Ade Wismoyo | MataMata.com
Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Soekarno)

Matamata.com - Sediakan berbagai genre film, Netflix menjadi salah satu platform paling digandrungi saat  ini. Mulai dari genre romantis, horror, thriller, hingga sejarah semuanya ada. Genre sejarah merupakan salah satu yang paling banyak peminatnya. 

Pasalnya, selain bisa dijadikan hiburan, film sejarah juga dapat dijadikan media belajar mengenai kisah di masa lalu. Meskipun bagian dari masa lalu, mempelajari sejarah juga cukup penting. Terutama agar kita tidak mengurangi kesalahan yang dilakukan para pendahulu kita. 

Buat kamu yang mau belajar sejarah dengan asik, wajib banget nih nonton film berikut ini. Dibalut dengan cerita yang menarik dan mudah dicerna, inilah sederet rekomendasi film Netflix bertema sejarah. Penasaran? Yuk, langsung cek daftarnya.

Baca Juga:
Jika Tak Mau Lakukan Tes DNA, Rezky Aditya Bakal Terancam Dipidana

1. The Last Thing He Wanted(2020) 

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/The Last Thing He Wanted)

The Last Thing He Wanted merupakan film rekomendasi Netflix yang berlatar sejarah. Film ini mengisahkan Elena McMahon, seorang jurnalis Atlantis Post yang melarikan diri dari El Salvador. 

Pelarian tersebut ia lakukan bersama dengan rekan sesama jurnalisnya, Alma Guerrero pada tahun 1982. Dua tahun setelahnya, Elena menyuruh editornya untuk kembali fokus pada keterlibatan Amerika Tengah dalam politik Amerika Latin. Film ini menggambarkan seorang jurnalis yang memiliki dedikasi tinggi terhadap pekerjaan serta keluarganya. 

Baca Juga:
Paspor Ditahan Suami, Rohimah Hubungi Kedubes Agar Dibantu Pulang ke Indonesia

2. The Trial of the Chicago 7(2020)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/The Trial of the Chicago 7)

Film Netflix kedua berlatar sejarah adalah The Trial of the Chicago. Ceritanya diambil dari kisah nyata yang terjadi di Chicago pada tahun 1968. Kala itu, ada sebuah aksi protes damai yang dilakukan oleh sejumlah orang yang menyatakan dirinya sebagai Chicago 7. 

Tujuan protes tersebut adalah menuntut pemerintah agar menghentikan perang Amerika Serikat dan Vietnam. 

Baca Juga:
Citra Kirana Bersuara soal Masa Lalu Rezky Aditya: Menerima Aja Sih

3. The Irishman (2019)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/The Irishman)

The Irishman berlatar kisah sejarah yang terjadi pada tahun 1950 silam. Film ini menceritakan para gangster yang merupakan veteran perang Dunia II bernama frank Sheeran. Saat waktunya pensiun, ia justru kembali ke masa kelamnya saat bergabung di sindikat kriminal. 

Frank mengenang berbagai kejadian yang pernah dilakukannya, termasuk pembunuhan pertama serta penembakan John F Kennedy. 

Baca Juga:
6 Film yang Disutradarai Karan Johar, Sutradara Kuch Kuch Hota Hai Genap Berusia 50 Tahun

4. Extraction (2020)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Extraction)

Dibintangi oleh Chris Hemsworth, Extraction bercerita tentang seorang tentara bayaran bernama Tyler Rake. Film ini merupakan adaptasi novel berjudul Ciudad karya Ande Parks, Joe Russo, Anthony Russo, Fernando Leon Gonzalez, dan Eric Skillman. 

Tyler diiming-imingi hadiah 10 juta dollar jika berhasil menyelesaikan misi khusus menyelamatkan seorang anak bernama Ovi Mahajan. 

5. Operation Finale(2018) 

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Operation Finale)

Mengangkat kisah sejarah saat perang Dunia II berlangsung, Operation Finale wajib banget ditonton. Film ini menceritakan keadaan usai perang berakhir dimana dalang Holocaust Adolf Eichmann menghilang. 

Sementara pemimpin Nazi yang lain bunuh diri sehingga tidak ada yang diadili atas kejahatan yang mereka lakukan. Beberapa tahun berlalu, seorang Agen bernama Peter Malkin salah membunuh orang saat memburu penjahat Nazi. Kesalahan itupun membuat reputasinya rusak. 

6. Outlaw King (2018) 

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Outlaw King)

Film rekomendasi Netflix lain bergenre sejarah adalah Outlaw King. Berkisah tentang Robert the Bruce, Raja Skotlandia abad ke-14 yang memancarkan perang gerilya melawan Inggris. Sebagian besar cerita di film ini berlangsung selama periode sejarah tiga tahun. 

7. Soekarno(2013)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Soekarno)

Beralih ke film sejarah karya anak bangsa, ada Soekarno yang dirilis pada tahun 2013 lalu. Dibintangi para aktor kenamaan tanah air, film ini menceritakan kisah perjuangan Soekarno selama masa kepemimpinannya. Termasuk momen kemerdekaan Indonesia yang berhasil direbut dari cengkeraman Kolonial Belanda. 

8. Banda the Forgotten Trail (2017)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Banda: the Dark Forgotten Trail)

Masih seputar sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, film ini berlatar berabad silam ketika rempah menjadi komoditas utama Kepulauan Banda. Saking berharganya nilai rempah,  penjajah eropa pun tergiur untuk menjajah Tanah air alih-aluh berdagang. 

9. Gie(2015)

Film Netflix Berlatar Sejarah(IMDb/Gie)

Diperankan oleh aktor tampan Nicholas Saputra, Gie mengisahkan perjuangan aktivis Indonesia bernama Soe Hok Gie yang hidup pada Masa rezim Soeharto. Gie adalah seorang mahasiswa keturunan Tionghoa yang hidup di Jakarta. 

Besarnya rasa cinta tanah air yang ia miliki, membuatnya berusaha melawan ketidakadilan dengan mengkritisi pemerintah. 

Nah, itu dia sederet film berlatar sejarah yang bisa ditonton di Netflix yang nggak cuma menghibur, tapi juga bermanfaat. 

Kontributor: Nur Khasanah
Load More