Yohanes Endra | MataMata.com
Cara memulai bisnis online di Shopee untuk pemula. (ilustrasi)

Matamata.com - Shopee sebagai marketplace terbesar dan teramai di Indonesia siap membantumu meraih banyak keuntungan dengan berbisnis online di sana. Kalau kamu ingin terjun menjadi seller atau penjual yang sukses di Shopee, kamu harus simak panduan lengkap dari kami tentang cara memulai bisnis online untuk pemula di sini.

Dalam waktu singkat, kamu bisa mulai mendapatkan pemasukan dari jualan di Shopee sekalipun kamu masih pemula. Baiklah tanpa berpanjang kata lagi, langsung saja simak cara-cara penting memulai bisnis online untuk pemula di Shopee berikut ini.

1. Riset Produk

Baca Juga:
Mayang Gelagapan Ditanya Dodit Mulyanto soal Bisnis Fashion: Belum Briefing?

Sebelum buru-buru membuka toko, kamu perlu mencari tahu dulu produk apa yang akan kamu jual. Kamu bisa melihat-lihat media sosial untuk mengetahui tren terkini.

Riset produk ini penting supaya produk tersebut benar-benar dicari orang dan bisa menarik perhatian pembeli. Perputaran uang pun bisa lancar.

2. Buka Toko di Shopee

Baca Juga:
Ustaz Syam Bongkar Keris Petir Gus Samsudin Beli di Shopee, Ngakak Kenceng!

Setelah kamu tahu akan berjualan apa di Shopee, langkah kedua adalah kamu harus mulai set up atau buka toko di Shopee. Caranya sangat gampang, tinggal kamu download aplikasi Shopee dan daftar jika belum.

Di menu utama ada opsi buka toko, ikuti saja langkah-langkahnya. Hanya dalam 5 menit, toko kamu sudah jadi dan siap memajang produk-produkmu.

3. Rapikan Toko

Baca Juga:
9 Potret Shella Saukia Crazy Rich Banda Aceh, Berawal dari Bisnis Kecil-Kecilan

Setelah buka toko, bukan berarti tugasmu sudah selesai, lho, jangan terburu-buru dulu. Kamu harus merapikan tokomu agar enak dikunjungi pelanggan sehingga kamu sendiri tidak kesulitan mengatur barang-barang dagangan.

Mulailah dari mengkategorikan produk. Jika kamu menjual lebih dari satu produk, misalnya alat-alat kecantikan, perlengkapan berkebun, dan obat-obatan, maka setiap jenis produk itu harus punya kategori sendiri-sendiri.

Kalau kamu campur aduk, pelanggan akan sulit menemukan produk yang tepat untuknya di toko milikmu. Untuk mempercantik tampilan toko, Shopee menyediakan template dan dekorasi cantik yang bisa kamu pakai secara gratis.

Baca Juga:
Asyik! NCT DREAM Siap Comeback di TV Indonesia dalam Shopee Big Ramadan Sale TV Show

4. Atur Produk-produk yang akan kamu jual

Setelah mengatur toko secara umum, kini, saatnya kamu mengatur produk secara individual. Misalnya, kamu menjual produk sepatu.

Maka kamu harus menuliskan deskripsi yang jelas tentang merk dan seri sepatu yang kamu jual. Cantumkan informasi lengkap tentang ukuran, warna, ketersediaan stok, dan kondisinya baru atau bekas.

Semakin jelas deskripsi produk yang kamu sertakan, semakin baik. Calon pembeli tidak perlu bertanya-tanya lagi tentang spesifikasi produk yang kamu tawarkan.

Gunakan foto yang besar dan jelas, kalau bisa sertakan video juga agar semakin jelas. Sertakan juga garansi jika ada dan cara mengklaimnya.

5. Tentukan Harga yang Bersaing

Sudah pasti orang yang berbelanja akan selalu mencari harga termurah, maka kamu pun harus bisa menentukan harga yang bersaing untuk setiap produk milikmu.

Penelitian menyebutkan bahwa 85% calon pembeli akan membandingkan harga dengan seller lain sebelum membeli. Maka sebagai seller kamu harus bisa membuat pricing yang ekonomis. Carilah supplier termurah di sekitarmu.

Promo dan diskon juga merupakan senjata ampuh untuk mengundang calon pembeli. Voucher ini akan ditampilkan di beranda tokomu, dan biasanya syarat untuk mendapatkannya adalah orang harus mem-follow tokomu terlebih dahulu.

Jangan lupa, pelayanan adalah segalanya dalam berbisnis jualan online. Selain harus responsif di DM, seorang seller harus bisa merespon setiap pertanyaan calon pembeli dengan baik dan sabar meski pada akhirnya orang tersebut tak jadi membeli.

Menurut riset Supperoffice.com, 86% pembeli rela membayar lebih mahal untuk mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. Itu semua diawali oleh pelayanan yang ramah dan baik.

Cara memulai bisnis online di Shopee sangat mudah, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di atas yang sudah kami sajikan.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari menjadi seller di Shopee. Mulai dari bebas biaya admin, berpeluang mendapatkan modal usaha sebesar sampai 1 juta rupiah, bisa mengekspor produk ke luar negeri, dan bisa menikmati fitur COD yang aman dan bergaransi.

Jadi, jangan ragu untuk jualan di Shopee dan mulailah sekarang juga!

Load More