Yohanes Endra | MataMata.com
Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Matamata.com - Masyarakat Indonesia sedang merayakan HUT RI ke-77 hari ini, Rabu (17/8/2022). Perayaan kemerdekaan kembali mengingatkan kita akan nasionalisme, yakni paham tentang kesetiaan terhadap negara, yang penting untuk selalu dipupuk.

Berbagai cara dilakukan masyarakat Indonesia untuk merayakan HUT RI, mulai dari mengikuti upacara bendera, lomba, karnaval, atau bisa juga menonton film. Oleh sebab itu, redaktur MataMata.com akan merekomendasikan film bertema nasionalisme, simak ulasannya yuk!

1. Garuda di Dadaku (2009)

Baca Juga:
Cinta Laura Rayakan Ulang Tahun Ke-29 Tepat saat HUT RI 17 Agustus, Sang Ibu Tulis Doa Indah!

Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Film "Garuda di Dadaku" bisa disaksikan ulang di Netflix. "Garuda di Dadaku" menceritakan tentang anak SD bernama Bayu yang bercita-cita menjadi pemain sepak bola. Cita-cita Bayu dihalangi sang kakek yang menganggap pemain sepak bola identik dengan kemiskinan. Namun Bayu tidak pantang menyerah hingga diterima menjadi bagian dari Timnas U-13.

2. Kadet 1947 (2021)

Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Masih di Netflix, "Kadet 1947" juga merupakan film bertema nasionalisme. Film yang dibintangi Bisma Karisma dan Kevin Julio tersebut berlatar tahun 1947 saat Indonesia dan Belanda melakukan Perundingan Linggarjati. Namun Belanda melanggar senjata hingga sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara ikut berambisi menjaga Indonesia.

Baca Juga:
Krisdayanti Rayakan HUT RI Ke-77, Gayanya Berkebaya dan Foto bareng Puan Maharani Banjir Pujian!

3. Di Balik 98 (2015)

Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Seperti judulnya, film "Di Balik 98" menggambarkan tragedi kerusuhan akibat krisis moneter hingga kehilangan keluarga. Chelsea Olivia berperan sebagai karakter Diana yang terlibat demo penurunan presiden. Sedangkan Boy William sebagai Daniel paling terdampak karena keturunan Tionghoa. "Di Balik 98" juga dapat disaksikan di Netflix.

4. Bumi Manusia (2019)

Baca Juga:
7 Pemain Ikatan Cinta Rayakan HUT RI, Glenca Chysara - Rendi Bak Prangko

Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Menikmati film sejarah seperti "Bumi Manusia" untuk merayakan HUT RI kali ini juga tidak salah. Film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan tersebut mengisahkan awal Indonesia dijajah Belanda. Iqbaal berperan sebagai Minke, pemuda pribumi yang diperbolehkan bersekolah di HBS. Pada zaman itu, masyarakat dibagi menjadi banyak golongan dan pribumi adalah kelas rendahan. Tonton "Bumi Manusia" di Netflix.

5. Merah Putih (2009)

Film Bertema Nasionalisme (IMDb)

Di Vidio, film "Merah Putih" yang rilis pada 13 Agustus 2009 kembali dapat disaksikan. Film "Merah Putih" menggambarkan peristiwa Agresi Militer Belanda I di Jawa Tengah. Persahabatan 5 kadet dari berbagai suku bangsa yang mengikuti latihan militer ditampilkan. Namun mendadak kamp latihan militer mereka diserang tentara Belanda.

Baca Juga:
Masker Cinta Laura saat Rayakan HUT RI Disorot, Faktanya Terungkap

Nah itu dia film-film rekomendasi untuk merayakan HUT RI ke-77. Sudah nonton semua guys?

Kontributor: Neressa Prahastiwi
Load More