Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Kartika Putri, Habib Usman bin Yahya dan anak-anaknya. (Instagram/@syarifahsyahratusalwa)

Matamata.com - Kebahagiaan tengah menyelimuti Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya. Keduanya menikah. Janji suci tersebut diucapkan ketika Kartika Putri dan Habib Usman tengah menunaikan umrah di Tanah Suci Mekkah.

Pernikahan itu sempat menjadi buah bibir di kalangan publik, terutama warganet. Selain pernikahan itu mendadak, Kartika Putri disebut-sebut netizen menjadi istri ke-dua dari Habib Usman.

Untuk mengklarifikasi hal tersebut dan menghindari fitnah, Kartika Putri pun membuka sesi tanya jawab. Dia menggunakan fitur 'Ask Me Question' melalui akun jejaring sosial Instagram, @kartikaputriworld.

Baca Juga:
Reaksi Putra Ahok Ditanya Ayahnya Akan Nikah Lagi

''Daripada sok tahu, mendingan tanya saja biar nggak menjadi dosa,'' tulis akun @kartikaputriworld sebagai kalimat pembuka dalam sesi tanya jawab daring itu.

Tak pelak, sesi tanya jawab diserbu warganet. Mereka bertanya seputar pernikahan Kartika Putri dengan Habib Usman. Ada yang menanyakan soal alasan menikah. Ada pula yang ingin mengetahui sosok Habib Usman.

Namun, dari sejumlah pertanyaan yang diajukan warganet, banyak yang menanyakan soal isu poligami. Warganet penasaran: apakah benar Kartika Putri menjadi istri ke-2 dari Habib Usman?

Baca Juga:
4 Bulan Berlalu, Adara Taista Tetaplah Ratu di Hati Rasyid Rajasa

''Bener kak suaminya kakak (Kartika Putri--red) itu suaminya orang dan kakak jadi istri ke-dua?'' tanya salah seorang warganet.

Kartika Putri membantah. Dalam salah satu instastory-nya, Kartika Putri tidak menampik bahwa Habib Usman pernah menikah. Tapi, ketika meminang Kartika Putri, Habib Usman sudah resmi menduda.

Bukan cuma itu, Kartika Putri bahkan menjamin tak ada poligami dalam rumah tangganya. Alasannya: Habib Usman takut berlaku tidak adil.

Baca Juga:
6 Seleb yang Dapat Surat Khusus Langsung dari Ahok

''Saya menikah dengan duda. Alhamdulillah saya istri satu-satunya dan tenang insya Allah di rumah tangga kami tidak ada poligami karena dia takut nggak bisa adil,'' tulis akun @kartikaputriworld.

Kartika Putri. (Instagram)

Berulang kali warganet menanyakan hal yang sama. Bahkan, ada yang langsung menuding Kartika Putri menjadi istri ke-dua. Bukan lagi bertanya.

''Apa yang menjadi alasan memilih suami suami yang sudah beristri? Apakah sudah mendapat persetujuan istri sebelumnya,'' tulis salah seorang warganet.

Baca Juga:
5 Pesona Emmeril Kahn Mumtadz, Putra Sulung Ridwan Kamil

Kartika Putri tak lelah menjawab. Dia menuliskan, ''Yang beristri suami siapa mba? Kalau suami saya duda.''

Kartika Putri. (Instagram)

Ada juga netizen yang memastikan bahwa benar Kartika Putri merupakan satu-satunya istri Habib Usman. ''Kak, saat ini cuma kakak kan ya istri beliau (Habib Usman--red)?'' tulis akun @kartikaputriworld.

Kartika Putri menjawab, ''Insya Allah saat ini dan selamanya.''

Kartika Putri. (Instagram)

Sempat blokir nomor

Kartika Putri sudah mengenal Habib Usman sejak 2012. Pada waktu itu, Kartika menjadi salah satu jemaah pengajian Habib Usman. Layaknya seorang guru ke murid, Habib Usman sering menasihati Kartika, baik secara langsung maupun lewat ponsel. Bahkan, Kartika cukup sering ditegur oleh Habib Usman.

''Dulu saya sering ditegur sama beliau. Malah saya sempat takut sama beliau karena sering ditegur,'' kata Kartika ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/9/2018) seperti dikutip dari Suara.com.

Kartika Putri bersama Habib Usman bin Yahya. (istimewa)

''Tapi bersyukur ya, karena diingatkannya itu tentang kematian,'' ujarnya lagi.

Nasihat yang diberikan Habib Usman lebih banyak terkait penerapan syariat Islam bagi seorang muslimah. Ya, Kartika dulu memang belum berhijab, bahkan busananya cenderung agak terbuka.

Menurut Kartika mengutip Habib Usman, dirinya akan berdosa tiap kali lelaki melihat auratnya, baik itu secara langsung maupun lewat foto dan video.

''Dulu itu, beliau selalu mengingatkan ke saya, kamu itu dosa-dosanya selalu dicatat loh. Loh aku nggak salah-salah apa-apa. Kamu kerja, makan, tidur, kamu ngapain aja dosa kamu itu dicatat,'' katanya menuturkan.

Habib Usman dan Kartika Putri hadiri acara Sertijab Gubernur Jabar Ridwan Kamil [Instagram/kartikaputriworld]

Awalnya, Kartika mengaku jengkel karena selalu mendapat nasihat seperti itu. Malah, dia sempat terpikir untuk memblokir nomor ponsel Habib Usman.

''Kok ini orang ngapain sih ngomong dosa terus. Ternyata dia menjelaskan bahwa kamu sebagai perempuan muslimah tidak menjalankan syariat Islam dengan baik. Akhirnya ke sini mikir,'' ujar Kartika Putri.

Pernikahan Kartika Putri dan Habib Usman digelar di Tanah Suci belum lama ini. Saat menikah, Habib Usman berstatus sebagai duda.

Load More