Yohanes Endra | MataMata.com
Indonesia International Piano Competition 2024. [istimewa]

Matamata.com - Yayasan Cipta Pribadi Unggul dengan bangga mengumumkan kesuksesan penyelenggaraan Indonesia International Piano Competition (IIPC) 2024. Acara yang berlangsung mulai 8 hingga 14 Juli 2024 di Pusat Perfilman H. Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan ini telah membawa kegembiraan dan kebanggaan bagi para pecinta musik klasik, serta menunjukkan pertumbuhan dan kemegahan yang lebih dibandingkan tahun sebelumnya.

Helen Gumanti, President of IIPC, menyampaikan, "Saya merasa sangat bangga karena kompetisi piano internasional ini sukses terselenggara di Indonesia. Indonesia International Piano Competition hadir sebagai panggung global yang didedikasikan untuk mendukung kemajuan para pianis klasik muda internasional dan khususnya di Indonesia yang bercita-cita tinggi dalam perjalanan musik mereka.

Indonesia International Piano Competition 2024. [istimewa]

Setelah acara berlangsung, kami semakin tergugah karena melihat talenta-talenta yang luar biasa, dari dalam dan luar negeri. Harapannya, acara ini dapat terselenggara lagi dengan mendapatkan antusiasme yang lebih besar lagi di tahun-tahun mendatang, agar kami bisa mendukung musik klasik di Indonesia dan menemukan talenta-talenta musik klasik yang unggul.”

Baca Juga:
Terlalu Gemes! Zahwa Massaid Mupeng Lihat Aaliyah Disuapin Nasi Padang sama Calon Suami

Pernyataan tersebut sejalan dengan misi diselenggarakannya IIPC 2024, yaitu menciptakan lingkungan di mana bakat dapat berkembang dan musisi muda dapat mencapai potensi tertinggi mereka. Ajang ini juga dirancang untuk menjadi salah satu kompetisi piano paling bergengsi di kawasan Asia Pasifik, Kompetisi Piano Internasional Indonesia berkomitmen untuk memajukan musik klasik dan mendukung generasi pianis berikutnya di Indonesia.

Kompetisi tahun ini menampilkan lebih dari 130 peserta dari 10 negara, termasuk Indonesia, Jepang, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Thailand, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, dan Selandia Baru. Para peserta dinilai oleh 11 juri ternama dari 8 negara, di antaranya Andreas Frölich dari Jerman, Pascal Nemirovski dari Inggris, dan Rachel Naomi Kudo dari Amerika Serikat. Juri-juri lainnya termasuk Benjamin Loh, Dainius Vaiekonis, Ivan Yanakov, Ji Na Kim, Mirella Petrova, dan Wong Chee Yean.

Dari seluruh peserta, berikut daftar pemenang dari setiap kategori yang dihadirkan di IIPC 2024: 

Baca Juga:
Ayu Ting Ting Dirujak Usai Sindir Sang Adik yang Baru Lahiran: Pantesan Dhana Mundur

Pemenang Kategori Professional Senior Category (18 – 32 tahun) atas nama :
1st Prize - Michael Anthony Kwok
2nd Prize - Viona Natalie Sanjaya
3rd Prize - Ayunia Indri Saputro
                   - Jovine Freia Iskandar

Pemenang Kategori Professional Junior Category (Di bawah 18 tahun) :
1st Prize - James Napoleon Lai
2nd Prize - Jacqueline Wan Ning Wang
3rd Prize - Michael Ethan Hoo

Pemenang Kategori Amateur Category (33 tahun ke atas) :
3rd Prize - Yuji Ueda

Baca Juga:
Tau Tabiat Mantan Istri, Enji Sudah Menebak Ayu TingTing dan Muhammad Fardhana Gagal Menikah

Pemenang Kategori Senior Category (Di bawah 18 tahun) :
2nd Prize - Faervilui Fievel Xia
                    - Lucas Franklin Lai
3rd Prize - Serene Patricia

Pemenang Kategori Junior Category (Di bawah 15 tahun) :
1st Prize - Maria Avril Zhuang
2nd Prize - Michael Phillipe Andree

Pemenang Kategori Intermediate Category (Di bawah 13 tahun) :
1st Prize - Callista Kertalesmana
2nd Prize - Chatarina Chloe Prasetyo Handojo
3rd Prize - Flavian Jestin Wijaya

Baca Juga:
Ayu Ting Ting Sindir Adiknya usai Lahiran Anak Kedua, Ivan Gunawan: Ya Allah!

