Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Gus Miftah (Youtube.com)

Matamata.com - Gus Miftah membagikan ceramahnya di akun Instagramnya selama bulan Ramadhan. Kali ini, kyai asal Yogyakarta ini membagikan tips sehat ala Rosululloh Nabi Muhammad.

Dalam video berdurasi satu menit lebih 11 detik itu, Gus Miftah menyebutkan kalau Nabi Muhammad junjungan umat Islam selama hidupnya hanya sakit dua kali. Dan bukan penyakit berat.

"Rosululloh itu usianya 63 tahun dan beliau sakit hanya dua kali. Itupun penyakit sederhana, hanya puskesmas (pusing, keseleo dan masuk angin). Nah apa rahasia sehat Rosulullah?" kata Gus Miftah dalam ceramahnya yang diunggah Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga:
Pesan Gus Miftah untuk Atta: Nikah itu Senang, tapi Jangan Senang Nikah

Gus Miftah. (Instagram)

Ternyata rahasia sehat Rosululloh adalah berpuasa. Bukan hanya puasa wajib di bulan Ramadhan namun juga puasa sunah lainnya.

"Berpuasalah kamu maka kamu akan menjadi sehat," bunyi hadits Rosulullah.

Puasa sunah yang dilakukan Nabi Muhammad adalah puasa senin kamis dan puasa daud.

Baca Juga:
Gus Miftah Beri Wejangan untuk Atta dan Aurel, Sampai Bikin Jokowi Tertawa

Gus Miftah kemudian memberikan bukti bahwa puasa membuat orang sehat. Antara lain ketika orang akan operasi dianjurkan untuk puasa.

Di caption postingannya, Gus Miftah juga menyertakan perilaku Rosulullah ketika berbuka puasa.

"Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air."

Video ceramah Gus Miftah ini sudah ditonton lebih dari 30 ribu orang dan ribuan likes.

Load More