Madinah | MataMata.com
Kolase foto Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan, Nikita Mirzani.

Matamata.com - Olok-olok eks ilusionis Deddy Corbuzier di YouTube soal artis dan program TV alay bikin heboh. Di situ, mantan suami Kalina Oktarani ini menyorot program TV yang dibintangi dan dipandu artis 'alay'. Blak-blakan Deddy menyebut seperti apa definisi artis alay.

Selebritis alay yang disasar Deddy Corbuzier yakni yang membintangi acara tak bermutu, tak mendidik, dan seringkali menampilkan olok-olok, serta bercandaan yang menurutnya melampaui batas.

Banyak artis yang merasa tersinggung, tapi banyak juga blak-blakan memuji. Salah satu yang mengapresiasi celotehan Deddy Corbuzier yakni Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Malah, baru-baru ini Deddy unggah fotonya berada di podium berlogo KPI di akun medsos Instagramnya.

"Hari ini (Senin, 12 Maret 2018), pukul 12.03 menjadi satu-satunya publik figur yang diberikan penghargaan dan diminta untuk memberikan pendapat tentang tayangan tv oleh @kpipusat. Hari ini adalah sebuah kebanggaan juga kesempatan bicara tentang kenyataan," tulis Deddy Corbuzier.

Namun, ada juga beberapa selebritis yang sepertinya tak begitu suka dengan pernyataan Deddy Corbuzier.

1. Nikita Mirzani

Artis Nikita Mirzani salah satu artis terusik dengan pernyataan Deddy Corbuzier soal artis dan program yang disebut alay. Dia pun minta Deddy Corbuzier berhenti menyindir program orang lain dan fokus dengan pekerjaannya.

"Lagian nggak usah ngurusin program orang lain deh, urus aja program masing-masing. Kita cari makan sama-sama kok di dunia yang sama. Nggak usah ngusik-ngusik yang lain lah," kata Nikita Mirzani di kawasan Jalan Kapten P. Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Malah, janda beranak dua ini berani menantang Deddy Corbuzier membandingkan program yang dipandunya dengan acara TV yang dia tuding alay.

"Kalau memang acara itu alay, ya udah biarin aja. Lo tunjukin aja kalau acara lo lebih berkualitas dibanding acara-acara yang lain, dan ratingnya lebih bagus dari acara yang lo bilang alay itu," tutur Nikita Mirzani.

"Jadi sekarang lebih baik begini aja deh, urus dapur masing-masing aja. Toh tidak ada yang mengganggu yang lain juga. Kalau memang programnya sedang turun ratingnya berarti harus diperbaiki dong, ada apa," ucap Nikita Mirzani.

2. Ayu Ting Ting

Ketimbang Nikita Mirzani yang berani blak-blakan, penyanyi dangdut Ayu Ting Ting menanggapi dengan diplomatis soal ujaran alay yang diduga kuat dialamatkan untuk dirinya. Kata si pelantun Sambalado, dirinya sudah kebal dengan cibiran orang lain, termasuk dari sesama selebritis.

"Saya sudah biasa diinjek orang, dijatuhin orang, sudah biasa, ketawa aja," kata Ayu Ting Ting di kawasan Jalan Kapten P. Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Ini memang bukan kali pertama Deddy sindir Ayu Ting Ting. Paling baru, julukan artis alay buat Ayu Ting Ting awalnya ditiup ilusionis Deddy Corbuzier lewat akun Youtube-nya baru-baru ini. Di situ, Deddy Corbuzier menyindir ada program TV yang berisi artis alay lantaran menyajikan konten yang dinilai tak bermanfaat.

Netizen menduga artis alay yang dimaksud adalah Ayu Ting Ting. Terkait julukan tak enak itu, ini Ayu Ting Ting mengaku bingung.

"Nggak tahu juga, saya nggak ngerti. Terserah (Deddy Corbuzier) mau ngomong apa. Saya sebenernya biasa aja nggak ngerasa (kesindir) juga," sambung Ayu Ting Ting.

Bukannya marah, Ayu Ting Ting malah cuek. Justru, dia bangga program yang dipandunya termasuk Brownis, Pesbuker, dan masih banyak lagi, memiliki jumlah penonton tak sedikit.