Pemenang Kategori Category 1 (Di bawah 10 tahun) :
1st Prize - Timothy Sam Kosasih
2nd Prize - Claire Hartono
3rd Prize - Elaine Theona Phan
1st Commandment Prize - Ann Shereen Yao
2nd Commandment Prize - Charlotte Megan Budiyanto
3rd Commandment Prize - Edward Nathaniel Handoko
Young Promising Pianist Award - Cathleen Scarlett Hayasi
                                                                 - Charlotte Florentine Lee
                                                                - Mary Kate Onggowijoyo

Pemenang Kategori Category 2 (Di bawah 8 tahun) :
1st Prize - Hazel Everly Wantana
2nd Prize - Clerisse Lie
3rd Prize - Rebecca Shannen Lie
Young Promising Pianist Award - Callia Kardiono
                                                                 - Canaan Jedd Nyoto
                                                                 - Eugene Savio Hulay
                                                                 - Gizelle Everly Wantana
                                                                  - Tyra Louise Tohnika

Indonesia International Piano Competition 2024. [istimewa]

Para pemenang dari masing-masing kategori yang telah diumumkan tersebut, menunjukkan keberagaman talenta dalam negeri yang tidak kalah bersaing dengan peserta internasional. Keberhasilan IIPC 2024 ini tidak hanya menunjukkan kemajuan dalam dunia musik klasik Indonesia, tetapi juga memberikan harapan untuk penyelenggaraan yang lebih baik di masa mendatang dengan program-program yang lebih menarik dan beragam.

Salah satu juri, Pascal Nemirovski, menyatakan, "Saya sangat terkesan dengan penyelenggaraan kompetisi ini yang secara keseluruhan terlaksana dengan sangat baik dan profesional. Para peserta menunjukkan talenta yang sangat luar biasa, sehingga saya sangat yakin bahwa musik klasik akan semakin berkembang ke depannya. Saya sangat mengapresiasi ajang IIPC yang menjadi wadah bagi para pianis muda dalam mengembangkan dan meningkatkan permainan piano mereka".

Tahun ini, IIPC juga memperkenalkan beberapa program baru yang menambah kemegahan acara, seperti masterclass dan piano recital yang terbuka untuk umum. Masterclass sukses diadakan pada 10-14 Juli 2024 oleh para juri terkemuka, sementara piano recital diselenggarakan pada 10-13 Juli 2024, menampilkan Andreas Frölich, Avguste Antonov, Miki Aoki, Rachel Naomi Kudo, serta para peserta.

Dengan dukungan dari pemerintah dan para pemerhati musik, diharapkan IIPC dapat terus berkembang dan menjadi ajang bergengsi yang membanggakan Indonesia di kancah internasional. Mari dukung terus talenta-talenta muda berbakat musik klasik, khususnya piano dari Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara menonton dan menghadiri acara ini, silakan kunjungi situs www.indonesiainternationalpianocompetition.com atau akun resmi Instagram kami di @iipc.official.

Indonesia International Piano Competition 2024. [istimewa]

TENTANG INDONESIA INTERNATIONAL PIANO COMPETITION

Indonesia International Piano Competition (IIPC) adalah sebuah perhelatan kompetisi piano klasik berskala internasional terbesar di Indonesia yang diinisiasi oleh Helen Gumanti, Presiden sekaligus founder dari Yayasan Cipta Pribadi Unggul. Setelah sukses dengan edisi pertama pada tahun 2019, dan beberapa kegiatan lainnya sepanjang 2020-2023 seperti konser, seminar, recital, masterclass, hingga festival, kompetisi IIPC kembali hadir pada tahun 2024 dengan skala yang lebih besar dan partisipasi internasional yang lebih luas.

Load More