Rendy Adrikni Sadikin | MataMata.com
Hari Jisun (Instagram/@harijisun)

Matamata.com - Konflik terjadi antara pegiat Youtube alias Youtuber, Hari Jisun, dan presenter bertubuh kekar, Deddy Corbuzier. Pemicunya: kesalahpahaman ketika Hari Jisun menjadi tamu di acara yang diasuh Deddy Corbuzier.

Diketahui, dalam program televisi Hitam Putih yang tayang pada 13 September 2018 itu, diadakan tantangan makan mie pedas 500 cabai kepada para Youtuber yang hadir, salah satunya Hari Jisun.

Turut hadir pula dalam acara itu, ibunda Hari Jisun yang tidak fasih berbahasa Indonesia. Sekadar informasi, Hari Jisun dan sang bunda memang dikenal sebagai food vlogger. Videonya kerap mendulang banyak view.

Baca Juga:
3 Klarifikasi Hari Jisun soal Deddy Corbuzier dan Hitam Putih

Presenter Deddy Corbuzier belum lama ini mengundang bintang tamu sejumlah YouTuber untuk mengisi acara televisi Hitam Putih. Hadirlah di sana YouTuber Jepang bernama Genki dan YouTuber Korea bernama Hari Jisun. Juga hadir di sana ibu Hari Jisun yang tidak fasih berbahasa Indoenesia.

Dalam episode yang tayang pada (13/9/2018) itu, Hitam Putih mengadakan tantangan makan mie pedas 500 cabai kepada para YouTuber. Para YouTuber yang diundang memang terkenal sebagai food vlogger di Indonesia.

Saat itu Deddy Corbuzier dan kru tidak memaksa mereka untuk memakannya. Bahkan, tim juga melarang ibu Hari Jisun untuk mengikuti tantangan ekstrem itu. Yang terang, ibu Hari Jisun sakit usai menerima tantangan itu,

Baca Juga:
Nelangsa Shinta Bachtiar di Ambang Pernikahan

Lewat kolom komentar akun jejairng sosial Instagram miliknya, @harijisun, Hari Jisun merasa kecewa. Dia merasa ditipu setelah syuting acara Hitam Putih. Tapi dia tidak membeberkan alasannya.

Netizen pun menduga kekecewaan Jisun itu berkaitan dengan makanan pedas yang membuat ibunya sakit. Gara-gara komentar Jisun ini, Deddy Corbuzier menuai hujatan dari netizen.

Tak terima dengan semua hujatan, Deddy pun angkat bicara melalui akun Instagramnya. Deddy bahkan menyindir Jisun sengaja mencari popularitas dengan komentar tersebut.

Baca Juga:
Genap 38 Tahun, Intip Pesta Kejutan Ultah Kareena Kapoor

Unggahan Deddy Corbuzier ke Instagram itu saat ini sudah dihapus. Intinya Deddy meminta netizen melihat ulang tayang Hitam Putih. Di tayangan itu, jelas memang Deddy Corbuzier melarang ibu Hari Jisun untuk memakan mie pedas.

''@harijisun Why telling the truth is hard these days? Makin banyak netizen yang jadi salah berpikir krn kata kata Anda. Ibu sampai sakit. Kecewa di Hitam Putih. Acara gw Alay.. Bla bla bla. Its so funny how people try to be Famous these days.. Oh and really I'm nice to all my Guess... The one that tell the truth. Seriously... Stop spamming hoax. And my Fans that smart people know i always tell the truth,'' ungkap Deddy Corbuzier.

Deddy Corbuzier juga menuding kekecewaan Jisun karena Hitam Putih lebih membahas Genki, salah satu Youtuber yang diundang waktu itu, daripada Jisun. Deddy ingin Hari Jisun mengungkap kebenarannya.

Baca Juga:
Gaya Busana Selebriti saat Hadiri Konser Syahrini, Kece Abis

Akhirnya kemarin (21/9/2018) Hari Jisun memberikan klarifikasi mengenai kekecewaannya kepada acara Hitam Putih. Hal ini ia lakukan karena ia merasa disalahkan oleh master Deddy Corbuzier.

