Riki Chandra | MataMata.com
Hasil survei Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research. [Dok.Antara]

Matamata.com - Survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research merilis elektabilitas Partai Gerindra mencapai 17,7 persen. Angka tersebut berpotensi mengalahkan PDIP yang menjadi pemenang dua kali Pemilu berturut-turut.

Survei Index Research dilakukan pada 3-9 Januari 2024 terhadap 1200 orang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) dan diwawancara tatap muka. Margin of error survei sebesar sekitar 2,9 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasil survei IndEX, PDIP saat ini berada di posisi kedua dengan elektabilitas 15,0 persen, disusul oleh Golkar dengan elektabilitas 10,1 persen.

Pergerakan elektabilitas di partai politik papan tengah juga menarik untuk diamati. Dimana, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) diprediksi akan menjadi pendatang baru di Senayan dengan meraih elektabilitas hingga 6,8 persen.

“Kemenangan Gerindra sekaligus menggagalkan upaya PDIP mencetak hattrick, dan mitra koalisinya sesama pengusung Prabowo-Gibran yaitu PSI juga bakal menguasai kursi Senayan,” kata Direktur Eksekutif indEX Research, Vivin Sri Wahyuni, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/1/2024).

Vivin menilai, turunnya elektabilitas PDIP tidak lepas dari perpecahan di lingkaran elite partai berlambang kepala banteng tersebut.

“Perseteruan Jokowi dan Megawati merontokkan kekuatan PDIP yang sebelumnya mendominasi perpolitikan selama dua periode,” ujarnya.

Akhir 2022, elektabilitas PDIP bertahan cukup tinggi. Bahkan, menembus kisaran 22 persen pada saat gejolak pandemi Covid-19.

Load More