Nur Khotimah | MataMata.com
Rekomendasi Film tentang Sekte. (Instagram/pengabdisetanofficial)

Matamata.com - Bukan hanya hantu yang bisa bikin merinding saat ditonton. Sejumlah film bertema sekte atau aliran yang dianggap sesat juga tak kalah seram. Bahkan film yang mengusung tema sekte ini dianggap lebih menyeramkan dan menegangkan dibandingkan horor hantu.

Sekte sesat yang umumnya memperlihatkan pengaruh kuat dari sosok pimpinan ini nyatanya sangat diminati oleh pencinta film. Tangan dingin para sineas berhasil membuat bulu kuduk penonton meremang dengan kengerian yang disuguhkan dari setiap ritual yang dipraktikkan oleh pengikut sekte.

Ada cukup banyak film tentang sekte yang bisa masuk dalam list wajib tontonan pecinta film. Mulai dari film Indonesia sampai Barat pernah mengangkat kisah sekte sebagai tema utama. Lantas apa saja film tersebut? Simak langsung daftar rekomendasi film tentang sekte yang sudah MataMata.com himpun berikut.

Baca Juga:
Suara Lucinta Luna Tak Berubah usai Operasi, Netizen Usil: Wah Balik Oplas Lagi Nih Nanti

1. Rumah Dara (2009)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (IMDb)

Dibintangi Shareefa Daanish, Rumah Dara sukses membuat penonton merinding sepanjang film. Karya sineas Tanah Air ini menceritakan sebuah keluarga gemar memakan daging manusia demi awet muda. Mereka menjebak orang asing untuk masuk ke rumah mereka untuk dijadikan mangsa.

2. Pintu Terlarang (2009)

Baca Juga:
Nyesek Banget! Jessica Iskandar Kenang Momen Saat Beli Mobil Mini Cooper: Sekarang Nggak Tahu di Mana

Rekomendasi Film tentang Sekte. (IMDb)

Tangan dingin Joko Anwar tak usah diragukan lagi saat meramu film. Lewat film Pintu Terlarang, Joko Anwar mengajak penonton melihat aksi klub bernama Herosase yang jadi tempat menonton bermacam rekaman adegan keji dan bengis.

3. Pengabdi Setan (2017)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (Instagram/pengabdisetanofficial)

Film yang musim keduanya baru tayang di bioskop ini menjadi film tentang sekte paling seram di era modern. Pertama rilis pada tahun 2017 silam, sosok Ibu berhasil membuat semua penonton ketakutan dengan aksinya.

Baca Juga:
6 Fakta Joo Hyun Young, Besti Woo Young Woo di 'Extraordinary Attorney Woo'

4. Hereditary (2018)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (IMDb)

Menceritakan sebuah keluarga yang hidup normal tapi perlahan mengalami berbagai keanehan. Rupanya mereka tinggal tak jauh dari sebuah sekte sesat yang mempraktikan ritual mengerikan.

5. Lord of Chaos (2018)

Baca Juga:
Raffi Ahmad Minta Izin Nagita Slavina untuk Bayari Utang Marshanda, Sikap Irfan Hakim Disorot: Kompor Banget

Rekomendasi Film tentang Sekte. (IMDb)

Film ini mengisahkan kisah kelam dari grup musik metal anak-anak muda di Norwegia yang merupakan penyembah setan. Kengerian yang ditawarkan dalam film Lord of Chaos bahkan sampai menimbulkan pro dan kontra di kalangan penonton.

6. Apostle (2018)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (Netflix)

Netflix kembali merilis film dengan tema sekte berjudul Apostle. Berkisah tentang seorang gelandangan yang berusaha menyelamatkan adik perempuannya. Sang adik diculik oleh sekte agama sesat di sebuah pulau terpencil.

7. Midsommar (2019)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (IMDb)

Mengangkat isu sekte sesat yang ada di desa terpencil di Swedia, Midsommar menyajikan kengerian di tengah liburan yang dilakukan oleh pemainnya. Pasalnya penduduk desa tersebut rela mengorbankan manusia untuk persembahan bagi sesembahan mereka.

8. A Classic Horror Story (2021)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (Netflix)

Bergenre thriller, A Classic Horror Story adalah film Italia tentang sekelompok orang yang tersesat di hutan. Mereka diculik oleh anggota sekte sesat yang tinggal jauh di dalam hutan.

9. Incantation (2022)

Rekomendasi Film tentang Sekte. (Netflix)

Incantation adalah film Taiwan yang berhasil mendulang kesuksesan besar sampai didapuk jadi film terseram sepanjang masa. Mengisahkan Li Rou Nan (Tsai Hsuan Yen) seorang ibu yang ingin menyelamatkan putrinya dari kutukan mengerikan. Sebagai akibat dari pelanggaran terhadap sebuah sekte sesat yang tak sengaja ia lakukan.

Itu tadi beberapa rekomendasi film tentang sekte yang kisahnya lebih seram dan menegangkan daripada film horor. Aliran sesat keagamaan menjadi salah satu tema yang menarik dan diminati. Selain alur yang menegangkan, aksi bengis dan kejam penganutnya juga selalu sukses bikin merinding. Dari daftar film tadi mana yang paling seram menurutmu?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More