Riki Chandra | MataMata.com
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. [Dok.Antara]

Matamata.com - 2024 adalah tahun penting bagi Korea Utara. Sebab, pemimpin Korut, Kim Jong Un menyatakan tahun tersebut sebagai persiapan perang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyatakan Amerika Serikat dan Korea Selatan menjadi biang keladi meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea.

Menurut laporan kantor berita Korea Utara, KCNA, Kim menyampaikan hal itu saat berbicara singkat dengan dengan para komandan militer pada Minggu.

Dalam pertemuan yang berlangsung di markas besar Partai Buruh Korea yang berkuasa negeri itu, Kim mengingatkan para komandan militer bahwa Semenanjung Korea kian di ambang konflik bersenjata, tulis KCNA pada Senin.

Kim memperingatkan jika ada negara yang menyerang atau memprovokasi Korea Utara, maka militer Korea Utara akan membalas dengan kekuatan penuh untuk memusnahkan siapa pun yang menyerang negara ini, lapor KCNA.

Dalam rapat penting dengan partai penguasa yang diadakan Sabtu itu, Kim menyatakan hubungan antar-Korea telah berubah total menjadi hubungan antara dua negara bermusuhan karena Seoul kini menganggap Pyongyang "musuh utama."

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dalam pidato tahun baru menegaskan kembali tekad meningkatkan pertahanan negaranya di bawah payung nuklir AS guna melindungi Korea Selatan dari ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Pada Senin, Kim Jong Un dan Presiden China Xi Jinping bertukar pesan tahun baru.

Load More