Yohanes Endra | MataMata.com
Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Matamata.com - Sekarang ini genre film maupun series hasil karya sineas Indonesia semakin beragam. Ceritanya pun tak kalah menarik untuk diikuti. Bahkan ada pula yang alur ceritanya diambil dari sebuah cerita viral yang tersebar di media sosial.

Akhir-akhir ini, sosial media memang seolah menjadi tempat paling banyak digunakan para pengguna internet. Tidak heran jika wadah satu ini kerap dimanfaatkan untuk membagikan serta memperoleh informasi terkini.

Tak sedikit yang menggunakan media sosial sebagai ajang curhat maupun berbagi cerita menarik. Nah, nggak cuma viral di media sosial, beberapa cerita bahkan dibuat menjadi sebuah film maupun series, lho.

Baca Juga:
10 Potret Luna Maya di Red Sea Film Festival, Ketemu Shah Rukh Khan

Penasaran apa saja film dan series Indonesia adaptasi cerita viral? Simak daftarnya berikut ini!

1. KKN di Desa Penari

Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Sebelum diangkat menjadi film layar lebar, cerita KKN di Desa Penari sempat viral di sosial media. Cerita tersebut berawal dari sebuah cuitan dari akun anonim di Twitter bernama Simpleman.

Baca Juga:
Seram! 6 Fakta Film Sewu Dino yang Dibintangi Mikha Tambayong dan Rio Dewanto

Nggak cuma viral, filmnya bahkan turut menuai kesuksesan yang luar biasa. Cerita yang diangkat pun menjadi perbincangan, lantaran dugaan didasarkan pada kisah nyata.

2. Layangan Putus

Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Sempat bikin heboh para pengguna media sosial, Layangan Putus diangkat dari kisah nyata, lho. Ceritanya pun bermula dari sebuah curhatan di Facebook.

Baca Juga:
6 Potret Terkini Sahabat Sherina di Film Petualangan Sherina, Alyssa Soebandono Makin Kurus

Sebelum diangkat menjadi web series, cerita ini bahkan ditulis menjadi novel karya Mommy ASF. Selain ceritanya yang menarik, akting Reza Rahardian, Putri Marino, dan Anya Geraldine.

3. Dikta & Hukum

Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Kisah cinta antara Nadhira dan Dhikta juga sempat bikin baper warganet. Cerita yang viral di Twitter dan TikTok ini bermula dari cerita AU.

Baca Juga:
9 Film Indonesia Tayang Desember 2022, Ada KKN di Desa Penari: Luwih Dowo Luwih Medeni

Dalam versi AU sendiri, Dhikta merupakan perwujudan dari salah satu anggota boyband asal Korea Selatan, yakni Doyoung NCT. Berkat popularitas yang diraihnya, cerita inipun diadaptasi menjadi sebuah serial.

4. Keluarga Tak Kasat Mata

Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Film bergenre horror satu ini juga berawal dari sebuah utas populer di KASKUS. Cerita yang dibagikan oleh Bonaventura D Genta ini bahkan sempat mendapatkan lebih dari 11 juta klik.

Usai diterbitkan menjadi sebuah novel horror, akhirnya Max Pictures memutuskan untuk memboyong ceritanya ke bioskop.

5. Sewu Dino

Film dan Series Indonesia Adaptasi Cerita Viral (IMDb)

Setelah KKN di Desa Penari, salah satu utas milik Simpleman ini juga bakal segera tayang di bioskop. Sewu Dino sendiri merupakan sebuah cerita horror yang artinya Seribu Hari.

Sebelum dijadikan film, cerita viral ini juga sempat dibuat versi novelnya. Untuk versi layar lebarnya, Sewu Dino bakal dibintangi oleh Mikha Tambayong, Rio Dewanto, Marthijo Lio, dan Karina Suwandi.

Dari sederet judul film dan series Indonesia adaptasi cerita viral di atas, adakah favoritmu?

Kontributor: Nur Khasanah
Load More