Hanum Rais. (Instagram/@hanumrais)

Matamata.com - Ada dua film sedang tayang yang membuat heboh publik Indonesia, yakni A Man Called Ahok dan Hanum & Rangga. Dua film itu cukup kontroversial mengingat dua sosok yang diceritakan berasal dari kubu politik yang bertolak belakang.

Film A Man Called Ahok tayang perdana pada 8 November lalu, menceritakan tentang kehidupan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Daniel Mananta, dipercaya memerankan sosok Ahok.

Sementara itu, film Hanum & Rangga menceritakan kisah Hanum Rais, putri Amien Rais, dan suaminya Rangga Almahendra. Rio Dewanto berkesempatan memerankan Rangga dan Acha Septriasa memerankan Hanum Rais. Cerita dari film ini diadaptasi dari novel Faith & The City.

Baca Juga:
Laudya Cynthia Bella Buka Rahasia saat Pacaran dengan Raffi Ahmad

Kedua film tersebut  jelas tak ada sangkut pautnya dengan politik. Hanya saja, sosok nyata kedua film itu memang berada dalam dunia politik yang berbeda.

Bedanya, cara Hanum Rais mempromosikan filmnya ini menjadi perdebatan publik. Dilansir dari Suara.com, Hanum Rais diketahui mengirimkan surat kepada pihak Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Surat dari Hanum Rais tersebut diunggah oleh akun Facebook UMS pada 29 Oktober 2018 lalu. Dalam surat itu, Hanum Rais mengajak seluruh keluarga dan mahasiswa/mahasiswi untuk nonton film Hanum & Rangga.

Baca Juga:
Debut Solonya Sukses, 3 Perbedaan Ini Dirasakan Jennie BLACKPINK

Masih melansir dari Suara.com, isi surat Hanum Rais itu juga meminta fasilitas kepada Rektor UMS untuk mendukung film nasional bertema positif dan bernilai dakwah dengan memasang poster film Hanum & Rangga di media kampus.

Postingan surat soal film Hanun dan Rangga belakangan diketahui sudah hilang dan diduga telah dihapus oleh admin. (Foto: Istimewa/Facebook)

''Melalui surat ini, saya sebagai kader Muhammadiyah dan Nasyiatul Aisyiyah, Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ingin mengajak teman-teman mahasiswa/mahasiswi beserta staf Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk meramaikan serta menonton film Hanum & Rangga (Faith and the City) di bioskop. Film ini akan tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai Kamis 8 November 2018,'' bunyi surat dari Hanum Rais.

Setelah ramai memancing perdebatan, postingan tersebut langsung dihapus oleh admin Facebook UMS.

Baca Juga:
Ulang Tahun BBB, Melly Goeslaw Dibuat Nangis Para Personelnya

Hanum Rais Diserang

Akibat dari jadwal penayangan yang hampir bersamaan, film A Man Called Ahok dan Hanum & Rangga ini menjadi dibanding-bandingkan dan dilombakan. Siapa yang akan bertahan lebih lama di bioskop?

Postingan Instagram Hanum Rais ramai komentar negatif. (Instagram/@hanumrais)

 

Salah satu komentar di Twitter Hanum Rais. (Twitter)

Kedua kubu pendukung Ahok dan Hanum Rais pun saling serang, terlebih ketika tersebar surat dari Hanum Rais untuk UMS.

Akibatnya, Hanum Rais mendapat serangan lewat media sosial. Baik di Twitter maupun Instagram, netizen juga masih menyangkut-pautkan karya Hanum Rais ini dengan kasus Ratna Sarumpaet.

Hanum Rais pun diketahui menutup kolom komentar akun Instagramnya.

Load More