Madinah | MataMata.com
Komedian sekaligus pesinetron Dede Sunandar [Suara.com/Nanda Hadiyanti]

Matamata.com - Ladzan Syafiq Sunandar, anak kedua komedian Dede Sunandar dari pernikahannya dengan Karen Hertatum idap penyakit Sindrom William.

Penyakit bayi beurmur 1 tahun 4 bulan ini terserang sejenis penyakit kelainan genetik yang mempengaruhi banyak di bagian tubuh.

Dede Sunandar dan Karen Hertatum / Instagram @dede_sunandar

Dede Sunandar mengaku tidak menyadari Ladzan memiliki kelainan. Dia baru sadar saat diperiksa rutin ke dokter. Kata dokter, Ladzan mengalami penyempitan jantung. Bahkan, Ladzan divonis mengalami jantung bocor

Baca Juga:
Demi Kesembuhan Anak, Dede Sunandar Rela Jual Organ Tubuhnya

"Kalo gejala nggak tahu juga. Pas kita periksa 1 bulan 2 bulan nggak ada apa-apa. Pas 3 bulannya tiba-tiba ada yang bocor jantungnya. Tahunya jantung ke paru-paru ada penyempitan, jadi harus operasi, harus diambil tindakan secepatnya," kata Dede Sunandar saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (14/8/2019).

Akibat penyempitan jantung, Ladzan sempat mengalami susah napas. Bahkan, perkembangan tubuhnya sangat lamban. Beruntung, keadaannya berangsur membaik setelah rutin ke rumah sakit.

Komedian sekaligus pesinetron Dede Sunandar [Suara.com/Nanda Hadiyanti]

"Kalau sekarang ya di rumah, berobat jalan juga. Berobat jalan kemungkinan hari Sabtu, hari Senin, Rabu, Kamis. Hari ini juga istri lagi ke rumah sakit. Sore pulang," sambung Dede Sunandar.

Baca Juga:
Tolak Tawaran Berobat ke AS untuk Anaknya, Ini Alasan Dede Sunandar

Namun di balik kelemahan putranya tersebut, Dede Sunadar optimis Ladzan akan sembuh. Menurutnya, pengidap sindrom Williams lainnya ada yang lebih pintar ketimbang anak-anak normal.

"Perkembangan tumbuhnya agak lambat. Cuma nanti kelebihannya dia bisa bermain alat musik lebih bagus, bisa beradaptasi dengan orang lebih gampang, bisa gampang bersosialisasi dengan orang," pungkas Dede Sunandar. [Ismail]

Load More