Riki Chandra | MataMata.com
Ilustrasi Startup. [Dok.PIxabay]

Matamata.com - Tren startup tumbuh subur di Tanah Air. Banyak startup sukses di Indonesia, namun tak sedikit juga yang bangkrut hingga akhirnya gulung tikar.

Berikut daftar sejumlah startup yang gulung tikar dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rumah.com
Perusahaan asal Singapura PropertyGuru ini menutup situs propertirumah.com sejak 1 Desember 2023 setelah beroperasi selama lebih dari 10 tahun. Akibatnya, 61 karyawan terpaksa kena PHK.

Selain rumah.com, PropertyGuru juga akan menutup FastKey, produk software as a service (SaaS) pada 31 Juli 2024 mendatang.

2. CoHive
Startup ruang kerja berbagi (co-working space) CoHive dinyatakan bangkrut pada 18 Januari 2023. CoHive tutup karena pandemi yang berkepanjangan, ketersediaan kantor, hingga masalah pendanaan.

CoHive menyatakan bahwa bisnisnya telah diambil alih oleh pihak lain, terutama COHIVE 101 yang beroperasi secara independen.

3. Pegipegi
Pegipegi merupakan situs penyedia layanan pemesanan dan pembelian tiket (online travel agent/OTA). Setelah 12 tahun beroperasi, startup ini menghentikan layanan per 10 Desember.

4. JD.ID
JD.IDyang merupakan salah satu e-commerce besar di Indonesia telah menutup semua layanannya per 13 Maret 2023. JD.ID merupakan anak perusahaan salah satu e-commerce terbesar di Asia, yaitu JD.com. Atas hal itu, JD.ID telah melakukan PHK kepada ratusan karyawannya.

Load More