Tinwarotul Fatonah | MataMata.com
Hotman Paris melayat Salahuddin Wahid alias Gus Sholah. [Arry Saputra]

Matamata.com - Masih berhubungan dengan wabah virus corona, postingan Hotman Paris kali ini banyak mendapatkan teguran dan peringatan netizen.

Di postingan terbarunya pada Selasa (14/3/2020), Hotman Paris mengunggah sebuah berita yang mengabarkan kalau Perdana Menteri Italia menyerah dalam menangani virus corona.

Tampak di postingan Hotman lengkap dengan seorang pria menangis saat berpidato.

Baca Juga:
Isolasi Diri, Hotman Paris Curhat Tiap Hari cuma Koloran di Rumah Aja

Di captionnya dituliskan Hotman Paris kalau itu adalah Perdana Menteri Italia yang menangis.

Dengan menyisipkan pesan positif agar masyarakat Indonesia mengikuti perintah pemerintah untuk social distancing, namun berita yang diposting Hotman setelah ditelusuri tak benar.

Hotman Paris ditegur posting berita PM Italia menangis. (Instagram/@hotmanparisofficial)

"Perdana Menteri Italia menangis menyerah lawancorona! Dalam 3 hari meninggal 1529 orang itali! ! Makanya tolong semua yg baca postingan ini agar kampanye ke semua orang: Jangan keluar rumah!!" tulis Hotman Paris.

Baca Juga:
Potretnya Dimiripin Kemasan Hand Sanitizer, Hotman Paris: Ini Buatan Siapa?

Banyak netizen yang memberitahu pengacara ternama ini kalau di foto bukanlah Perdana Menteri Italia melainkan Presiden Brazil, Jair Bolsonaro.

"Itu pictnya gambar presiden Brazil, Jair Bolsonaro, bukan PM Italia," ungkap netizen.

"Pak ini. Foto presiden Brasil jair bolsonaro waktu worship tanggal 17 desember 2019 bukan presiden Italy. Just information," imbuh netizen.

Baca Juga:
Hotman Paris Komentar Antrean Transjakarta, Pasien PDP Corona Tak Diisolasi

"Hoax bang itu presiden brazil," netizen lain mengingatkan.

Bahkan ada netizen menyuruh Hotman untuk berhati-hati dalam membagikan berita.

"Kok di Cari di Google ga ada ya..??? Hati hati jangan termakan Hoax Om Hotman," kritik netizen lain.

Baca Juga:
Lihat Antrean Panjang Transjakarta, Hotman Paris : Malah Kumpul Orang!

Namun pantauan Matamata.com hingga Selasa (24/3/2020) pukul 10:50, Hotman Paris belum mengomentari kritikan para netizen kalau berita itu hoax.

Matamata.com juga sempat menelurusi sumber lain yakni Indiatoday yang melakukan cek fakta terhadap berita seperti yang diposting Hotman Paris.

Orang yang terlihat menangis dalam gambar viral adalah Presiden Brasil Jair Bolsonaro dan bukan PM Italia Giuseppe Conte. Juga, gambar itu diambil beberapa bulan lalu dan tidak ada hubungannya dengan coronavirus.

Fyi, Jair Bolsonaro menangis itu terlihat dalam sebuah video di YouTube. Video itu diunggah oleh saluran terverifikasi yang menunjukkan Bolsonaro menjadi emosional dan menangis. Bahkan AFWA tidak dapat menemukan laporan berita yang kredibel yang mengatakan PM Italia Giuseppe Conte mogok karena kematian Covid-19 di negaranya.

Load More