Ade Wismoyo | MataMata.com
Sinopsis The Human Centipede. (IMDb)

Matamata.com - Pembahasan mengenai film The Human Centipede yang perdana tayang pada tahun 2009 silam mendadak marak di media sosial belum lama ini. Ternyata alasan viralnya film tersebut karena dikabarkan jika calon wakil presiden, Gibran Rakabuming Raka menyukainya.

Warganet merasa kaget mendengar kabar tersebut mengingat sinopsis The Human Centipede berkisah tentang seorang ilmuwan psikopat yang punya eksperimen gila. Film ini sendiri memadukan kengerian dan adegan sadis serta gore yang bisa bikin mual. Di lain sisi banyak pula yang penasaran dengan alur cerita serta jajaran pemainnya.

Nah, buat kamu yang juga kepo dengan film yang diduga disukai oleh Gibran itu, simak dulu sinopsis The Human Centipede lengkap dengan daftar pemainnya.

Baca Juga:
Dibintangi Benedion dkk, Berikut Sinopsis Film Agak Laen

1. Sinopsis The Human Centipede

Sinopsis The Human Centipede. (IMDb)

The Human Centipede merupakan film Belanda bergenre horror dan gore yang digarap oleh Tom Six. Kisahnya adalah tentang seorang ahli bedah gila berkebangsaan Jerman bernama Josef Heiter. 

dr. Heiter yang sudah pensiun mulai merencanakan untuk mewujudkan pemikirannya tentang kehidupan makhluk hidup di masa depan. Dia ingin menyatukan sejumlah makhluk hidup menjadi satu kesatuan baru. Percobaan pertamanya dimulai dengan menyatukan tiga anjing dari mulut ke anus.

Baca Juga:
Sinopsis Film Bu Tejo Sowan Jakarta, Aksi Sang Ibu Menggagalkan Pernikahan Anak Sendiri

Percobaan tersebut gagal dan anjing-anjing tersebut mati secara mengenaskan. Tak patah arang, dr. Heiter akhirnya memutuskan menggunakan manusia sebagai objek percobaannya. Baginya Manusia adalah organisme yang punya tingkat ketahanan hidup tinggi.

Ia menculik tiga orang turis yaitu Lindsay dan Jenny, serta Katsuro. dr. Heiter lalu menjahit ketiganya dari mulut ke anus untuk membuat 'human centipede' alias 'manusia kelabang'. Percobaannya ini diawali dari keyakinannya bahwa di masa depan, manusia dapat hidup dengan memakan ekskresi atau kotoran manusia lain.

2. Pemain The Human Centipede

Baca Juga:
Debut Iqbaal Ramadhan Jadi Produser, Ini Sinopsis Film Perayaan Mati Rasa

Sinopsis The Human Centipede. (IMDb)

The Human Centipede disutradarai dan naskahnya ditulis oleh sinesa asal Belanda, Tom Six. Ia menggaet sejumlah aktor sebagai pemain film garapannya yaitu:

Dieter Laser sebagai dr. Josef Heiter

Ashley C. Williams sebagai Lindsay 

Baca Juga:
Sinopsis Film Suami yang Lain, Dibintangi Acha Septriasa hingga Morgan Oey

Ashlynn Yennie sebagai Jenny 

Akihiro Kitamura sebagai Katsuro 

Rene de Wit sebagai Sopir Truk 

Andreas Leupold sebagai Detective Kranz

Peter Blankenstein sebagai Detective Voller

3. Fakta The Human Centipede

Sinopsis The Human Centipede. (IMDb)

The Human Centipede terinspirasi dari kisah nyata tentang eksperimen dari Josef Mengele, dokter elit Nazi. Ia jadi sukarelawan di kamp konsentrasi Auschwitz untuk mendapat suplai manusia yang tak terbatas untuk dijadikan kelinci percobaan. Idenya digabungkan dengan candaan Tom Six dan teman-temannya tentang hukuman bagi penjahat dengan menjahit mulut mereka pada anus supir truk gemuk.

Film ini ditayangkan terbatas di bioskop, namun mendapat sejumlah penghargaan bergengsi di ajang internasional. Selain itu, film yang kabarnya disukai Gibran Rakabuming Raka ini rupanya juga sukses hingga dibuat trilogi. Film pertamanya, The Human Centipede (2009), disusul film kedua Full Sequence (2011) dan terakhir Final Sequence (2015).

Mulai dari film pertama yang hanya menggabungkan 3 orang, di film terakhirnya ada 500 orang yang disatukan menjadi kelabang! Beberapa review menyebutkan jika film ini membuat mual dan jijik karena konsep percobaan yang menggabungkan anus ke mulut untuk membuat manusia kelabang.

Akan tetapi film ini tetap memiliki banyak penonton yang menunggu kelanjutan kisah sadis dr. Heiter. Kabarnya, Tom Six, sang sutradara juga menyiapkan spin-off dari triloginya itu dengan judul The Human Caterpillar.

Setelah mengetahui sinopsis, pemain, serta fakta The Human Centipede tadi apakah kamu masih kepo dan ingin menontonnya? Atau malah ngeri dengan jalan ceritanya yang sadis?

Kontributor: Safitri Yulikhah
Load More