Minggu, 15 Desember 2019
Madinah : Rabu, 14 Agustus 2019 | 20:02 WIB

Matamata.com - Ladzan Syafiq Sunandar, anak kedua komedian Dede Sunandar dari pernikahannya dengan Karen Hertatum idap penyakit Sindrom William.

Penyakit bayi beurmur 1 tahun 4 bulan ini terserang sejenis penyakit kelainan genetik yang mempengaruhi banyak di bagian tubuh.

Dede Sunandar dan Karen Hertatum / Instagram @dede_sunandar

"Kalo gejala nggak tahu juga. Pas kita periksa 1 bulan 2 bulan nggak ada apa-apa. Pas 3 bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya. Tahunya jantung ke paru-paru ada penyempitan, jadi harus operasi, harus diambil tindakan secepatnya," kata Dede Sunandar saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Akibat penyempitan jantung, Ladzan sempat mengalami susah napas. Bahkan, perkembangan tubuhnya sangat lamban. Beruntung, keadaannya berangsur membaik setelah rutin ke rumah sakit.

Komedian sekaligus pesinetron Dede Sunandar [Suara.com/Nanda Hadiyanti]

Namun di balik kelemahan putranya tersebut, Dede Sunadar optimis Ladzan akan sembuh. Menurutnya, pengidap sindrom Williams lainnya ada yang lebih pintar ketimbang anak-anak normal.

"Perkembangan tumbuhnya agak lambat. Cuma nanti kelebihannya dia bisa bermain alat musik lebih bagus, bisa beradaptasi dengan orang lebih gampang, bisa gampang bersosialisasi dengan orang," pungkas Dede Sunandar. [Ismail]