Yohanes Endra | MataMata.com
Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Matamata.com - Pecinta film horor dan thriller utamanya karya Joko Anwar wajib nonton film lain yang digarapnya yang nggak kalah menegangkan dari Pengabdi Setan

Tangan Dingin Joko Anwar berhasil mengguncang bioskop dengan sekuel Pengabdi Setan 2: Communion. Film kedua Pengabdi Setan telah berhasil mencetak rekor baru bahkan sejak hari pertama tayang. Hanya dalam waktu 10 hari Pengabdi Setan 2: Communion telah ditonton lebih dari 4 juta orang.

Tak ayal banyak yang memprediksi film yang dibintangi Tara Basro ini akan bisa mengalahkan rekor KKN di Desa Penari. Bukan tidak mungkin pula, Pengabdi Setan 2 akan meraih gelar film paling laris sepanjang masa. Ketegangan yang ditawarkan oleh Joko Anwar lewat kisah Rini dan keluarganya memang begitu nyata. Sampai membuat merinding penonton yang menontonnya.

Baca Juga:
Plot Cerita Pengabdi Setan 2 Tuai Pro Kontra, Joko Anwar Beri Reaksi Tak Terduga

Duologi Pengabdi Setan memiliki banyak penggemar yang kemudian jatuh hati pula pada karya-karya lain dari Joko Anwar. Penulis dan sutradara ini memang sudah melahirkan beberapa karya ciamik yang wajib masuk dalam list tontonan pecinta film horor. Nah, buat penggemar Film Pengabdi Setan ada beberapa karya lain dari Joko Anwar yang tak kalah seru. Langsung saja kulik daftar rekomendasi film untuk penggemar Pengabdi Setan lewat ulasan berikut.

1. Kala (2007)

Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Film yang dirilis perdana pada 2007 silam ini menjadi film noir pertama Indonesia. Mengambil latar tahun 1950-an, Kala menceritakan kisah Janus (Fachri Albar) seorang polisi dan wartawan bernama Eros (Ario Bayu). Mereka berusaha mengungkap kasus pembakaran yang menewaskan beberapa korban. Penyidikan mereka buntu, hingga muncul banyak kejanggalan dalam kasus pembunuhan tersebut. Termasuk ditemukannya tape recorder berisi rekaman tembang Jawa yang mistis yang seolah terus meminta korban.

Baca Juga:
Muzakki Ramdhan Baru Boleh Nonton Pengabdi Setan 2 Hari Ini, Apa Alasannya?

2. Pintu Terlarang (2009)

Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Bergenre gore Pintu Terlarang mungkin akan membuat penonton tidak nyaman karena banyak adegan sadis dan berdarah dalam sepanjang film. Berkisah tentang Gambir (Fachri Albar), pemuda yang memiliki pendirian lemah. Ia adalah pematung yang kerap memasukkan janin hasil aborsi ke dalam patung perempuan hamil yang dibuatnya. Semua itu karena paksaan sang istri Talyda (Marsha Timothy). Suatu hari ia menemukan pintu terlarang yang tak diizinkan dibuka oleh Talyda. Pintu itu memiliki tulisan Herosase yang merupakan klub mengerikan dan keji. Sepanjang film, penonton akan dibuat ngeri dengan adegan keji penuh darah. Plot twist dalam film ini sangat layak untuk dinanti dan pastinya sangat tak terduga.

3. Modus Anomali (2012)

Baca Juga:
6 Film yang Dibintangi Asmara Abigail, Terbaru Pengabdi Setan 2: Communion

Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Dibintangi Rio Dewanto sebagai John Evans, Modus Anomali atau dikenal juga dengan judul Ritual menceritakan sosok Evans yang terbangun di dalam hutan. Ia kehilangan ingatannya dan tidak tahu apa yang ia lakukan atau alami sampai bisa berada di hutan. Di tengah kebingungannya Evans mendapat sebuah rekaman pembunuhan sadis yang terjadi di sebuah kabin. Evans merasa takut dan terancam dengan sosok pembunuh kejam itu. Namun, kejanggalan mulai terjadi dalam diri Evans hingga membuat ragu Evans sendiri siapa pembunuh bengis tersebut.

4. A Copy of My Mind (2015)

Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Joko Anwar mengangkat film drama setelah 10 tahun tidak menggarap genre tersebut. Lewat film A Copy of My Mind Joko Anwar membius penonton dengan alur cerita ciamik dan tak terduga. Sekilas film ini mungkin dianggap sebagai film romansa, tapi anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Walau memang film ini menceritakan kisah cinta pegawai salon dengan penerjemah subtitle DVD bajakan. Tapi film ini mengambil isu politik yang cukup berat tentang aib dari seorang calon presiden. Dibintangi Tara Basro dan Chicco Jerikho, film ini memang tak sesadis film sebelumnya, tapi tak kalah menegangkan dan seru.

Baca Juga:
Joko Anwar Bongkar Proses Syuting Adegan Rusun Banjir di Pengabdi Setan 2, Marvel Bisa Apa?

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Rekomendasi Film untuk Penggemar Pengabdi Setan. (IMDb)

Tara Basro kembali menjadi artis yang membintangi film garapan Joko Anwar selanjutnya. Ia menjadi Maya seorang perempuan yang mencoba mencari asal-usulnya dengan kembali ke kampung halamannya. Desa kelahiran Maya adalah desa terkutuk yang menunggu Maya untuk bisa menebus kutukan tersebut. Perempuan Tanah Jahanam berhasil memboyong enam piala citra dalam gelaran Festival Film Indonesia 2020 lalu. Film yang tayang di Festival Film Sundance Amerika ini juga mengantar Joko Anwar jadi meraih gelar Sutradara terbaik.

Itulah beberapa rekomendasi film untuk penggemar Pengabdi Setan yang juga digarap oleh Joko Anwar. Film tadi menawarkan ketegangan yang begitu intens sepanjang film walau tidak semuanya menghadirkan sosok hantu di dalamnya.

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More