Ade Wismoyo | MataMata.com
Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Matamata.com - Film Lightyear seharusnya tayang di Indonesia mulai Kamis (16/6/2022). Namun Lightyear dilarang tayang di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Selain Lightyear, sejumlah film produksi luar negeri juga pernah dilarang tayang di Indonesia. Apa penyebabnya? Simak dalam ulasan film yang dilarang tayang di Indonesia berikut ini.

1. Lightyear (2022)

Baca Juga:
Kena Sentil Susi Pudjiastuti, Deddy Corbuzier Diminta Olahraga Luar Ruang: Takut Otot Memuai

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Film Lightyear yang menampilkan karakter Buzz seperti di film Toy Story dilarang tayang di Indonesia dan 14 negara lainnya seperti Arab Saudi, Mesir, Malaysia, Kuwait, hingga Lebanon. Rupanya film Lightyear banyak dilarang karena menyuguhkan cerita seorang penjaga ruang angkasa wanita yang menikah dengan seorang wanita. Cerita sesama wanita tersebut juga menampilkan adegan ciuman singkat.

2. Fifty Shades of Grey (2015)

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Lembaga Sensor Film Indonesia pun melarang film Fifty Shades of Grey karena adegan seks yang terlalu vulgar. Selain itu, terdapat pula laporan tindak kejahatan pemerkosaan di beberapa negara yang timbul karena menonton film Fifty Shades of Grey. Namun, penonton Indonesia kini bisa menyaksikan film yang dibintangi Dakota Johnson tersebut melalui platform Netflix.

Baca Juga:
Denise Chariesta Komen Nyeleneh usai Dipolisikan Razman Nasution: Kemarin Bilang Mau Nikahin Aku

3. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Bukan hanya film luar negeri, garapan anak bangsa pun ada yang dilarang tayang di Indonesia. Film Kucumbu Tubuh Indahku dicekal di beberapa kota di Indonesia, salah satunya Depok. Alasan pencekalan itu terkait perilaku penyimpangan seksual yang dihadirkan dalam film Kucumbu Tubuh Indahku. Di sisi lain, film Kucumbu Tubuh Indahku justru memboyong sederet penghargaan, baik Piala Citra maupun Piala Maya.

4. Pocong (2006)

Baca Juga:
Sivia Azizah Resmi Menikah, Aksi Ria Ricis Bikin Netizen Ngilu

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Selain Kucumbu Tubuh Indahku, film horor Indonesia Pocong juga dilarang tayang oleh Lembaga Sensor Film. Di antara alasan pelarangan tersebut lantaran mengandung adegan sadis, pemerkosaan brutal, serta membuka luka lama kerusuhan yang mengundang unsur suku, ras, agama, dan budaya.

5. The Interview (2014)

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Film The Interview tak hanya dilarang tayang di Indonesia, tapi juga berbagai negara di dunia terutama Korea Utara. Pasalnya film The Interview dinilai mengisahkan alur yang menyakiti Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, sehingga dianggap sebagai bentuk terorisme. Bahkan Korea Utara mengancam akan melakukan serangan balik apabila Amerika Serikat menayangkan film The Interview.

Baca Juga:
Sivia Azizah Menikah, Dugaan Dijodohkan Langsung Dibantah Seorang Rekan

6. Suspiria (2018)

Film yang Dilarang Tayang di Indonesia (IMDb)

Suspiria berkisah tentang para penari yang sukses mendapat banyak penghargaan. Namun Lembaga Sensor Film Indonesia melarang penayangan Suspiria pada 2018 silam. Alasannya, Suspiria banyak mengandung adegan kekerasan serta yang berbau seksual.

Nah itu dia film-film yang dilarang tayang di Indonesia dengan berbagai alasan yang melatarbelakanginya. Bagaimana pendapatmu?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More