Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Iqbaal Ramadhan (Suara.com/Ismail)

Matamata.com - Iqbaal Ramadhan membeberkan niatnya mengganti namanya lewat postingan terbarunya, Senin (26/8/2019).

Max Tollenaar, itulah nama yang dipilih Iqbaal Ramadhan sebagai nama barunya.

Ternyata Iqbaal Ramadhan mengganti nama panggungnya itu saat berada menjadi kru di balik layar.

Baca Juga:
Film Bumi Manusia Masuk 17 Tahun Plus, Iqbaal Ramadhan Beri Pengertian

"Max Tollenaar. Dari dulu selalu berfikir: kalau sampai nanti ada project yang keterlibatan saya terjadi dibalik layar, saya gak akan pake nama “Iqbaal Ramadhan”. Lalu pertanyaannya: “kenapa Max Tollenaar?”," tulis akun @iqbaal.e di caption postingannya itu.

Iqbaal Ramadhan. (Instagram/@iqbaal.e)

Nama itu bukan sembarang nama, melainkan nama pena Minke. Tokoh yang baru-baru ini diperankan Iqbaal Ramadhan di Film Bumi Manusia.

Pun ia bercerita kalau nama pena itu digunakan Minke agar orang tak mengenali dirinya. Sehingga karya-karya tulisannya bisa dinilai secara objektif.

Baca Juga:
Heboh Baliho Raksasa Pemeran Dilan, Iqbaal Ramadhan: Kok Rada Aneh Ya?

"Ini nama pena yang Minke gunakan ketika beliau memuat tulisan-tulisannya dalam bahasa belanda di koran belanda juga. Minke sadar atas kemampuan dan bakatnya, tapi beliau juga faham kalau menggunakan nama Indo-nya, tulisan-tulisan beliau—sebagus apapun; tidak akan pernah dimuat hanya karena nama aslinya," cerita Iqbaal.

Lebih lanjut, Iqbaal Ramadhan mengungkapkan kalau dirinya juga ingin dikenal karena karyanya bukan hanya karena nama besarnya.

Bumi Manusia. (YouTube/falcon)

"Saya rasa ini sangat relatable dengan apa yang saya rasakan. nama “Iqbaal Ramadhan” sudah saya pakai sebagai stage name sedari saya kecil. saya kira, akan lebih bijak kalau nama “belakang layar” saya diganti menjadi yang lain. supaya orang benar-benar bisa menghargai apa-apa yang saya buat, tanpa harus menyepelekan atau menggampangkan karena nama asli saya, yang setiap orang pikirannya beda-beda ketika disebutkan," paparnya.

Baca Juga:
Adu Akting dengan Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh Baper Nggak ya?

Iqbaal di akhir tulisannya itu juga mengenalkan karya YouTube-nya sebagai debut kariernya sebagai Max Tollenaar.

Ada netizen yang mendukung Iqbaal dengan nama tersebut. Namun beberapa netizen juga mengkritisinya karena dianggap terlalu menyamai sosok Minke.

"Nggak punya ide sendiri? Sampe harus nyontek dari film bumi manusia yang jelas punyanya sastrawan Indonesia," komentar netizen.

Load More