Riki Chandra | MataMata.com
Ilustrasi olahraga. [Dok.Istimewa]

Matamata.com - Melakukan olahraga seperti tenis dan golf tanpa pemanasan serta teknis bermain yang baik, bisa memicu radang sendi hingga menyebabkan rasa nyeri. Hal itu dinyatakan Konsultan sendi bahu dan siku Eka Hospital BSD Tangerang, Banten, Dokter Erica Kholinne.

Dokter Erica mengatakan, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri pada bahu. Pertama, mengistirahatkan tangan saat nyeri berlangsung dengan tidak menggerakkan tangan terlalu banyak.

Kedua, melakukan kompresi dingin dengan kain atau benda lunak yang ditaruh di area nyeri bahu. Cara ketiga adalah menekan untuk meredakan rasa nyeri dengan menggunakan kain atau perban untuk mencegah pembengkakan semakin membesar.

Lalu melakukan latihan peregangan otot sebelum berolahraga juga sebaiknya dilakukan untuk mencegah terjadinya adanya cedera pada bahu.

Jika nyeri bahu mulai terasa, katanya, lakukan aktivitas fisik berat pada bahu terlebih dahulu agar nyeri tidak bertambah parah, namun jangan sepenuhnya berhenti menggunakan bahu karena bisa menghambat proses penyembuhan.

Setelah itu, pencegahan nyeri bahu bisa juga dilakukan dengan menjaga postur tubuh tidak berubah dengan menjaga posisi tulang belakang tetap tegak.

"Ini dikarenakan postur tubuh yang buruk diketahui dapat meningkatkan risiko setiap orang dalam mengalami nyeri bahu," katanya, Jumat (12/1/2024).

Jika nyeri bahu semakin parah dan tidak membaik setelah satu minggu harus dilakukan penanganan secara mandiri dengan menggerakkan lengan atau bahu atau segera temui dokter spesialis bedah orthopedi untuk mengetahui sumber masalah dari nyeri bahu.

Load More