Saling balas komentar

Aksi saling balas tak terelakkan antara Deddy Corbuzier dan Hari Jisun terjadi di akun Instagram milik Hari Jisun. Ketika Hari Jisun mengunggah video klarifikasi, Deddy Corbuzier pun membalas dengan tudingan.

Dalam statusnya, Hari Jisun menuliskan bahwa video klarifikasi tersebut dibuat atas 'tantangan' Deddy Corbuzier yang memintanya untuk bersikap jujur terkait yang terjadi di acara Hitam Putih tersebut.

''I told the truth @mastercorbuzier as you requested. Full video on Hari Jisun Youtube channel,'' tulis akun @harijisun.

Namun, niat baik itu disambut komentar dingin oleh Deddy Corbuzier. Bahkan, Deddy Corbuzier meminta Hari Jisun setop menggunakan namanya untuk kepentingan pamor semata.

''Gini saja. Video full-nya ada di Youtube. Penonton kita pintar kok. Bisa menilai siapa yang salah siapa yang benar. And please, stop using my name for your famousity. Thank you,'' ujar Deddy Corbuzier menggunakan akunnya, @mastercorbuzier.

Instagram Hari Jisun. (Instagram/@harijisun)

Hari Jisun pun gerah. Dia mengklaim justru Deddy Corbuzier yang memintanya untuk berkata jujur. Dan, Hari Jisun menilai Deddy Corbuzier yang 'menggunakan' namanya.

''STOP using YOUR NAME for my fame? Did you already forget that YOU asked me to tell the truth on your video and tagged MY NAME on it? I told the truth, just as you requested. So please, YOU STOP using my name. Thank you,'' tulis akun @harijisun.

Klarifikasi Jisun

Berikut ini klarifikasi Hari Jisun yang terungkap jelas di channel YouTube-nya.

1. Tak Mau Lomba Makan

Hari Jisun (YouTube/@harijisun)

Dari awal Hari Jisun sudah menjelaskan pada tim kreatif kalau dirinya tak suka acara berkonsep lomba makan. Hal ini karena doi tidak bisa menikmati makanannya.

Pihak Hitam Putih setuju tak akan ada lomba makan, melainkan cuma games tebak makanan. Tapi ternyata itu tidak benar.

''Jadi saya percaya dan ikut program tapi ternyata programnya langsung dimulai dengan lomba makan mi abang adek pakai cabai 500,'' ungkap Jisun.

2. Baru Tahu Kalau Harus Makan Pedas

Hari Jisun (YouTube/@harijisun)

Hari Jisun sudah bilang kalau dirinya nggak bisa makan pedas. Jisun sudah pernah sakit perut karena mencoba makan seblak jadi dia nggak mau makan-makanan pedas lagi.

Awalnya tim kreatif Hitam Putih mengiyakan. Tapi kemudian sesaat sebelum syuting mereka diminta lomba makan pedas. Karena Jisun baru minum obat maag, ibu Hari Jisun lah yang ikut.

Alasan kenapa ibunya mau makan meskipun telah dilarang, hal itu karena ibu Jisun ingin bersungguh-sungguh tampil di televisi. Ibu Jisun tidak ingin publik Indonesia menilai orang Korea sombong.

Hari Jisun sudah mengakui itu kesalahan ibunya.

3. Konsep yang Tidak Jelas

Hari Jisun (YouTube/@harijisun)

Hari Jisun menjelaskan kekecewaannya pada Hitam Putih bukan karena ibunya sakit, melainkan karena pihak Hitam Putih tidak menjelaskan detail acaranya secara rinci. Jisun juga kecewa karena diperkenalkan sebagai selebgram dan bukannya YouTuber.

Jisun juga mengutarakan kekecewaannya saat disuruh memakai hanbok sesaat sebelum syuting. Apalagi hanbok yang dikenakannya itu kualitasnya sangat jelek. Orang Korea terbiasa menggunakan hanbok yang bagus.

''Kalau kita tahu sebelum syuting bahwa kita harus pakai hanbok, pasti kita bawa hanbok yang bagus dari Korea yang punya saya. Mereka tak pernah berdiskusi dengan saya, cuma langsung disuruh pakai di stasiun tv," ungkap Hari Jisun.

Berikut video lengkapnya.

Load More