Baktora | MataMata.com
Calon Presiden RI Prabowo Subianto menyapa pendukungnya saat menghadiri deklarasi dukungan dari Gerakan Muslim Persatuan Indonesia Cinta Tanah Air (Gempita) di Grand Ballroom Sudirman, Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2023). [Dok.Antara]

Matamata.com - Prabowo Subianto menjadi sasaran empuk para capres dalam debat ketiga di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024) kemarin. Mengangkat tema pertahanan dan keamanan serta politik luar negri dan lainnya, capres nomor urut 2 ini justru kalang kabut.

Meski begitu, Prabowo Subianto mampu menjawab semua pertanyaan dan menjelaskan walau datanya yang tak lengkap. Termasuk saat pembahasan alat utama sistem persenjataan atau alutsista yang dibeli Kementerian Pertahanan secara bekas.

Seperti diketahui capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan capres nomor urut 1, Anies Baswedan beberapa kali mengkritik kebijakan pengadaan alutsista bekas oleh capres nomor 2 Prabowo yang juga masih aktif sebagai menhan.

Ganjar dan Anies kompak mengkritik perencanaan pertahanan Kemenhan hingga masalah kesejahteraan prajurit TNI.

Prabowo pun merespons kritikan itu dengan mengatakan bahwa data yang disampaikan oleh kedua capres tersebut keliru.

Lalu selayak apa alutsista bekas yang terlanjur dibeli Kemenhan untuk Indonesia?. Apakah benar barang bekas untuk ketegori senjata berat masih baik digunakan untuk Indonesia?

Membahas layak tidaknya, Wakil Komandan TKN Pemilih Muda Prabowo-Gibran, Osco Olfriady menjelaskan alutsista bekas jangan disamakan dengan barang bekas lain yang mampu dibeli perseorangan.

"Dalam dunia teknologi, mesin mempunyai umur produktivitasnya, sehingga itu akan menjadi barometer harga dan umur kedaluwarsa pemakaiannya. Artinya, setelah kedaluwarsa, bukan berarti langsung dibuang. Alat militer bukan makanan yang setelah tanggal kedaluwarsa tidak bisa dikonsumsi," ujarnya Selasa (9/1/2024).

Load More