Nur Khotimah Yazir Farouk | MataMata.com
Denny Sumargo. (Instagram/sumargodenny)

Matamata.com - Denny Sumargo membagikan video ziarah ke makam almarhum ayahnya, Haji Nazar Chang bin Bandaro. Meski beda agama, Denny Sumargo mendoakan ayahnya sesuai cara muslim. Ia bahkan mengaku hafal surat Al Fatihah demi bisa mendoakan ayahnya.

"Kalau buat yang tahu, kenapa gue hafal doa Al Fatihah karena gue biasain doain bapak gue dengan Al Fatihah juga walaupun gue non (non muslim). Ada juga dengan cara gue," imbuhnya.

"Karena menurut gue, setiap doa itu ada niat baik dari hati. Caranya mungkin beda-beda, tapi gue percaya Tuhan melihat hati orang," lanjut Denny Sumargo.

Baca Juga:
Beda Agama, Denny Sumargo Antusias Ziarah ke Makam Ayah: Aku Hafal Al Fatihah Biar Bisa Doain Beliau

Lantas, bagaimana hukumnya non muslim membacakan Al Quran?

Pengasuh Lembaga Pengembangan Da'wah dan Pondok Pesantren Al-Bahjah Prof. KH.Yahya Zainul Ma'arif atau yang dikenal Buya Yahya pernah menjawab pertanyaan serupa. Si penanya bertanya bagaimana hukum orang non-muslim bersalawat, apakah diterima Allah atau tidak.

Saat menjawab pertanyaan tersebut, Buya Yahya juga menyinggung hukum non-muslim yang membaca Alquran.

Baca Juga:
Denny Sumargo Izin Mau Poligami, Reaksi sang Istri Tak Terduga: Bravo Sekali Jawabannya

"Jika ada orang non-muslim, jangankan membaca salawat, membaca Alquran, hafal Alquran sekalipun, mengumandangkan dengan suara yang merdu, tetapi setelah membaca Alquran dia (masih) menuhankan selain Allah, maka semua bacaannya tidak ada artinya," kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV, Selasa (21/6/2023).

Buya Yahya melanjutkan, apa yang dilantunkan orang tersebut hanya sekadar menjadi bacaan. Sehingga, tak ada nilai atau pahala yang didapat.

"Karena itu sekadar bacaan bagi dia, bukan sebuah keyakinan. Karena apa? Setelah dia melantunkan itu semuanya, tetap kembali kepada keyakinannya dan dia di saat membacapun dalam keyakinannya," pungkas Buya Yahya.

Baca Juga:
Denny Sumargo Ikut Dicolek Kakak Virgoun, Dengan Senang Hati Undang ke Podcast

Load More