"Saya bangga dengan program yang saya punya. Semuanya berjalan lancar. Pokoknya biarin terserah orang, Alhamdulillah rezekinya lancar," ucap Ayu Ting Ting.

3. Ivan Gunawan

Berbeda dengan Ayu Ting Ting dan Nikita Mirzani, desainer sekaligus presenter Ivan Gunawan malah tak merasa disasar Deddy Corbuzier. Dia optimistis, ejekan alay Deddy Corbuzier tak ditujukan untuk dirinya.

"Saya pernah tampil acara mas Deddy juga, jadi rating kok. Saya kan artis rating, jadi nggak mungkin saya jadi artis alay," sambungnya.

Ivan Gunawan ogah ambil pusing terkait pernyataan Deddy Corbuzier yang belakangan viral. Baginya, hal ini tak perlu dibikin heboh.

"Nggak ada yang perlu disampaikan ke Mas Deddy. Setiap orang bebas berekspresi dan mengutarakan pendapat. Kalau saya itu sudah sibuk dengan kehidupan saya sendiri. Mending kalau ada waktu kosong saya buat baju," ucapnya.

Yang pasti, Ivan Gunawan kurang sependapat dengan pernyataan Deddy Corbuzier yang memberikan julukan artis alay. Menurut Ivan Gunawan, tak ada kategori artis alay di industri hiburan.

"Saya nggak tahu gimana tuh artis alay seperti apa. Semua pekerja seni pasti ada porsinya masing-masing. Sekarang tergantung gimana cara kita menghadapi pekerjaan kita setiap harinya," tutur Ivan Gunawan.

"Saya jadi diri sendiri aja. Saya nggak merasa YouTube itu untuk saya sih. I dont care," lanjutnya lagi.

4. Jessica Iskandar

Aktris dan presenter Jessica Iskandar lebih bijak lagi menyikapi ocehan Deddy Corbuzier. Dia mengaku tak masalah disebut artis alay. Paling penting, apa yang dilakukannya tak menyakiti hati orang lain.

"Ya sudahlah nggak apa-apa. Yang penting nggak nyakitin dan nyusahin orang lain. Mudah-mudahan aku bisa memperbaiki diri jadi lebih baik lagi," ucap perempuan yang akrab disapa Jedar ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Mengenai acara yang dipandunya dituding merusak generasi muda, Jessica Iskandar berharap para orang tua lebih bijak lagi mengawasi anak-anaknya.

"Ya kalau ada orang berpikiran seperti itu, harusnya ada orang tua yang mengingatkan. Ini acara komedi ya, isinya bercandaan doang, jangan baper'," ujarnya.

5. Eko Patrio

Komedian Eko Patrio ikut berkomentar soal maraknya program televisi yang disebut sebagai acara alay. Julukan acara alay digaungkan ilusionis sekaligus presenter Deddy Corbuzier baru-baru ini saat mengkritik banyak program televisi di Indonesia yang tak bermutu.

Eko punya standar sendiri soal acara alay. Kata dia, sebuah acara bisa masuk kategori alay jika sudah menyinggung suku, agama, ras, antar golongan, dan porno.

"Jadi itu yang disebut alay. Kalau selama ini pihak TV tidak ada yang menyebutkan lima hal tersebut berarti tidak alay," kata Eko di kawasan Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/3/2018).

Eko sendiri membantah acara yang dibintanginya, Pesbukers, masuk kategori alay. Sebagai buktinya, kata dia, Pesbukers sampai sekarang masih eksis. Selain sebagai pemain, Eko merupakan bos rumah produksi Ekomando Production yang membidani Pesbukers.

"(Pengawasan) internal adalah Q&C, eksternalnya adalah KPI. Jadi tayangan di Indo nggak ada yang alay. Kalau dianggap alay harusnya udah disemprot dua polisi itu. Tapi kita (Pesbukers) masih tetap berjalan udah berapa tahun coba," ujar politisi PAN ini.

Menurut Eko, agak repot jika program televisi harus sesuai dengan standar Deddy Corbuzier. Sebab, tiap acara, kata dia, memiliki cara penyampaian berbeda.

Load More