Madinah | MataMata.com
Nikita Mirzani (Instagram/@nikitamirzanimawardi_17)

Matamata.com - Nikita Mirzani mendadak membahas soal simbol jempol tangan yang dijepit di antara jari telunjuk dan tengah di akun Instagram-nya.

alih-alih cabul, Nikita Mirzani membeberkan panjang lebar soal simbol kejepit yang menurutnya sama sekali tak berkonotasi negatif.

Seperti diketahui, seseorang menunjukkan simbol jempol kejepit yang dianggap kasar untuk menunjukkan kekesalannya kepada seseorang.

Baca Juga:
Nikita Mirzani Naksir Ibnu Jamil, Billy Syahputra: Sering Video Call

Nikita Mirzani pamer simbol jempol kejepit. [Instagram]

"Mungkin loe bertanya tanya, apa sih arti Jempol Kejepit? kenapa orang pake buat ekspresiin ketika mereka kesel? negatif atau positifkah arti jempol kejepit? mari kita bahas!

Kalau ditarik kebelakang sejarah jempol kejepit itu sangat panjang bahkan ini sudah trend ketika jaman majapahit bayangin ya jaman majapahit ketika loe semua belum jadi embrio malah, jadi yang ngaku gaul dan keren ketika pasang tangan dengan jempol kejepit, eh dongo! gue kasih tau ya, itu udah dipake waktu hayam wuruk masih jadi raja!

Meriam Jagur

Baca Juga:
Cie, Ibnu Jamil Puji Fisik Nikita Mirzani

Sejarang singkatnya gini, pembesar Majapahit, Pamandana didekati perempuan gila. Dia memberi isyarat penuh makna: menjepit jempol tangan kanannya di antara jari telunjuk dan jari tengah. Kisah ini termuat dalam novel sejarah Majapahit: Bala Sanggrama karya Langit Kresna Hariadi.

Isyarat penuh makna tersebut jelas rekaan dan anakronisme. Sebab, bukti dari isyarat cabul itu baru terdapat pada meriam Si Jagur di Museum Fatahillah, Jakarta. Meriam ini terbuat dari hasil melebur 16 meriam kecil, sebagaimana tulisan Latin pada meriam itu: Ex me Ipsa renata sVm (dari saya sendiri aku dilahirkan kembali). Julukan si Jagur sendiri diambil dari nama benteng suci Portugis, St Jago de Barra. Yang menarik, ada ciri unik pada meriam itu. Ada tangan dengan ibu jari terjepit yang tampak pada bagian belakang meriam tersebut.

Ada juga yang menyebut simbol juga berarti wanita yang memakai gelang mutiara di pergelangannya. Mengapa dibentuk seperti itu? “Itu bahasa Portugisnya ‘mano in figa’, maksudnya lambang kepercayaan dan kesuburan, dan juga untuk mengejek orang Belanda yang saat itu menjadi musuh besar Portugis” Kendati sudah sejak lama tak ada lagi yang meminta kesuburan kepada Si Jagur, yang membekas di ingatan banyak orang adalah simbol sanggama: mano in fica.

Baca Juga:
Posesif! Thalia Putri Protes Ruben Onsu Bilang Sayang ke Nikita Mirzani

Kesimpulanya kenapa banyak yang menganggap negatif simbol ini karena masyarakat lebih tahu simbol ini adalah simbol senggama padahal apabila kita melihat sejarah yang ada itu bukan simbol senggama melainkan adalah meriam yang dipercaya memiliki kekuatan magic dan sering dipakai orang ritual meminta kesuburan, paham ora? apa masih bilang ini simbol cabul? dongo!," tulis Nikita Mirzani.

Load More