Kamis, 21 Oktober 2021
Tinwarotul Fatonah : Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:34 WIB

Matamata.com - Rendang, gulai ataupun semur pastinya menjadi makanan favorit banyak orang. Namun terkadang, daging yang keras ketika digigit kerap menjadi masalah. Selain membuat cita rasanya jadi kurang sedap, kita juga bisa tersedak sebab gigitannya yang alot dan besar. Itulah kenapa penting sekali membuat daging jadi empuk.

Memasak daging hingga empuk biasanya membutuhkan waktu lama. Bisa sampai 2 jam lebih. Tapi kalau tahu triknya, kamu enggak perlu waktu lama untuk membuat daging agar empuk. Ada banyak cara membuat daging cepat empuk yang bisa kamu terapkan. Berikut tips and trik nya!

1. Taburkan Garam Laut di Permukaan Daging

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat daging terasa empuk adalah dengan menaburkan garam laut di permukaan daging. Garam bakal membantu menghancurkan protein pada daging sehingga membuatnya terasa empuk. Diamkan daging yang telah ditaburi garam selama sejam. Setelah itu, bersihkan daging pakai air matang. Jika daging sudah dibersihkan, barulah kamu dapat mengolahnya menjadi sajian makanan yang lezat.

2. Rendam Pakai Baking Powder

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Selain buat mengembangkan kue, baking powder juga bisa kamu gunakan untuk membuat tekstur daging terasa empuk. Caranya, cukup rendam daging pakai baking powder yang sudah dicampuri dengan bumbu lain selama semalaman. Teknik ini cocok untuk kamu yang mau membuat sate atau daging lada hitam.

3. Pakai Daun Pepaya

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Daun pepaya mempunyai enzim papain yang mampu membuat tekstur daging jadi lebih empuk. Untuk caranya, remas-remas beberapa helai daun pepaya muda hingga getahnya keluar. Lalu bungkus daging dengan daun tersebut setidaknya selama 30 menit. Jangan lama-lama membungkus daging di daun pepaya, karena khawatir getahnya bakal mempengaruhi rasa pada daging. Kalau sudah selesai, kamu dapat mengolah daging tersebut menjadi hidangan steak ataupun sate.

4. Baluri dengan Nanas, Pepaya, atau Kiwi

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Pepaya, nanas, dan kiwi memiliki kandungan enzim nabati yang dapat melarutkan jaringan ikat dan protein pada daging. Kamu bisa menghaluskan ketiga bahan tersebut menggunakan blender atau cuma memotongnya tipis-tipis. Setelah itu, lumuri daging kurang lebih 1-2 jam. Dijamin, tekstur daging akan terasa empuk tanpa membuat cita rasanya hilang.

5. Pukul-Pukul Daging

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Memukul daging agar terasa empuk sudah menjadi cara jitu yang sering dilakukan banyak orang. Kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk membuat tekstur daging menjadi empuk. Pukul-pukul daging hingga teksturnya jadi empuk dengan alat pemukul khusus daging atau ulekan. Sebaiknya gunakan talenan untuk alasnya supaya daging gak bergeser ketika dipukul. Jangan memukul daging terlalu kencang karena itu bisa membuat sari daging keluar.

6. Masak Daging dengan Api Kecil

Tips Memasak Daging Agar Empuk

Cara satu ini menjadi hal penting yang harus kamu perhatikan ketika mengolah daging. Menurut William Wongso, pakar kuliner, mengatakan ada hal penting dan mendasar saat memasak daging, yakni besarnya tingkat api saat memasak daging. Ketika memasak daging banyak orang yang lebih memilih membesarkan apinya supaya daging cepat matang. Sebenarnya api yang semakin besar, malah akan membuat tekstur daging jadi hancur dan keras, lho. Jadi, pastikan api kompor induksi yang kamu gunakan kecil ya agar tekstur dagingnya lebih lembut serta membuat bumbu meresap sampai ke dalam.

Demikian tips-tips membuat daging cepat empuk yang sudah kita simak sama-sama. Semoga informasi tadi bermanfaat buat pembaca semua.

Nah, untuk mendukung kegiatan memasak agak daging lebih empu, kamu bisa membeli presto daging atau peralatan masak lainnya di Shopee. Shopee menawarkan berbagai kebutuhan dapurmu dengan aman dan terpercaya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan banyak promo menarik dan keuntungan lainnya di Shopee, lho!

Apalagi, seluruh produk peralatan masak dan kebutuhan rumah tangga lainnya dapat dapat kamu beli melalui promo Shopee Cash On Delivery untuk kenyamanan berbelanja online. Layanan Shopee Cash on Delivery melayani pengiriman untuk kota besar seperti Jabodetabek, Jawa Tengah, Bali, NTT, dan masih banyak lagi.

BACA SELANJUTNYA

Pertama Kali Bertemu Kembali, Luna Maya dan Syahrini Ogah Bertegur Sapa