Kamis, 17 Oktober 2019
Yoeni Syafitri Sekar Ayoe : Kamis, 25 Juli 2019 | 18:48 WIB

Matamata.com - Hubungan Salmafina Sunan dan ayahnya, Sunan Kalijaga memang sempat jadi sorotan publik. Hal ini terkait isu Salmafina Sunan pindah agama dan sempat pergi dari rumah.

Sunan Kalijaga pun mengklarifikasi beberapa hal terkait pemberitaan putrinya yang sempat viral. Harapannya Sunan tidak ingin pemberitaan itu menjadi kurang baik atau tidak tepat bila dikonsumsi oleh publik dan masyarakat.

Klarifikasi ini dipicu beberapa saat lalu, Sunan Kalijaga melihat video di YouTube di mana ada bapak pendeta yang ikut mengomentari peristiwa antara dirinya dan Salmafina. Sunan Kalijaga merasa pernyataan tersebut kurang benar.

"Saya rasa apa yang disampaikan oleh beliau itu kurang pas karena mungkin saja beliau belum mendapatkan informasi yang seutuhnya. Maka hari ini saya didampingi pendeta Jonathan dan kuasa hukum keluarga untuk mengklarifikasi supaya pemberitaan ini tidak menjadi sesuatu yang tidak baik," buka Sunan Kalijaga.

Pendeta Jonathan pun angkat bicara soal permasalahan yang dihadapi Sunan Kalijaga. Dia menegaskan kalau ini semua masalah ayah dan anak, bukan agama.

"Melihat persoalan yang dihadapi Pak Sunan Kalijaga, ini persoalan murni ayah dan anak, orangtua dan anak. Tidak ada masalah agama di sini. Saya tidak ingin ada anggapan Pak Sunan ini anti Kristen karena urusan agama adalah urusan pribadi, hubungan dengan Tuhan jadi tidak ada seorangpun yang bisa membatasi. Jika yang diisukan Salma memeluk Agama Kristen seharusnya dia menunjukkan sikap karena tidak ada agama yang mengajarkan tidak menghormati orang tua," kata pendeta berapi-api.

Sunan Kalijaga dan Salmafina. (Instagram/@salmafinasunan)

"Masalah ini jangan ditanggapi dengan hal-hal yang berbeda. Mohon jangan langsung membuat statement sehingga arahnya nanti beliau (Sunan Kalijaga) dianggap tidak menyukai salah satu agama. Padahal beliau nasionalis, beliau merangkul semua. Ini benar-benar murni masalah ayah dan anak," tegas pendeta.

Sunan Kalijaga (MataMata.com/Yuliani)

Pada 15 Juli 2019, Sunan Kalijaga mengajukan permohonan kepada Direktorat Jenderal Imigrasi untuk menunda kepergian Salmafina Sunan ke luar negeri. Sunan Kalijaga pun mengadukan tayangan Rumpi Trans TV ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) karena dianggap melakukan pemaksaan pada Salmafina Sunan untuk melakukan wawancara.