Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

Matamata.com - The Souvenir merupakan film bergenre drama yang tayang pada 2019 silam. Film ini disutradarai sekaligus ditulis oleh Joanna Hogg. Tak hanya itu, The Souvenir juga mengangkat cerita dari kisah nyata yang dialami Joanna Hogg saat menempuh pendidikan di sekolah film.

Film semi autobiografi ini diperankan oleh pasangan ibu dan anak, yaitu Tilda Swinton dan Honor Swinton Byrne. Film The Souvenir ini tayang perdana pada Festival Film Sundance yang digelar pada 27 Januari 2019. Setelah itu, pada 17 Mei 2019 film ini ditayangkan di bioskop Amerika Serikat. 

Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

Film drama berdurasi 119 menit ini ternyata mendapat pujian kritis di penayangan perdananya. The Souvenir juga telah membawa beberapa penghargaan sejak penayangannya. Penasaran dengan film semi autobiografi ini? Kepoin sinopsis The Souvenir berikut ini supaya gak penasaran.

Baca Juga:
Sinopsis Afterlife of The Party: Kisah Kehidupan pasca Kematian

Sinopsis The Souvenir

Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

Berlatar pada awal 1980, Julie (Honor Swinton Byrne), seorang mahasiswa perfilman berusia 24 tahun tengah membuat film tentang kehidupan seorang anak laki-laki dan ibunya di Kota Sunderland. 

Julie tinggal di sebuah apartemen yang terletak di Knightsbridge London bersama teman kampusnya. Sang ibu, Rosalind (Tilda Swinton) sesekali mengunjunginya setelah berbelanja. Rosalind selalu meminjamkan uangnya kepada Julie untuk proyek-proyek film yang digarap Julie. Namun, ada alasan lain di balik Julie yang sering meminjam uang pada ibunya saat ia berkunjung ke apartemen Julie.

Baca Juga:
Sinopsis My Name, Drakor Original Netflix Terbaru Dibintangi Han So Hee

Julie lalu bertemu dengan Anthony (Tom Burke) berkat teman kampusnya yang jadi teman satu apartemennya. Anthony merupakan seorang pekerja Kementerian Luar Negeri yang kharismatik dan senang mengontrol. Julie dan Anthony tidak memerlukan waktu lama untuk menjalin kedekatan. Mereka berdua juga tinggal bersama setelah teman kampusnya itu pindah.

Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

Julie dan Anthony juga sering kali menghabiskan waktu bersama, salah satunya saat Anthony mengajak Julie untuk pergi ke Courtauld Collection. Di sana Anthony menunjukkan lukisan karya Jean-Honore Fragonard yang berjudul “The Souvenir”.

Seiring berjalannya waktu, Julie merasakan keanehan pada diri Anthony ketika mereka sudah tinggal di satu apartemen. Di tangan Anthony terdapat bekas luka yang diduga berasal dari jarum suntik. Tak hanya itu, Anthony juga selalu membutuhkan uang tunai yang banyak hingga Julie ikut menanggung biaya hidup Anthony. 

Baca Juga:
Sinopsis Mad Dog, Drakor Action yang Tayang di Netflix September Ini

Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

Julie bahkan kerap meminjamkan uang dengan nominal yang tak sedikit kepada Anthony. Setelah itu, fakta yang mengejutkan akhirnya terungkap. Anthony diketahui sebagai seorang pecandu heroin. Fakta itu diketahui oleh Julie dari kedua temannya. Tak hanya itu, fakta lainnya juga ikut terungkap bahwa Anthony menjalin hubungan dengan tiga wanita sekaligus. 

Pada suatu malam, Julie pulang ke apartemennya. Ia terkejut karena apartemennya telah dibobol dan perhiasannya yang berharga telah hilang. Dalam perjalanannya ke Venesia bersama Anthony, Anthony mengaku bahwa ia yang telah melakukan itu.

Pemain The Souvenir

Baca Juga:
Sinopsis Witch at Court, Jaksa Wanita Mengungkap Kejahatan Seksual

Sinopsis The Souvenir (IMDb/The Souvenir)

The Souvenir menghadirkan Honor Swinton Byrne dan Tom Burke sebagai pemeran utama. Honor Swinton Byrne berperan sebagai Julie, seorang mahasiswi sekolah perfilman. Tom Burke memerankan karakter Anthony, pria yang jadi pacar Julie dan diketahui sebagai seorang pemakai heroin.

The Souvenir juga menampilkan ibu dari Honor Swinton Byrne, yaitu Tilda Swinton. Tilda Swinton berperan sebagai ibu Julie yang bernama Rosalind. Selain itu, hadir banyak pemeran lain yang tak kalah menarik. 

Film The Souvenir ini sangat wajib ditonton bagi para penggemar film bergenre drama, terlebih film yang mengangkat kisah nyata seseorang. Terlebih dengan rahasia-rahasia yang disimpan oleh Anthony yang membuat penasaran para penonton. Penasaran dengan kisah selanjutnya? Jangan lupa tonton The Souvenir, ya!

Kontributor: Agatha Vidya Nariswari
Load More