Baktora | MataMata.com
Profil Zulkifli Hasan (instagram/@zul.hasan)

Matamata.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) baru-baru ini menjadi sorotan terhadap pernyataannya terkait ucapan amin ketika selesai melantunkan surat Al Fatihah dalam salat. Hal itu menjadi sorotan dan tak sedikit yang mencari tahu bagaimana hukumnya ucapan amin setelah imam salat selesai membaca Al Fatihah.

Seperti diketahui, dalam pidatonya pada Rakernas APPSI di Semarang, Jateng, beberapa waktu lalu, Zulhas menyampaikan bahwa di saat kampanye pemilu ini beberapa orang enggan mengatakan amin ketika imam salat selesai membaca surat Al Fatihah.

"Kalau di Jakarta aman, nah di luar ada lho, yang berubah. Jadi kalau salat maghrib baca Al Fatihah, Waladh-dholin, ada yang diem sekarang pak, ada yang diem sekarang. Ada pak sekarang diem, lho, ada banyak diem sekarang. Sakin cintanya sama Pak Prabowo," ujar Ketum PAN  ini dikutip Rabu (20/12/2023).

Zulhas melanjutkan bahwa ketika orang yang sedang melaksanakan salat dan sedang tahiyatul akhir, jari yang diangkat bukan satu jari saja, melainkan dua jari.

Pernyataan Zulhas seakan menjadi bumerang besar bagi dirinya termasuk capres yang diusung PAN dalam kontestasi Pemilu 2024.

Bukan tanpa sebab, konteks kata amin yang dimaksud Zulhas, bisa jadi mengarah terhadap paslon nomor urut 1 Anies-Muhaimin yang saat ini dikenal dengan AMIN. Dengan begitu, bacaan amin tak dilantunkan oleh makmum karena tidak mendukung pasangan capres-cawapres itu.

Terlepas dari konteks bercanda atau memang sengaja menyulut isu menjelang Pemilu, lalu bagaimana hukumnya mengucap amin setelah imam salat membaca Al Fatihah?.

Melansir muslim.or.id, sebutan amin ketika imam selesai membaca surat Al Fatihah hukumnya sunnah atau dianjurkan, bagi imam dan makmum itu sendiri.

Load More