Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Film Horor Bertema Religi. (IMDb)

Matamata.com - Dunia perfilman selalu berusaha untuk menghadirkan cerita menjadi sebuah film yang menarik untuk ditonton. Salah satu genre film yang tak ada matinya dan selalu disukai adalah film horor. Alasannya tentu karena film horor bisa membuat jantung berdebar. Apalagi film horor bertema religi.

Film horor bertema religi memasukkan unsur-unsur religius dalam alur ceritanya. Mulai dari ritual keagamaan hingga mitos yang dipercaya ada di dalam satu agama tertentu. Menonton film horor bertema religi bisa membuat penonton jadi ingat untuk berusaha selalu mendekatkan diri pada Tuhan lho.

Sebab selama menonton film itu penonton akan disuguhkan adegan-adegan seram yang mendebarkan tetapi juga dipertontonkan tentang kekuasaan Tuhan. Melalui bagaimana para pemain berlindung pada keyakinannya pada Tuhan yang akan menolong mereka.

Baca Juga:
Sinopsis The Medium, Film Horor Thailand yang Jadi Box Office di Korea

Tak hanya dunia perfilman Indonesia saja yang mengangkat film horor bertema religius. Sineas mancanegara pun banyak yang menggarap tema ini. Lantas apa saja film horor bertema religi? Simak daftarnya berikut ini.

1. Exorcist: The Beginning (2004)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/RabbitReviews)

Film tentang pengusiran setan yang merasuki tubuh manusia ini menjadi salah satu film horor bertema religi paling seram sepanjang masa. Kerasukan setan menjadi isu yang ternyata ada di berbagai agama. Orang yang kerasukan harus ditolong dengan ritual keagamaan, seperti dibacakan doa. Exorcist: The Beginning ini merupakan sekuel dari The Exorcist. Selama nonton film ini doa apa yang kalian baca nih?

Baca Juga:
Sinopsis Aftermath, Film Horor Baru Dibintangi Pemeran Twilight dan X-Men

2. Khurafat (2011)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/fiq000s)

Khurafat merupakan film produksi Negeri Jiran, Malaysia. Film ini menceritakan perjanjian manusia dan setan yang bakal bikin bulu kuduk merinding. Perjanjian yang dilakukan manusia dengan setan ini juga jadi ide cerita yang cukup sering diangkat ke layar lebar. Sebab cerita ini menjadi salah satu hal yang dekat dengan masyarakat. Hal ini karena cerita anonim dari mulut ke mulut tentang janji terlarang tersebut juga sudah lama ada dalam kehidupan beragama masyarakat. Selain mendebarkan, film ini juga akan memvisualisasikan konsekuensi yang bisa didapat oleh mereka yang rela menggadaikan jiwanya pada setan. Serem abis!

3. The Nun (2018)

Baca Juga:
7 Film Horor Terbaik yang Bikin Bulu Kuduk Merinding, Ada The Conjuring

Film Horor Bertema Religi. (IMDb)

Siapa yang tak tahu film The Nun? Film horor ini sangat terkenal karena karakter hantunya yang ikonik. Ya, The Nun menggambarkan hantu biarawati yang sangat menyeramkan. Film ini mengambil latar sebelum The Conjuring. Bagi yang sudah nonton The Conjuring pasti tak asing dengan hantu berpakaian biarawati bukan? Nah, The Nun menceritakan asal usul hantu biarawati yang bernama Valak tersebut.

4. Munafik 2 (2018)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/MD Pictures)

Film ini juga diproduksi oleh sineas Malaysia pada tahun 2018. Film ini adalah lanjutan film Munafik yang tayang pada 2016 silam. Film ini bercerita tentang ibu tunggal, Sakinah yang dihantui oleh sosok pria yang mengaku pemuka agama tapi mengajarkan ajaran sesat. Film ini akan bikin bulu kuduk berdiri. Film ini juga laris di Indonesia lho.

Baca Juga:
4 Film Horor Thailand Terbaik, dari 'The Swimmers' sampai 'Meat Grinder'

5. The Divine Fury (2019)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/Movieclips Indie)

Film Korea tengah digandrungi, salah satu film horor bertema religi dari Korea adalah The Divine Fury yang diperankan oleh Park Seo Joon. Film ini menceritakan tentang seorang petarung MMA yang mendapatkan stigmata di tangannya. Hal ini membuatnya bekerja sama dengan pastur untuk melawan roh-roh jahat.

6. Makmum (2019)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/MD Pictures)

Film horor bertema religi selanjutnya ini datang dari Indonesia. Makmum yang dibintangi oleh Titi Kamal begitu laris di pasaran. Bercerita tentang setan yang selalu mengganggu manusia saat sedang salat. Cerita yang diangkat sangat dekat dengan kehidupan umat Islam. Jadi tak heran kalau film ini membuat penasaran.

7. Roh Fasik (2019)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/RA Pictures)

Masih datang dari dunia perfilman Indonesia. Roh Fasik juga jadi film horor religi yang laris. Film ini dibintangi oleh Evan Sanders, Zaskia Sungkar dan Irwansyah pada tahun 2019 lalu. Film ini bercerita tentang seorang pria yang tak mau mengakui agama dan Tuhannya. Ia pun menjadi orang fasik.

8. Saint Maud (2019)

Film Horor Bertema Religi. (YouTube/A24)

Saint Maud menceritakan kisah tentang seorang mantan penari terkenal bernama Amanda dengan perawatnya yang religius, Maud. Awalnya Amanda tenang karena Maud religius dan rajin berdoa. Hingga suatu hari, Maud memutuskan bahwa jiwa Amanda harus diselamatkan. Hal-hal mistis dan seram mulai terjadi. Film ini sukses bikin jantungan.

9. The Unholy (2021)

Film Horor Bertema Religi. (IMDb)

Film yang rilis tahun 2021 ini menjadi film horor paling seram. Film ini diadaptasi dari novel berjudul Shrine yang terbit pada 1983 karya James Herbert. The Unholy mengisahkan perempuan bernama Alice yang mengaku bisa berkomunikasi dengan Bunda Maria. Kekuatan Alice ini dibalut dengan hal-hal seram dan menakutkan. Kira-kira benarkah kekuatan Alice ini?

Itulah daftar film horor bertema religi yang mendebarkan tapi juga bisa membuat penonton ingat akan Tuhan. Dari 9 film tadi mana yang paling serem dan bikin kalian hafal banyak doa?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More