh berbagai macam hal, termasuk limitasi diri kita sendiri, akhirnya kita banyak gagal dalam proses kemerdekaan diri kita sendiri," ujar Andien.

Andien tampil menyanyikan Sahabat Setia, Indahnya Dunia, Gemilang, Milikmu Selalu. Keempatnya ia nyanyikan dari halaman depan rumahnya.

Baca Juga:
Ini Pesan Terakhir Cecep Reza ke Kunto Aji Sebelum Meninggal

Andien juga menyanyikan lagu nasional, Tanah Airku ciptaan Ibu Sud. Ibu satu anak itu pun menjelaskan alasannya memilih lagu tersebut untuk dibawakan.

"Aku harap lagu nasional yang aku bawakan berjudul Tanah Airku ini bisa mempererat kita sebagai masyarakat Indonesia dan bisa memperlebar senyuman kita juga, dan yang pasti, ke mana pun kita pergi, kita pasti ingat yang namanya Indonesia, kalau kita orang Indonesia," tutup Andien.

Sebelum mengakhiri penampilannya, Kunto Aji dan Andien sama-sama berharapa yang terbaik untuk bangsa di HUT RI ke-57 ini.

Baca Juga:
Trending Lirik Lagu Pilu Membiru Milik Kunto Aji

Keduanya juga berharap di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, masyarakat tetap produktif.

Load More