Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | MataMata.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Matamata.com - Nama-nama menteri yang akan bekerja dalam kabinet Indonesia Maju sudah resmi diumumkan oleh Presiden Joko Widodo resmi pada Rabu (23/10/2019). Dari 34 nama menteri yang disebut, lima di antaranya adalah wanita.

Jika dilihat dari kabinet Jokowi jilid I, nama menteri wanita yang dipilih pada jilid II kali ini lebih sedikit.

Salah satu Srikandi yang menghilang dan dapat sorotan adalah Susi Pudjiastuti yng dianggap memiliki prestasi memuaskan selama menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga:
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Digabung, Ernest Prakasa Kritik Jokowi

Sosok Susi Pudjiastuti akan digantikan oleh Edhy Prabowo sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru.

Meskipun nama Susi Pudjiastuti menghilang, tapi ada beberapa nama yang bertahan, seperti Sri Mulyani dan Retno Marsudi. Ada juga beberapa nama baru yang meramaikan Kabinet Indonesia Maju.

Siapa saja mereka? Yuk intip sama-sama daftarnya!

Baca Juga:
Calon Menteri Jokowi, 5 Potret Kompak Wishnutama dengan Sang Anak

Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). [ANTARA FOTO/Wahyu Putro]

1. Sri Mulyani
Nama Sri Mulyani memang sudah tak asing lagi. Sempat mundur sebagai Menteri Keuangan dari Kabinet Indonesia Bersatu dan pindah ke Bank Dunia, Sri Mulyani kini kembali terpilih sebagai Menteri Keuangan dalam Kabinet Indonesia Maju.

Prestasi Sri Mulyani sudah tak diragukan lagi. Sosoknya juga dianggap mampu memperbaiki sistem keuangan Indonesia. Sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani bertugas mengatur berbagai kebijakan fiskal, pajak dan menjaga kestabilan keuangan negara.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Suara.com/Achmad Fauzi)

2. Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri dipegang lagi oleh Retno Marsudi. Wanita dengan segudang prestasi gemilang ini mendapat panggilan ke Istana Negara pada Rabu pagi setelah mendampingi Ma'aruf Amin dalam lawatannya ke Jepang.

Baca Juga:
Jokowi Sibuk Panggil Calon Menteri, Ahok BTP malah Pamer Foto Pengantin

Kembali mengemban tugas sebagai Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi harus melanjutkan lagi program kerjanya yang berkaitan dengan hubungan luar negeri.

Mentri Luar Negri Retno Marsudi. (Suara.com/Shifa Audia).

3. Siti Nurbaya Bakar
Menteri Lingkungan Hidup kembali dijalankan oleh Siti Nurbaya Bakar. Sebelumnya, Siti Nurbaya juga mengemban tugas yang sama dalam kabinet Indonesia bersatu.

Sebagai Menteri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya akan kembali bergelut dengan industri hijau, kehutanan dan tentu saja masalah kebakaran hutan yang belakangan sering terjadi.

Siti Nurbaya [Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkar]

4. I Gusti Ayu Bintang Darmawati
Salah satu Srikandi baru Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju adalah I Gusti Ayu Bintang Darmawati. Sebelum menjabat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak dalam kabinet ini, I Gusti Ayu Bintang Darmawati sudah lebih dulu aktif dalam berbagai organisasi.

I Gusti Ayu Bintang Darmawati adalah istri dari mantan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Sebelum menjabat sebagai menteri Koperasi dan UMKM, suami I Gusti Ayu Bintang Darmawati adalah Walikota Denpasar selama dua periode dan Wakil Gubernur Bali periode 2008 hingga 2013.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati alias Bintang Puspayoga. (Instagram/@kemenkopukm)

5. Ida Fauziyah
Dalam kabinet Indonesia Maju, Jokowi memilih Ida Fauziyah sebagai Menteri Tenaga Kerja. Sosoknya akan menggantikan menteri Tenaga Kerja sebelumnya, Hanis Dhakiri. Ida Fauziyah akan bekerja mengurusi tenaga kerja, kemitraan dan hal lain yang berhubungan ketenagakerjaan.

 Ida Fauziyah. (Suara.com/Ummi Saleh)

Itu dia Srikandi cantik yang akan mendampingi Jokowi dalam Kabinet Indonesia Maju. Siapa favoritmu? [Rima Suliastini]

Load More