Deddy Corbuzier di Kantro Dierjen Pajak, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2017). [suara.com/Ismail]

Matamata.com - Kasus kebohongan Ratna Sarumpaet memicu reaksi para selebriti Tanah Air. Tak terkecuali Deddy Corbuzier yang juga tergelitik untuk berkomentar.

Deddy Corbuzier tidak membahas Ratna Sarumpaet dari sisi politik maupun kasusnya. Ia tertarik membahas dari segi psikologis, kenapa Ratna Sarumpaet itu melakukan kebohongan.

Menurut ayah satu anak ini, Ratna Sarumpaet sengaja menjual iba kepada masyarakat. Mengingat di Indonesia sendiri, masyarakatnya sangat sensitif dengan rasa iba.

Baca Juga:
EXO Resmi Umumkan Comeback, Ini 3 Fakta Menariknya

Jualan iba di Indonesia akan sangat berhasil dilakukan untuk mencari simpati dan perhatian. Secara psikologi, menurut Deddy Corbuzier, iba itu dibagi menjadi empat.

Pertama adalah waktu. Waktu yang tak bisa diduga orang melakukan hal tersebut. Deddy Corbuzier memberi contoh kasus seorang loper koran yang jualan di malam hari.

Orang yang melihat akan merasa iba karena koran yang dijual belum laku. Maka, karena rasa iba itu, orang akan membeli koran itu.

Baca Juga:
6 Foto Masa Muda Ratna Sarumpaet Paling Dicari

Kedua, fisik yang lemah. Deddy Corbuzier memberikan contoh orang yang memiliki postur tubuh kurus, anak-anak, atau orang tua.

Ketika ada orang tua meminta tolong, secara otomatis orang-orang akan menolong orang tua itu ketimbang anak muda. Ia memakai usia untuk menjual iba.

Ketiga, keadaan fisik yang lemah, misalnya luka atau cacat. Keadaan fisik seperti itu akan laku dipakai untuk menarik rasa iba

Baca Juga:
Intip Mewahnya Kamar Tidur Via Vallen

Terakhir adalah gender. Menurut Deddy Corbuzier, gender sangat penting dari kasus ini. Ia memberi contoh ketika ada seorang wanita dipukuli kekasihnya, otomatis orang akan membantu melerai.

Ketika keadaan dibalik, si pria dipukuli oleh wanitanya, orang-orang akan masa bodoh.

Meski turut berasumsi tentang alasan psikologis Ratna Sarumpaet berbohong, Deddy Corbuzier tak mengetahui pasti apakah di balik itu ada campur tangan politik. Hanya saja, ia memberi pesan pada penggemarnya agar tak melakukan hal bodoh untuk mendapat iba.

''Jangan pernah jual iba pada orang-orang, karena itu menilai kepribadian anda,'' pesan Deddy Corbuzier.


YouTube/Deddy Corbuzier

Nah itu dia reaksi Deddy Corbuzier pada kasus Ratna Sarumpaet dari segi psikologisnya.

Load More